Asus mengumumkan kehadiran produk anyar bernama Asus Zenfone 2E pada bulan Juli 2015 kemarin. Meskipun membawa nama mirip dengan produk andalan Asus tahun ini (Zenfone 2), perangkat berukuran phablet ini hanya dibekali dengan spesifikasi kelas menengah ke bawah. Bahkan jika dibandingkan dengan Asus Zenfone 5 yang dirilis awal tahun 2014 lalu, beberapa spesifikasi Zenfone 2E berada di bawah pendahulunya tersebut. Meskipun demikian, Asus Zenfone 2E juga memliki sedikit kelebihan dibanding Zenfone 5 seperti salah satunya ialah daya baterai yang lebih besar dan penambahan fitur untuk kamera utama serta sudah mendukung jaringan 4G LTE. Sama seperti perangkat Zenfone lain, Asus Zenfone 2E ini dibanderol dengan harga cukup miring jika dibandingkan dengan perangkat sekelasnya dari vendor lain.

asus zenfone 2E

DESAIN ASUS ZENFONE 2E

Asus Zenfone 2E didesain tidak jauh berbeda dengan seri Zenfone lainnya seperti Asus Zenfone 2, Zenfone 5, dan Zenfone 6. Perangkat ini masih mengadopsi material plastik doff untuk cover pembungkusnya sehingga terasa cukup licin ketika digenggam. Dimensi bodi yang dimiliki perangkat ini yakni 148.1 x 71.4 x 10.9 mm, sedikit lebih kecil dibanding ukuran bodi Zenfone 5. Meskipun berukuran lebih kecil, perangkat ini dinilai lebih bulky dari Zenfone 5 yang memiliki ketebalan hanya 10.3 mm sehingga tidak heran jika Zenfone 2E memiliki bobot 10 gram lebih berat dari Zenfone 5 yang berbobot 145 gram. Perangkat ini masih belum mengadopsi desain unibody sehingga pengguna masih dapat membuka back cover dengan leluasa. Asus hanya menyediakan dua pilihan warna untuk perangkatnya ini yakni Chorcoal Black dan Pearl White.

harga asus zenfone 2E

Asus Zenfone 2E dilengkapi dengan sensor jarak dan sensor cahaya yang diletakkan di samping kanan earpiece bersama kamera depan sedangkan di bawah layar terdapat 3 buah tombol kapasitif Back, Home, dan Recent App. Sedikit perbedaan dengan Asus Zenfone 5 adalah tombol pengatur volume milik Zenfone 2E terletak di back cover tepatnya di bawah kamera utama dan LED Flash. Selain itu, back cover phablet ini dilengkapi pula dengan logo Zenfone dan loudspeaker di bagian bawah cover. Tombol power/lock berada di sisi atas bodi bebarengan dengan jack audio 3.5 mm untuk mencolokkan headset. Di sisi bawah bodi pengguna dapat menemukan port microUSB dan mikrofon utama sementara di sisi kanan dan kiri bodi dibiarkan telanjang tanpa kontrol atau port apapun. Slot microSD dan slot SIM Card dapat ditemukan di balik back cover bebarengan dengan bongkahan baterai.

LAYAR ASUS ZENFONE 2E

Asus Zenfone 2E dibekali layar dengan bentang 5.0 inchi bertipe IPS Capacitive Touchscreen. Layar tersebut memiliki resolusi HD 720 x 1280 pixels dengan kerapatan pixel sebesar 294 ppi. Dengan layar ini, pengguna dapat menavigasi perangkat dengan menggunakan beberapa jari sekaligus karena sudah dilengkapi dengan fitur multitouch. Kualitas pewarnaan juga akan terbantu dengan kemampuan layar IPS tersebut dalam memproduksi warna hingga sebanyak 16 juta varian warna. Asus juga telah menambahkan proteksi dari Corning Gorilla Glass 3 pada layar Zenfone 2E sehingga pengguna tidak perlu khawatir layar ponsel kesayangannya tergores.

harga hp asus zenfone

Meskipun bukan spesifikasi kelas wahid, layar milik Zenfone 2E dapat menghasilkan kualitas tampilan yang cukup menawan. Ketajaman layar terlihat cukup baik meskipun pewarnaan masih kurang natural. Sayangnya layar ini memiliki tingkat reflektifitas cukup tinggi sehingga pengguna akan kesulitan membaca isi layar ketika menggunakan perangkat ini di bawah sinar matahari langsung.

HARDWARE DAN SOFTWARE ASUS ZENFONE 2E

asus zenfone 2E hardware

Di sektor dapur pacu, Zenfone 2E mengalami sedikit penurunan spesifikasi jika dibandingkan dengan Zenfone 5. Chipset yang digunakan masih Intel Atom meskipun dengan versi yang lebih jadul yakni Intel Atom Z2560. Prosessor yang digunakan juga cenderung lebih lamban yakni Dual-Core 1.6 GHz sementara Zenfone 5 Dual-Core 2 GHz. Hal senada juga terjadi pada kapasitas RAM dimana Zenfone 2E hanya memiliki RAM sebesar 1 GB sedangkan Zenfone 5 dibekali 2 GB RAM. Untuk menunjang grafis ketika pengoperasian, Asus menyematkan GPU PowerVR SGX2560 sama seperti yang dimiliki Zenfone 5.

game in asus zenfone 2E

Pengguna nampaknya akan sedikit kecewa ketika mengetahui internal memori yang dimiliki Zenfone 2E hanya sebesar 8 GB. Meskipun demikian, adanya slot microSD akan sedikit membantu minimnya kapaitas memori internal yang dimiliki phablet ini. Pengguna dapat menambahkan memori eksternal pada slot tersebut hingga kapasitas 64 GB. Kabar baiknya adalah Asus Zenfone 2E membawa sistem operasi terbaru dari Android yakni OS versi 5.0 Lolipop sehingga memberikan dampak positif pada performa perangkat ini. Baterai non-removable yang ditanam di balik back cover memiliki daya sebesar 2500 mAh. Baterai bertipe Li-Po tersebut dapat bertahan selama 19 jam talktime dalam jaringan 3G.

KONEKTIVITAS ASUS ZENFONE 2E

Dengan menggunakan Asus Zenfone 2E, pengguna dapat menikmati akses internet dengan koneksi super cepat karena sudah mendukung jaringan 4G LTE. Jika berada di luar jangkauan jaringan 4G, koneksi internet menggunakan jaringan 3G HSPA masih dapat menjadi andalan dengan kecepatan sebesar 42.2/5.76 Mbps. Di sektor konektivitas, Zenfone 2E dilengkapi dengan Wi-Fi 802.11 b/g/n (Wi-Fi Direct, Hotspot), Bluetooth v4.0 (A2DP), dan microUSB v2.0. Asus juga telah menanamkan chip GPS dengan dukungan A-GPS demi menunjang kecepatan dan ketepatan GPS dalam menemukan sebuah lokasi. Meskipun tidak dilengkapi InfraRed dan NFC, beberapa pilihan konektivitas di atas nampaknya sudah cukup mengakomodir kebutuhan pengguna dalam hal berbagi konten dengan perangkat lain.

harga hp asus zenfone 2E

KAMERA ASUS ZENFONE 2E

Asus Zenfone 2E memiliki kamera utama dengan resolusi 8 MP 3264 x 2448 pixels disertai autofocus dan LED Flash. Meskipun resolusi yang dimiliki masih sama dengan kamera utama Zenfone 5, kamera Zenfone 2E dilengkapi dengan fitur yang lebih lengkap, antara lain Geo-Tagging, Touch Focus, Face Detection, Panorama, dan HDR. Jika digunakan untuk merekam video, kamera utama ini mampu digunakan untuk merekam video dengan resolusi [email protected] Selain kamera utama, perangkat ini dilengkapi dengan kamera depan beresolusi 2 MP. Meskipun dinilai kurang mumpuni, resolusi 2 MP dinilai sudah cukup mengingat harga perangkat ini yang begitu terjangkau. Selain digunakan untuk berselfie ria, kamera depan Zenfone 2E dapat digunakan untuk video call dan merekam video meskipun hasil yang didapat kurang maksimal.

HARGA ASUS ZENFONE 2E

Sebagai salah satu produk keluaran terbaru dari Asus, perangkat ini nampaknya akan kurang bersaing dengan produk low-end lain. Selain beberapa penurunan spesifikasi yang dilakukan Asus di sektor dapur pacu, Asus Zenfone 2E memiliki desain nyaris serupa dengan seri Zenfone sebelumnya sehingga terkesan membosankan.

Meskipun demikian bukan berarti kita dapat menghakimi bahwa Zenfone 2E adalah produk jelek. Justru sebaliknya, karena dengan harga Asus Zenfone 2E yang berada di kisaran Rp. 850.000,- Rp. 1.000.000,-, Asus Zenfone 2E menawarkan spesifikasi mumpuni di range harga tersebut. Dengan demikian, perangkat ini akan sangat cocok untuk pengguna yang tidak ingin kantongnya terkuras hanya demi mendapatkan ponsel berkualitas. Jika dibandingkan dengan produk Samsung yang membawa spesifikasi sejajar dengan Zenfone 2E seperti Samsung Galaxy Grand Prime dan Samsung Galaxy Core 2, harga yang ditawarkan Asus berada jauh lebih murah.

Last edited 30 August 2015