Selain meluncurkan Asus Zenfone Selfie, Asus juga akan merilis Asus Zenfone Go di pada bulan Agustus 2015. Smartphone yang masuk di kelas menengah ini diprediksi akan dibanderol dengan harga yang cukup murah, seperti tahun lalu ketika Asus memasarkan seri Zenfone 4, Zenfone 5, dan Zenfone 6. Yap, pabrikan asal Taiwan ini seakan ingin terus menggebrak dunia smartphone dengan ponsel murah berkualitas. Meskipun belum ada harga resmi yang diumumkan Asus, banyak sumber yang mengatakan bahwa harga Asus Zenfone Go akan ada dikisaran Rp. 2.300.000,- sampai Rp. 2.800.000,-. Selain harganya yang terjangkau, Zenfone Go dibekali dengan spesifikasi mumpuni untuk bersaing di kelas smartphone mid-range seperti resolusi layar HD, kapasitas RAM cukup besar, OS Android terbaru, dan tentunya jeroan dapur pacu yang cukup gahar.

harga asus zenfone Go

DESAIN ASUS ZENFONE GO

Dari segi desain, tak nampak perbedaan berarti yang dilakukan Asus untuk seri Zenfone Go sehingga masih sangat identik dengan produk Zenfone sebelumnya, terutama Zenfone 5. Asus Zenfone Go memiliki dimensi berukuran 144.5 x 71 x 10 mm, sedikit lebih mini dari Zenfone 5 yang berukuran 148.2 x 72.8 x 10.3 mm. Dengan ukuran bodi yang lebih kecil dan tipis, Zenfone Go memiliki bobot 10 gram lebih ringan dari Zenfone 5 yang berbobot 145 gram.

Ukuran bodi Zenfone Go tentunya lebih nyaman untuk digenggam menggunakan satu tangan meskipun material cover yang digunakan masih sama seperti Zenfone 5. Asus masih mendesain back cover Zenfone Go menggunakan material plastik doff yang terasa cukup licin di ketika digenggam. Sayangnya, perangkat ini hanya disediakan dalam 3 pilihan warna saja yakni Hitam, Merah, dan Putih.

Dari segi kontrol, Asus Zenfone Go masih menduplikasi apa yang dimiliki Zenfone 5. Di bagian muka, pengguna dapat menemukan sensor jarak, sensor cahaya, earpiece, dan kamera depan yang berada di atas layar sedangkan di bawah layar Asus menempatkan 3 buah tombol kapasitif Back, Home, dan Recent App. Back Cover Zenfone Go dihias oleh adanya lensa kamera utama dengan LED Flash di bawahnya serta logo Asus di tengah-tengah back Cover sementara logo Zenfone dan loudspeaker berada di bagian bawah Back Cover. Sisi kanan bodi ditempati oleh tombol power/lock dan tombol pengatur volume sedangkan sisi kiri bodi tidak terdapat kontrol atau port apapun. Di sisi atas bodi terdapat jack audio 3.5 mm sementara port microUSB diletakkan di sisi bawah bodi menemani lubang mikrofon utama. Perangkat ini tidak didesain unibody sehingga pengguna dapat melepas back cover untuk menemukan slot microSD dan SIM Card.

LAYAR ASUS ZENFONE GO

Spesifikasi layar yang dibawa Zenfone Go juga sama persis dengan layar milik Zenfone 5. Layar bertipe IPS LCD Capacitive Touchscreen tersebut memiliki ukuran 5.0 inchi dengan resolusi HD 720 x 1280 pixels sehingga kerapatan pixel yang dimiliki terbilang standar yakni 294 ppi. Meskipun demikian, layar tersebut sudah dilengkapi dengan fitur multitouch dan memiliki kemampuan untuk mereproduksi sebanyak 16 juta varian warna.

desain asus zenfone go

Sayangnya, belum ada informasi resmi mengenai lapisan pelindung layar yang digunakan Asus untuk perangkat terbarunya ini, meskipun banyak orang memprediksi perangkat ini akan menggunakan Corning Gorilla Glass 3 seperti Asus Zenfone 5. Dengan spesifikasi layar yang dibawa Zenfone Go, pengguna dapat menikmati tampilan layar yang cukup menawan baik dari segi kontras dan pewarnaan. Namun, layar ini memiliki tingkat reflektifitas yang cukup tinggi sehingga ketika digunakan di bawah sinar matahari langsung isi layar cukup sulit untuk dilihat.

HARDWARE DAN SOFTWARE ASUS ZENFONE GO

Chipset Intel Atom yang dulu digunakan Asus Zenfone 5 kini sudah ditinggalkan oleh Asus dan menggantinya dengan chipset Mediatek MT6580 untuk disematkan pada Asus Zenfone Go. Chipset tersebut dibekali prosessor Quad-Core 1.3 GHz Cortex-A7, sedikit peningkatan dari Zenfone 5 yang masih mengandalkan prosessor Dual-Core 2 GHz. Si vendor membekali perangkat anyarnya ini dengan Graphics Processing Unit PowerVR SGX544MP2 untuk menopang kinerja grafis selama pengoperasian.

Selain itu, Asus Zenfone Go dilengkapi dengan kapasitas RAM yang cukup longgar yakni sebesar 2 GB serta dua pilihan memori internal 8 GB dan 16 GB. Perangkat ini pun terbilang cukup update karena telah mengadopsi sistem operasi Android OS v5.1 Lolipop sebagai pondasi software di dalamnya. Dengan bantuan OS terbaru dari Android ini membuat performa Zenfone Go semakin responsif dan smooth dalam setiap antarmuka aplikasi. Asus melengkapi Zenfone Go dengan baterai Li-Po 2070 mAh yang diperkirakan mampu bertahan selama 17 jam 30 menit Talk Time dalam jaringan 3G.

KONEKTIVITAS ASUS ZENFONE GO

Meskipun Zenfone Go membawa beberapa keunggulan di kelasnya, sedikit kekurangan yang dimiliki perangkat ini ialah belum mendukung jaringan 4G LTE, yang notabene merupakan jaringan terbaik saat ini. Yap, perangkat ini masih mengandalkan koneksi menggunakan jaringan 2G dan 3G dengan beberapa dukungan band di dalamnya. Jangan khawatir karena koneksi 3G di perangkat ini mampu menembus kecepatan koneksi sebesar 42.2/5.76 Mbps sehingga pengguna Zenfone Go tak akan dibuat jengkel dengan koneksi lemot ketika berinternet ria. Selain koneksi internet yang cukup ngebut, pengguna perangkat ini akan difasilitasi oleh beberapa fitur konektivitas seperti Wi-Fi 802.11 b/g/n (hotspot), Bluetooth v4.0 (A2DP), GPS (A-GPS), dan microUSB v2.0.

KAMERA ASUS ZENFONE GO

Di sektor kamera, Zenfone Go menduplikasi spesifikasi kamera yang dimiliki Asus Zenfone 5. Kamera utama perangkat ini beresolusi 8 MP 3264 x 2448 disertai autofocus dan LED Flash. Selain digunakan untuk berfoto, kamera tersebut dapat digunakan untuk merekam video dengan kualitas HD [email protected] Fitur kamera perangkat ini terbilang kurang mumpuni karena hanya terdapat Geo-Tagging saja. Di sektor kamera depan, Asus menyematkan sebuah kamera beresolusi 2 MP yang juga dapat digunakan untuk merekam video dan video call.

asus zenfone go camera

Dengan spesifikasi kamera yang pas-pasan, hasil jepretan di dalam ruangan terutama dengan pencahayaan minim akan terlihat kurang natural. Penggunaan LED Flash juga tak menyelesaikan masalah tersebut karena cahaya justru tidak merata ke seluruh gambar yang diambil. Meskipun demikian, kamera Zenfone Go masih mampu menghasilkan jepretan foto yang berkualitas ketika digunakan di luar ruangan dengan pencahayaan yang cukup.

HARGA ASUS ZENFONE GO

Spesifikasi layar dan jeroan yang cukup bersaing dengan produk mid-range lain tak diimbangi dengan aspek lain seperti konektivitas dan fotografi. Produk-produk anyar yang rata-rata sudah dibekali dukungan 4G tidak membuat Asus menerapkannya di dalam Zenfone Go. Kamera utama 8 MP dan kamera depan 2 MP yang dimiliki Zenfone Go dapat dikatakan sudah cukup tertinggal dari para pesaingnya seperti Xiaomi Redmi 2 dan Samsung Galaxy A5. Yap, beberapa sektor memang dikorbankan demi mewujudkan smartphone tangguh dengan harga terjangkau.

Jika dibandingkan dengan harga Samsung Galaxy A5 misalnya, spesifikasi jeroan kedua perangkat tersebut dapat dikatakan sejajar namun Galaxy A5 dibanderol dengan harga yang jauh di atas Zenfone Go. So, Zenfone Go memang diperuntukan bagi para pengguna yang mengejar smartphone gahar namun tidak terlalu menguras isi dompet.

Last edited 31 August 2015