Setelah menggebrak pasar smartphone dengan meluncurkan Asus Zenfone 2 di awal tahun 2015, Asus dikabarkan akan segera merilis perangkat anyar bertema fotografi pada pertengahan tahun ini. Dengan nama Asus Zenfone Selfie, Asus mencoba untuk memahami kebutuhan akan fotografi terutama bagi para penggemar selfie melalui perangkatnya ini. Dari nama yang diberikan sudah dapat ditebak bahwa Zenfone Selfie membawa spesifikasi kamera depan di atas rata-rata smartphone lain. Meskipun mengedepankan segi fotografi, Asus Zenfone Selfie tetap dipersenjatai dengan spesifikasi hardware dan software yang begitu mumpuni untuk bersaing di kelas smartphone mid-range.

asus zenfone selfie

DESAIN ASUS ZENFONE SELFIE ZD551KL

Smartphone berukuran phablet ini memiliki dimensi berukuran 156.5 x 77.2 x 10.8 mm dengan bobot seberat 170 gram. Perangkat yang diperkenalkan pada acara CES 2015 ini masih mempertahankan cover bermaterial plastik seperti yang digunakan seri Zenfone sebelumnya. Yap, sepintas memang desain yang diterapkan Asus pada Zenfone Selfie tak berbeda jauh dengan desain milik Asus Zenfone 2, Asus Zenfone 5, dan Asus Zenfone 6. Dengan ukuran yang cukup besar, pengguna akan cukup kesulitan menggenggam perangkat ini menggunakan satu tangan, terlebih dengan material plastik doff yang digunakan pada back cover terasa cukup licin sehingga ponsel rawan tergelincir.

asus zenfone selfie design

Sedikit perbedaan dengan Zenfone 2 terletak pada bagian muka, dimana Asus Zenfone Selfie memiliki lensa kamera depan yang terlihat lebih besar dibandingkan milik Zenfone 2. Selain itu, pengguna juga akan menemukan dual-LED Flash di sisi kiri kamera depan milik Zenfone Selfie sementara di sisi kanan kamera dipasangi sensor jarak dan sensor cahaya. Di bawah layar, si vendor menempatkan tiga buah tombol kapasitif yakni tombol Back, Home, dan Recent App. Di bagian belakang, nampak tombol tombol up down volume yang diletakkan di bawah kamera utama, LED Flash, dan Laser Autofocus.

harga asus zenfone selfie

Selain itu, back cover juga dihias oleh adanya logo Asus berlapis chrome serta loudspeaker memanjang di bawah logo Zenfone. Di sisi atas body, Asus menempatkan tombol power/lock, jack audio 3.5 mm, dan mikrofon sekunder sedangkan di sisi bawah bodi hanya terdapat port microUSB dan mikrofon primer. Si vendor tidak menempatkan control ataupun slot di sisi kanan dan kiri body melainkan hanya sebuah lubang kecil memanjang di sudut bawah sisi kanan body yang berfungsi untuk membuka back cover. Di balik back cover inilah Asus menempatkan slot microSD dan slot SIM Card dan tentunya battery.

LAYAR ASUS ZENFONE SELFIE ZD551KL

Meskipun masuk dalam kategori smartphone kelas menengah, Asus Zenfone Selfie dibekali dengan layar yang cukup berkualitas. Spesifikasi layar yang dibawa Zenfone Selfie menduplikasi layar yang dimiliki Zenfone 2. Layar IPS Capacitive Touchscreen dengan resolusi Full HD 1080 x 1920 pixels. Dengan resolusi tersebut, layar seluas 5.5 inchi milik Zenfone Selfie memiliki kerapatan pixel yang cukup baik yakni sebesar 403 ppi. Layar tersebut sudah dilengkapi dengan kemampuan untuk melakukan rendering warna hingga sebanyak 16 juta varian warna dan telah di persenjatai dengan fitur multitouch.

asus zenfone selfie

Demi meminimalisir terjadinya goresan pada layar, Asus telah melapisi layar Zenfone Selfie dengan Corning Gorilla Glass 4 berteknologi Oleophabic Coating. Dengan spesifikasi layar yang begitu mumpuni, pengguna akan dapat menikmati sebuah tampilan layar yang begitu menawan dengan kontras tajam dan pewarnaan natural. Selain itu, layar ini memiliki tingkat reflektifitas terhadap sinar matahari yang tergolong cukup rendah sehingga kontras layar tetap terjaga meskipun pengguna mengoperasikan Zenfone Selfie di bawah sinar matahari langsung.

HARDWARE DAN SOFTWARE ASUS ZENFONE SELFIE ZD551KL

Asus Zenfone Selfie membawa dapur pacu yang cukup gahar untuk masuk di kategori smartphone mid-range. Chipset Intel Atom yang digunakan Zenfone 2 kini diganti dengan chipset Qualcomm MSM8939 Snapdragon 615. Chipset tersebut dibekali dengan prosesor Octa-Core dengan perincian Quad-Core 1.0 GHz Cortex-A53 dan Quad-Core 1.7 GHz Cortex-A53. Asus memilih untuk menggunakan Graphics Processing Unit Adreno 405 sebagai senjata untuk menopang kinerja grafis Zenfone Selfie. Performa perangkat ini juga akan semakin maksimal dengan adanya dua pilihan kapasitas RAM yakni 2 GB dan 3 GB serta memori dua pilihan memori internal 16 GB dan 32 GB.

Meskipun memori internal tersebut sudah tergolong cukup besar, Asus menyertakan slot microSD yang dapat membaca memori eksternal hingga kapasitas 64 GB. Sistem operasi yang digunakan phablet ini adalah Android OS v5.0 Lolipop sehingga kinerja Zenfone Selfie semakin responsif dan smooth. Beberapa sensor yang dimiliki antara lain Accelerometer, Gyro, Compass, dan Proximity. Demi menopang seluruh aktivitas Zenfone Selfie, Asus telah menanam baterai Li-Po dengan kapasitas daya sebesar 3000 mAh. Baterai tersebut bersifat removable yang artinya pengguna dapat melepas baterai dan mengganti dengan baterai cadangan dengan leluasa.

KONEKTIVITAS ASUS ZENFONE SELFIE ZD551KL

Demi bersaing dengan smartphone anyar lain, Asus telah melengkapi Zenfone Selfie dengan dukungan untuk jaringan 4G LTE. Pengguna dapat menikmati koneksi internet hingga kecepatan 150/50 Mbps ketika berada dalam jangkauan jaringan 4G. Pengguna yang tidak berada di dalam jangkauan jaringan 4G tidak perlu khawatir karena koneksi menggunakan jaringan 3G HSPA menggunakan perangkat ini masih cukup cepat yakni mencapai kecepatan 42.2/5.76 Mbps. Fitur konektivitas yang dimiliki Zenfone Selfie antara lain Wi-Fi 802.11 a/b/g/n/ac (Wi-Fi Direct, Hotspot), Bluetooth v4.0 (A2DP, EDR), GPS (A-GPS, GLONASS), NFC, dan MicroUSB v2.0 (MHL TV-out dan USB Host).

KAMERA ASUS ZENFONE SELFIE ZD551KL

Asus Zenfone Selfie memiliki kamera utama 13 MP 4128 x 3096 pixels dengan laser autofokus, dual-LED Flash (dual-tone). Fitur yang dibawa kamera utama ini antara lain Geo-Tagging, Touch Focus, Face Detection, Panorama, dan HDR. Kamera utama tersebut mampu merekam video dengan resolusi [email protected] Meskipun spesifikasi kamera utama yang dimiliki perangkat ini kurang mumpuni, sesuai namanya Zenfone Selfie menitik beratkan spesifikasi kamera di kamera depan.

harga asus zenfone selfie - kamera depan

Kamera depan perangkat ini memiliki resolusi sebanding dengan kamera utama yakni 13 MP, sehingga tidak heran jika ukuran lensa kamera depan Zenfone Selfie nampak sama persis dengan kamera belakang. Kamera depan tersebut selain dapat digunakan berfoto juga dapat digunakan untuk merekam video dengan resolusi 1080p. Hebatnya lagi, kamera depan tersebut dibekali dengan dual-LED Flash (dual-tone) dan autofocus. So, pengguna dapat berselfie ria meskipun berada di tempat dengan pencahayaan minim tanpa harus khawatir foto yang dihasilkan jelek.

fitur kamera asus zenfone selfie

HARGA ASUS ZENFONE SELFIE ZD551KL

Meskipun desain yang dibawa Asus Zenfone Selfie cukup membosankan, perangkat ini masih terlihat cukup elegan dan simple dengan material cover plastik doff. Zenfone Selfie yang dikategorikan sebagai smartphone mid-range, dibekali dengan layar berkelas premium. Layar seluas 5.5 inchi bertipe IPS membawa resolusi Full HD 1080 x 1920 pixels dengan kerapatan pixel 403 ppi. Kualitas layar tersebut diimbangi dengan spesifikasi dapur pacu gahar berchipset Qualcomm Snapdragon 615 dengan prosesor Quad-Core 1.0 GHz Cortex-A53 dan Quad-Core 1.7 GHz Quad-Core-A53.

Kapasitas RAM sebesar 2/3 GB dan Internal Memori 16/32 semakin meningkatkan performa Zenfone Selfie ketika dioperasikan. Di sektor kamera, pengguna yang hobi berfoto selfie akan dimanjakan dengan resolusi 13 MP kamera depan dan belakang disertai dual-LED Flash (dual-tone) yang juga ditempatkan di bagian depan dan belakang.

Asus belum mengumumkan secara resmi harga Asus Zenfone Selfie meskipun beberapa prediksi menyebutkan bahwa perangkat ini akan dipasarkan di rentang harga Rp. 3.000.000,- sampai Rp. 3.400.000,-. Sayangnya, Asus hanya menyediakan tiga pilihan warna yakni Pure White, Chic Pink, dan Aqua Blue.

Last edited 30 August 2015