Harga HP Acer Liquid Z205 - Maraknya vendor yang memproduksi smartphone entry-level di pembukaan tahun 2015 ini membuat perusahaan asal Taiwan yakni Acer turut meramaikan persaingan smartphone tersebut. Mereka menghadirkan Acer Liquid Z205 yang dibanderol dengan harga sangat yang sangat terjangkau sehingga diprediksi akan mampu menyaingi produk-produk low-end lain seperti Microsoft Lumia 532 dan Asus Zenfone 4. Meskipun dibanderol dengan harga yang murah, bukan berarti produk ini murahan. Suksesor dari Acer Liquid Z200 ini telah mendapatkan upgrading dari spesifikasi yang dibawa pendahulunya itu.

harga hp acer liquid z205

Harga HP - Acer Liquid Z205

DESAIN ACER LIQUID Z205

Dari segi desain, Acer Liquid Z205 terlihat sangat identik dengan Liquid Z200 yang diproduksi setahun silam. Dimensi bodi yang dibawa pun masih sama yakni 126 x 65 x 10.3 mm dengan bobot seberat 130 gram. Dengan dimensi tersebut dapat dikatakan bahwa Liquid Z205 merupakan sebuah smartphone yang cukup mini sehingga sangat nyaman dan praktis untuk digunakan. Harganya yang murah membuat pengguna harus puas dengan cover yang bermaterial plastik dengan perpaduan finishing doff di bagian cover belakang. Cover belakang Liquid Z205 terlihat cukup unik karena didesain dengan pola bergaris yang membuat bodinya semakin mantap ketika digenggam. Perangkat ini tidak menerapkan desain unibody sehingga pengguna masih dapat membuka back cover dengan leluasa.

Di bagian muka, di atas layar Acer telah menanamkan logonya menemani earpiece sedangkan di bawah layar akan dijumpai tiga buah tombol kapasitif Back, Home, dan Recent App. Di cover belakang Acer menempatkan kamera utama dan Rapid Key dengan posisi lebih menonjol di banding permukaan cover sehingga sangat rentan tergores. Acer Rapid Key merupakan fitur yang berfungsi untuk membuka antarmuka aplikasi kamera ataupun sebagai tombol shutter ketika pengambilan gambar. Selain kamera, si vendor juga tidak lupa mematri logo mereka di bawah kamera tersebut sebagai identitas. Tombol power/lock dan tombol pengatur diletakkan di sisi kanan bodi sedangkan di sisi kiri dibiarkan telanjang tanpa kontrol atau port apapun. Sisi atas bodi dihias oleh adanya jack audio 3.5 mm sedangkan port microUSB ditanam di sisi bawah bodi. Slot microSD dan slot SIM Card berada di balik cover belakang menemani bongkahan baterai Li-Ion berdaya 1300 mAh. Acer menempatkan dua buah loudspeaker di atas dan bawah layar milik perangkat ini.

LAYAR ACER LIQUID Z205

Acer Liquid Z205 masih membawa layar berukuran 4.0 inchi sama seperti layar yang di bawa sang Kakak Liquid Z200. Layar tersebut mengusung tipe TFT Capacitive Touchscreen dengan resolusi WVGA 480 x 800 pixels. Kerapatan pixel yang dimiliki layar ini terbilang cukup rendah yakni hanya 233 ppi. Layar si Liquid ini memiliki kemampuan untuk memproduksi warna hingga 16 juta varian warna serta didukung fitur multitouch. Fitur tersebut akan membuat layar tetap merespon meskipun pengguna menyentuh layar dengan menggunakan beberapa jari secara bersamaan. Belum ada proteksi apapun yang melapisi layar ini sehingga pengguna Liquid Z205 masih harus melapisi layar dengan protektor layar sendiri agar tidak mudah tergores. Spesifikasi layar yang dibawa perangkat ini sebanding dengan produk Microsoft Lumia 532 yang baru diluncurkan awal tahun 2015 ini.

Dengan spesifikasi tersebut nampaknya pengguna tidak bisa berharap terlalu muluk mengenai kualitas tampilan layar ini. Meskipun masih memiliki tingkat kontras yang baik, rendering warna yang dilakukan masih terlihat sangat buruk dimana warna-warna yang dihasilkan terlihat kurang cerah dan jenuh. Tingkat reflektifitas layar pun sangat tinggi sehingga kontras layar akan menurun drastis ketika pengguna menggunakan perangkat ini di bawah sinar matahari langsung. Namun demikian, berkat penggunaan layar TFT membuat kualitas tampilan sedikit terangkat terutama ketika memproduksi warna hitam dan putih yang terlihat cukup pekat.

HARDWARE DAN SOFTWARE ACER LIQUID Z205

Meskipun masih membawa chipset serupa yakni Mediatek MT6572M dengan prosesor Dual-Core 1.0 GHz Cortex-A7, Acer telah menambahkan kapasitas RAM yang dimiliki Liquid Z205. Dari sebelumnya hanya 512 MB pada Liquid Z200, si vendor meningkatkan kapasitas RAM tersebut menjadi 1 GB sementara pengolah grafis yang disematkan adalah GPU Mali-400. Liquid Z205 dilengkapi dengan memori internal berkapasitas 4 GB yang dirasa sangat minimal karena separuh dari total memori internal tersebut akan termakan oleh adanya beragam aplikasi pre-installed. Beruntung, Acer telah menyematkan slot microSD yang dapat membaca hingga kapasitas 32 GB sehingga dapat menjadi alternatif penyimpanan data milik pengguna jika memori internal sudah tidak muat.

Perpaduan sektor dapur pacu yang dimiliki Liquid Z205 mampu memberikan kinerja cukup responsif dan smooth ketika menopang kinerja single-tasking. Namun ketika bekerja menopang kinerja multi-tasking perangkat ini nampaknya sangat kewalahan karena terasa begitu tersendat-sendat. Hal tersebut sangat wajar mengingat RAM yang dimiliki perangkat ini hanya 1 GB.

Perangkat berplatform Android OS v.4.4.2 KitKat ini memiliki tampilan Lockscreen layaknya smartphone premium dengan OS yang sama. Di halaman Lockscreen tersebut pengguna akan menjumpai widget informasi tanggal dan waktu serta tiga icon shortcut panggilan, kamera, dan pesan. Halaman Homescreen telah disediakan sebuah dock aplikasi yang memuat lima buah icon shortcut yakni panggilan, pesan, app drawer, web browser, dan kamera. Acer menyediakan lima buah halaman Homescreen untuk pengguna Liquid Z205. Pengguna dapat menambahkan folder, widget, maupun shortcut aplikasi pada halaman tersebut. App drawer milik Z205 mengurutkan koleksi aplikasi yang terinstall di dalam perangkat ini dengan susunan menurut nama namun pengguna dapat merubah susunan tersebut berdasarkan intensitas penggunaan atau aplikasi terbaru di download.

Sebagai smartphone entry-level, si vendor tetap menyokong beragam fitur untuk perangkat produksinya ini. Acer Liquid Z205 dilengkapi dengan beragam aplikasi pre-installed seperti Kalender, Kalkulator, Konverter, Manajemen Aplikasi, Clock (World Clock, Alarm, Timer, Stopwatch), Memo, Note, AcerCloud, Quick Mode, Weather, Google Maps dan lain sebagainya.

Kelebihan perangkat ini terletak pada fitur multimedia terutama padi sektor pemutar musik dimana Acer menanamkan teknologi DTS Studio Sound buatannya ke dalam perangkat ini. Hal tersebut berdampak positif pada keluaran suara loudspeaker maupun headset yang begitu mengesankan. Bass dan treble dapat berpadu dengan sangat apik sehingga keluaran suara tidak terdengar cempreng ketika volume dalam keadaan maksimal.

Untuk memutar musik, pengguna dapat memanfaatkan sebuah aplikasi pemutar musik terdedikasi di dalam Liquid Z205. Format audio yang dapat dimainkan antara lain MP3, WAV, dan AAC Player. Antarmuka aplikasi yang begitu sederhana akan menyajikan koleksi musik milik pengguna berdasarkan Songs, Artists, Albums, Genres, Playlists, dan Favorites. Selain dukungan DTS Studio Sound, untuk memaksimalkan keluaran suara Acer juga telah menyediakan pengaturan Equalizer disertai beberapa preset seperti Rock, Jazz, Pop, Folk, dan Classic serta satu buah custom agar pengguna dapat melakukan settingan equalizer sesuai keinginan.

Liquid Z205 tidak memiliki aplikasi pemutar video terdedikasi sehingga pengguna masih harus memutar video melalui aplikasi Galeri. Format video yang dapat diputar adalah MP4 dan H.264 Player tanpa dilengkapi kemampuan untuk menampilkan subtitle. Meskipun sangat standar, pemutar video ini dapat memainkan video dengan resolusi 720p dengan sangat lancar meskipun ketika beralih ke resolusi yang lebih tinggi video terlihat begitu tersendat. Aplikasi Galeri itu sendiri memuat seluruh koleksi foto dan video milik pengguna. Seluruh koleksi tersebut akan dikelompokkan berdasarkan folder namun pengguna tidak diberikan opsi untuk merubah susunan berdasarkan tanggal, lokasi, ataupun orang. Disediakan beberapa tools dari Android untuk mengedit foto seperti Crop, Rotate, Frame, dan Effect. Pengguna dapat berbagi konten foto dan video hanya melalui Bluetooth, MMS, AcerCloud, dan Email karena aplikasi Galeri ini belum terintegrasi dengan media online seperti Facebook, Flickr, dan sebagainya.

KONEKTIVITAS ACER LIQUID Z205

Perangkat dual-SIM GSM ini belum memiliki dukungan jaringan 4G LTE sehingga masih mengandalkan jaringan 2G dan 3G. Kecepatan koneksi yang akan didapat ketika berinternet ialah 21.1 Mbps Downlink dan 5.76 Mbps Uplink ketika berada dalam jangkauan jaringan 3G HSPA. Acer Liquid Z205 juga sudah dilengkapi dengan Wi-Fi 802.11 b/g/n agar pengguna dapat terhubung dengan koneksi dari Hotspot. Perangkat ini dibekali pula dengan fitur Hotspot Portable dimana pengguna dapat berbagi koneksi data seluler miliknya dengan perangkat lain ketika mengaktifkan Hotspot Portable di menu Pengaturan.

Acer juga memfasilitasi perangkat ini dengan Bluetooth v4.0 (A2DP) dan microUSB v2.0. Demi menyokong aplikasi Google Maps dan weather, si vendor menyematkan GPS dengan dukungan A-GPS dari Amerika. Meskipun belum didukung GLONASS (Rusia), GPS milik smartphone ini terbilang cukup cepat dan akurat dalam mengunci lokasi.

Untuk berselancar di dunia maya, Acer melengkapi produknya ini dengan Google Chrome sebagai web browser. Chrome dikenal memiliki kemampuan sangat baik dalam melakukan rendering sebuah halaman website dengan versi desktop. Disamping itu juga Chrome dibekali kemampuan untuk membuka multi-tab dalam jumlah banyak tanpa mengalami lag ataupun hang. Fitur-fitur yang dibawa masih standar seperti Bookmark, Cookies, History, Incognito, Save Page, Share, dan sebagainya.

KAMERA ACER LIQUID Z205

Perusahaan asal Taiwan ini membekali Liquid Z205 dengan kamera utama 2 MP tanpa dilengkapi autofocus dan LED Flash. Fitur yang dibawa cukup komplit untuk kelas kamera 2 MP yakni Geo-Tagging, Smile Detection, dan Panorama. Kamera utama ini dapat digunakan untuk menghasilkan foto dengan resolusi maksimum 1600 x 1200 pixels. Selain digunakan untuk berfoto, pengguna juga dapat menggunakan kamera ini untuk merekam video.

Sayangnya, Acer tidak menyertakan kamera depan pada Liquid Z205 sehingga pengguna hanya dapat menggunakan kamera belakang dalam aktivitas jepret-menjepret. Dengan adanya tombol Acer Rapid Key di bawah lensa kamera memudahkan pengguna untuk mengambil gambar ataupun membuka aplikasi kamera dengan lebih cepat dan praktis.

Meskipun Liquid Z205 membawa spesifikasi kamera ala kadarnya, hasil foto yang diberikan masih terbilang cukup baik. Foto hasil jepretan memiliki tingkat kontras yang cukup baik meskipun warna pada foto tersebut terlihat sangat jenuh dan kurang cerah. Noise di sekeliling foto pun begitu terlihat terutama ketika pengambilan gambar dilakukan di dalam ruangan. Hasil rekaman video pun memiliki kualitas yang tidak berbeda jauh dengan hasil foto dimana pewarnaan yang sangat jenuh membuat hasil rekaman video kurang menarik untuk ditonton.

HARGA ACER LIQUID Z205

Acer Liquid Z205 hadir di pertengahan tahun 2014 sebagai suksesor dari Acer Liquid Z200 yang diluncurkan setahun sebelumnya. Keduanya memiliki desain yang sangat identik dengan ukurannya yang mini sehingga sangat nyaman untuk ditenteng kemanapun. Cover hanya bermaterialkan plastik sangatlah beralasan mengingat harga perangkat ini yang dipatok sekitar Rp. 700.000,- sampai Rp. 850.000,-.Perangkat ini membawa layar berukuran 4.0 inchi dengan tipe TFT beresolusi WVGA sehingga cukup beralasan jika kerapatan pixelnya hanya 233 ppi. Spesifikasi layar tersebut sama persis dengan layar milik Zenfone 4 meskipun produk Asus tersebut dinilai lebih unggul karena sudah dilapisi protektor dari Corning Gorilla Glass 3.

Di sektor dapur pacu, Acer menanamkan chipset Mediatek dengan prosesor Dual-Core Cortex-A7 berkecepatan 1 GHz. Kapasitas RAM yang dimiliki yakni sebesar 1 GB dan GPU Mali-400 serta kapasitas memori internal sebesar 4 GB. Dari spesifikasi tersebut menghasilkan performa yang cukup responsif dan smooth ketika menjalankan aplikasi. Namun ketika digunakan untuk multi-tasking perangkat ini dinilai begitu kewalahan karena terasa lag ketika membuka beberapa aplikasi sekaligus.

Perangkat ini dilengkapi dengan fitur konektivitas yang cukup lengkap meskipun masih bergantung pada jaringan 2G dan 3G. Versi teranyar dari Bluetooth dan microUSB yang digunakan perangkat ini menjadi andalan untuk berbagi konten dengan perangkat lain. Acer Liquid Z205 hanya memiliki satu kamera di bagian belakang dengan resolusi 2 MP. Ketiadaan Autofocus dan LED Flash nampaknya akan semakin mempersulit pengguna mendapatkan hasil jepretan foto dan rekaman video yang berkualitas. Yap, resolusi 2 MP dianggap sudah terlalu ketinggalan dibanding smartphone Entry-Level lain yang rata-rata sudah menggunakan kamera 5 MP.

Daya baterai Li-Ion yang dimiliki hanya 1300 mAh sehingga akan membuat pengguna cukup sibuk karena harus bolak-balik mencharge. Namun, dengan sifat removable baterai tersebut pengguna dapat melepas baterai tersebut dengan leluasa untuk menggantinya dengan baterai cadangan jika tidak sempat mencharge. Acer Liquid Z205 diproduksi dalam dua varian warna cover yakni hitam dan putih.

Last edited 11 May 2015