Harga Advan Vanbook W100. Seakan tidak mau kalah dari Google yang menggandeng beberapa vendor lokal, Microsoft pun melakukan hal serupa dengan mengajak Advan untuk memproduksi Advan Vanbook W100. Perangkat dengan slogan The Real Windows Tablet with XBOX Games Experience ini merupakan kakak dari Advan Vanbook W80 yang berukuran lebih kecil. Meskipun platform Android dan iOS begitu mendominasi pasar smartphone, Advan tetap pede menggunakan OS Windows yang disematkan Microsoft untuk perangkat ini. Hal tersebut disebabkan spesifikasi yang dibawa tablet ini terbilang mapan untuk bersaing di kelas mid-range namun dibanderol dengan harga yang terjangkau. Dengan demikian, Advan Vanbook W100 akan bersaing ketat dengan tablet dari vendor-vendor ternama seperti Samsung Galaxy Tab 4 10.1 dan Asus Transformer Pad TF103C.

harga tablet advan vanbook W100

Harga Tablet - Advan Vanbook W100

DESAIN ADVAN VANBOOK W100

Dengan harganya yang murah maka sangat wajar jika si vendor hanya menggunakan material plastik untuk cover tablet ini. Plastik glossy menyelimuti bagian muka perangkat ini sehingga terlihat cukup mengkilat sementara pada cover belakang Advan menggunakan material plastik doff.Advan tetap mendesain perangkat ini dalam posisi portrait khususnya pada bagian muka meskipun ukuran bodi Vanbook W100 terbilang jumbo. Hal tersebut dibuktikan dengan posisi tombol kapasitif Home di bawah layar dan kamera depan di atas layar (dalam posisi portrait).

Berbeda dengan Samsung Galaxy Tab 4 10.1 yang menrapkan desain landscape sehingga posisi tombol Home di samping kiri layar (dalam posisi portrait). Terlepas dari hal tersebut, penggunaan material plastik memberikan dampak positif dimana bobot perangkat ini yang terasa cukup ringan. Selain itu, sudut bodi yang didesain membulat memberikan kenyamanan bagi genggaman tangan meskipun menggenggam perangkat ini dengan durasi waktu yang lama.

Bagian back cover dilengkapi dengan kamera utama di ujung kiri, logo Advan, logo Intel Inside, dan loudspeaker. Advan menempatkan tombol pengatur volume duduk berjejer dengan tombol power/lock di sisi kanan bodi sedangkan di sisi kiri bodi dibiarkan polos tanpa port atau kontrol apapun. Jack audio 3.5 mm dan port microUSB berada di sisi bagian atas sedangkan di sisi bawah tidak ditemukan apapun. Perangkat ini tidak berkonsep unibody karena Advan menempatkan slot microSD dan slot SIM Card di balik back cover. Sangat disayangkan Vanbook W100 hanya disediakan dalam satu varian warna yakni warna Hitam.

LAYAR ADVAN VANBOOK W100

Advan Vanbook W100 membawa ukuran layar yang sangat luas yakni 9.6 inchi sehingga sangat mantap untuk digunakan menonton video dan bermain game. Tipe layar yang digunakan adalah IPS LCD Capacitive Touchscreen dengan resolusi HD 1280 x 800 pixels. Resolusi tersebut serupa dengan apa yang Advan berikan untuk Advan Vanbook W80 dengan layar 8.0 inchi sehingga kerapatan pixel yang dimiliki Vanbook W100 terbilang sangat kecil yakni hanya 149 ppi.

Layar tersebut dilengkapi kemampuan untuk mendeteksi sentuhan hingga beberapa jari secara bersamaan atau yang sering dinamakan Multitouch. Selain itu, layar milik Vanbook W100 dapat mereproduksi warna sebanyak 16 juta varian warna. Advan belum melapisi layar ini dengan lapisan proteksi apapun sehingga masih sangat rentan tergores, terlebih dengan ukuran layarnya yang besar.

Spesifikasi layar yang dibawa Vanbook W100 mampu menyamai produk tablet dari vendor global yakni Asus Transformer Pad dan Samsung Galaxy meskipun ukuran layar yang dibawa kedua tablet tersebut 0.41 inchi lebih besar. Dengan spesifikasi yang dimiliki, pengguna dapat menikmati sajian layar yang cukup mengesankan. Teknologi layar IPS yang begitu baik dalam melakukan rendering warna dibuktikan dengan kualitas warna yang terlihat begitu natural pada layar Vanbook W100. Selain itu, rasio kontras pada layar ini pun cukup tajam meskipun kerapatan pixel yang dimiliki terbilang sangat kecil. Minimnya kerapatan pixel yang dimiliki membuat layar ini memiliki tingkat reflektifitas cukup tinggi terutama ketika digunakan di bawah sinar matahari langsung dimana kontras dari layar akan menurun yang membuat pengguna kesulitan membaca isi layar.

HARDWARE DAN SOFTWARE ADVAN VANBOOK W100

Advan Vanbook W100 dibekali dengan chipset Intel Bay Trail CRZ3735G disertai prosesor 64-bit [email protected] berkecepatan 1.3 GHz. Performa perangkat ini akan dibantu adanya RAM seluas 1 GB untuk menopang kinerja multi-tasking. Vanbook W100 memiliki memori internal berkapasitas 16 GB dengan sekitar 2 GB sudah digunakan untuk beberapa fitur dan aplikasi pre-installed. Kapasitas penyimpanan dapat diperluas dengan menggunakan memori eksternal pada slot microSD yang dapat membaca hingga 32 GB.

Dengan spesifikasi dapur pacu yang dimiliki, nampaknya pengguna tidak perlu khawatir terkait performa Vianbook W100 dalam menjalankan beragam aplikasi berat. Performa yang dihasilkan terbilang sangat mulus dan responsif meskipun dalam menopang kinerja multi-tasking perangkat ini masih terlihat kewalahan karena terasa tersendat-sendat ketika beberapa aplikasi berat berjalan bersamaan.Advan membenamkan baterai Li-Ion dengan kapasitas daya yang cukup besar yakni 6000 mAh. Baterai tersebut dirasa sudah mumpuni untuk menopang kinerja Vanbook W100 dengan durasi waktu yang cukup lama.

Sistem operasi Microsoft Windows Phone yang disematkan kepada tablet ini merupakan versi MWP v8.1. Kehadiran OS ini membuat tampilan antarmuka Vanbook W100 sangat identik dengan antarmuka dari Windows Phone lain. Dengan tema sebagai tablet multimedia, perangkat ini menawarkan keragaman fitur multimedia untuk penggunanya melalui XBOX. Bagi pengguna yang gemar bermain game, tersedia bermacam aplikasi game populer secara gratis seperti FIFA 15 yang notabene merupakan game salah satu game terlaris di tahun 2015.

Selain multimedia, perangkat ini juga sangat cocok digunakan bagi anda yang mengejar fungsi smartphone untuk bekerja. Microsoft telah menyediakan salah satu aplikasi unggulannya yakni Microsoft Office untuk membantu mempermudah pengguna melakukan pekerjaannya dimanapun ia berada. Selain itu, tersedia layanan gratis OneDrive selama satu tahun bagi pengguna tablet ini dengan kuota 1.000 GB.

Untuk menampilkan seluruh koleksi foto dan video, pengguna dapat memanfaatkan aplikasi Galeri bernama Photos. Susunan default pada Galeri ini ialah berdasarkan waktu pengambilan gambar namun pengguna dapat merubah susunan tersebut berdasarkan album dan favorites. Aplikasi ini sudah secara otomatis terintegrasi dengan OneDrive sehingga pengguna dapat memanfaatkan layanan tersebut untuk menampung koleksi foto maupun video ketika memori internal sudah tidak muat.

Pilihan berbagi konten foto dan video dapat dilakukan melalui Bluetooth, Email, MMS, Facebook, Flickr, dan beberapa media online lain. Khusus untuk berbagi menggunakan Bluetooth, opsi menggunakan Bluetooth tidak akan ditampilkan pada Galeri tersebut ketika Bluetooth belum dinyalakan. Disediakan tools untuk mengedit foto meskipun tidak selengkap tools editor milik platform Android.

Pengguna yang hobi menonton video melalui gadgetnya dapat memanfaatkan aplikasi pemutar video terintegrasi bernama Videos. Aplikasi tersebut dapat memutar beragam format video seperti MP4, H.264 Player, dan H.263 Player serta dilengkapi kemampuan untuk menampilkan subtitle dengan berbagai format. Ketika digunakan menonton video dengan resolusi 1080p, aplikasi ini dapat melakukannya dengan sangat baik. Tersedia beberapa pengaturan di dalam aplikasi ini seperti pengaturan huruf subtitle, kecerahan layar, aspek ratio, dan sebagainya. Dengan demikian, pengalaman menonton video menggunakan Vanbook W100 akan semakin menyenangkan terlebih dengan ukuran layar jumbo yang dimiliki perangkat ini.

Fitur multimedia diperlengkap dengan hadirnya aplikasi pemutar musik terdedikasi yang mampu memutar format audio seperti MP3, WAV, dan eAAC+ Player. Koleksi lagu akan dikelompokkan berdasarkan Songs, Artists, Albums, Genres, Favorites, dan Playlists. Dengan tampilan antarmuka yang begitu sederhana, aplikasi ini menawarkan beberapa pengaturan termasuk Equalizer dan Enhancement di menu Settings. Dari segi kualitas suara, loudspeaker menyajikan suara yang terdengar cukup bertenaga meskipun kehilangan bass bahkan cenderung terlalu didominasi oleh treble ketika volume dalam keadaan maksimum menggunakan loudspeaker. Hal sebaliknya akan didapat ketika pengguna mendengarkan musik menggunakan headset dimana dentuma bass terasa begitu kental dan dengan suara yang begitu jernih.

KONEKTIVITAS ADVAN VANBOOK W100

Perangkat single-SIM ini belum masih mengandalkan jaringan 2G dan 3G untuk mendapatkan koneksi karena belum mendukung jaringan 4G LTE. Kecepatan koneksi yang akan didapat yakni 21.1 Mbps Downlink dan 5.76 Mbps Uplink dalam jaringan 3G HSPA. Terdapat Wi-Fi 802.11 a/b/g/n yang dapat diaktifkan untuk mendapatkan koneksi ketika pengguna berada di tempat yang memiliki jaringan Hotspot. Selain itu, pengguna juga dapat berbagi koneksi data seluler kepada perangkat lain yakni dengan cara mengaktifkan Hotspot Portable pada menu Settings. Fitur konektivitas diperlengkap dengan adanya Bluetooth v4.0 (A2DP) dan MicroUSB v2.0 serta GPS dengan dukungan dari A-GPS (Amerika).

Seperti halnya perangkat Windows lain, Vanbook W100 dilengkapi web browser bernama Internet Explorer. Browser ini dilengkapi dengan fitur-fitur standar browser seperti Bookmark, Favorites, Incognito, Save Page, Share, Desktop Mode, Find on Page, dan sebagainya. Browser ini memiliki kemampuan mengakses halaman website dengan cukup cepat baik dalam versi mobile maupun desktop. Sayangnya, performa Internet Explorer ini akan semakin menurun ketika digunakan untuk membuka multi-tab.

KAMERA ADVAN VANBOOK W100

Advan Vanbook W100 dilengkapi dengan dual-camera yakni di bagian belakang dan depan. Meskipun demikian, tidak ditemukan LED Flash yang biasanya menemani kamera utama pada permukaan back cover. Selain itu, kamera utama 2 MP yang dimiliki Vanbook W100 juga tidak dilengkapi auto-focus maupun touch to focus. Pengguna dapat menghasilkan foto menggunakan kamera utama tablet ini dengan resolusi maksimum 1600 x 1200 pixels. Selain dapat digunakan untuk berfoto, pengguna juga dapat merekam video menggunakan kamera utama ini meskipun dengan kualitas yang ala kadarnya. Di sektor kamera depan, Advan melengkapi perangkat ini dengan kamera 0.3 pixels alias VGA.

Meskipun spesifikasi kamera yang dibawa Vanbook W100 terbilang rendah, kamera ini masih mampu memberikan hasil jepretan foto dan video yang layak. Hasil foto terlihat cukup jelas meskipun kontras kurang tajam dan pewarnaan yang terlihat sangat jenuh. Hasil jepretan foto akan terlihat semakin buruk ketika pengambilan gambar dilakukan di tempat dengan pencahayaan minim mengingat tidak adanya LED Flash. Hasil rekaman video pun senada dengan hasil jepretan foto dimana video memiliki tingkat pewarnaan yang begitu jenuh meskipun detail terlihat cukup tajam.

HARGA ADVAN VANBOOK W100

Advan Vanbook W100 diproduksi dengan cover berbahan plastik untuk menyelimuti bodi berukuran super jumbo yang dibawanya. Hadir dengan layar berukuran 9.6 inchi bertipe IPS LCD Capacitive Touchscreen. Spesifikasi layar yang dibawa perangkat ini terbilang sangat mumpuni karena membawa resolusi HD 1280 x 800 pixels, sama seperti beberapa tablet mid-range lain. Kualitas layar tersebut ditunjang pula dengan performa responsif berkat penanaman chipset Intel BayTrail Quad-Core 1.3 Ghz di dalam perangkat ini. Meskipun sudah dapat dikatakan cukup, namun performa perangkat ini akan menurun ketika digunakan untuk menopang kinerja multi-thread mengingat RAM yang dimiliki hanya 1 GB.

Dengan menggunakan sistem operasi Microsoft Windows v8.1, si vendor menyertakan beragam aplikasi menarik terutama dari segi multimedia. Pengguna Vanbook W100 tidak perlu repot bolak-balik mencharge tablet ini mengingat daya baterai yang dimiliki terbilang cukup mumpuni untuk menopang besarnya konsumsi daya dari layar.

Selain dari kinerja multi-tasking, perangkat ini memiliki kekurangan di sektor kamera. Kamera utama 2 MP yang dibawa tablet ini dirasa sudah sangat ketinggalan zaman mengingat produk-produk mid-range lain sudah menerapkan setidaknya kamera dengan resolusi 5 MP. Selain itu, pengguna tidak memiliki kebebasan memilih warna cover agar sesuai dengan warna favoritnya karena tablet ini hanya disediakan dalam satu pilihan warna. Dengan spesifikasi yang dibawa Vanbook W100, si vendor hanya membanderolnya dengan harga di kisaran Rp. 2.200.000,- sampai Rp. 2.400.000,-. Dengan harga tersebut, sangat beralasan jika Advan dan Microsoft mengurangi spesifikasi perangkat di beberapa lini agar tidak terlalu memakan biaya produksi.

Last edited 11 May 2015