Harga Asus Fonepad Note FHD 6. Pada pertengahan tahun 2013, vendor asal Taiwan yakni Asus memperkenalkan sebuah perangkat bernama Asus Fonepad Note FHD 6. Perangkat ini dikategorikan sebagai phablet karena membawa layar berukuran terlalu besar untuk diberi label smartphone namun terlalu kecil untuk masuk kategori tablet, meskipun si vendor tetap menyebut perangkat ini sebagai tablet. Keluar dari perdebatan tersebut, Asus Fonepad Note 6 dibekali dengan spesifikasi yang mampu bersaing dengan produk kenamaan seperti Samsung Galaxy Note. Sama seperti Galaxy Note, Fonepad Note FHD 6 juga dibekali dengan stylus yang berfungsi sebagai alat untuk menavigasi perangkat ini.

harga hp asus fonepad 6 note FHD

Harga HP - Asus Fonepad Note FHD 6

DESAIN ASUS FONEPAD NOTE FHD 6

Sebagai produk premium, Asus mendesain Fonepad Note FHD 6 dengan sentuhan premium meskipun masih mengandalkan material plastik. Dimensi bodi yang dimiliki ialah 164.8 x 88.8 x 10.3 mm dengan berat mencapai 210 gram. Dengan dimensi tersebut membuat phablet ini terasa cukup nyaman ketika digenggam. Bodinya yang terbilang tipis mempermudah pengguna untuk menenteng perangkat ini kemanapun. Material plastik glossy pada back cover dan bingkai chrome di sekeliling bodi memberikan kesan elegan nan premium, meskipun terasa agak licin dan mudah tertempel debu. Keempat sudut bodi didesain melengkung sehingga ketika telapak tangan mampu menggenggam dengan lebih kokoh.

Asus tidak menanamkan tombol kapasitif maupun tombol fisik di sekitar frame melainkan menempatkan tombol kapasitif Back, Home, dan Recent App di dalam layar. Di bawah layar terlihat sebuah logo Asus berlapis Chrome dan loudspeaker sedangkan di sisi atas ditempati oleh loudspeaker, kamera depan, sensor jarak, LED Notifikasi. Back Cover Fonepad Note FHD 6 ditempeli kamera utama dengan logo Asus di bawahnya sementara di ujung kiri bawah terdapat rumah bagi stylus. Tombol power/lock dan tombol pengatur volume ditempatkan di sisi kanan bodi sementara di sisi kiri terdapat slot SIM Card dan slot MicroSD disertai penutup plastik. Di sisi bodi bagian atas pengguna dapat menemukan jack audio 3.5 mm sebagai tempat untuk mencolokkan headset sedangkan port microUSB berada di sisi bawah bodi. Fonepad Note FHD 6 didesain unibody yang artinya pengguna tidak dapat melepas back cover dengan leluasa.

LAYAR ASUS FONEPAD NOTE FHD 6

Asus Fonepad Note FHD 6 dibekali layar berukuran 6.0 inchi dengan tipe Super IPS+ LCD Capacitive Touchscreen. Ukuran layar yang besar ditopang oleh resolusi Full HD 1080 x 1920 sehingga kerapatan pixel yang dimiliki layar ini cukup tinggi yakni 367 ppi. Layar ini telah dipersenjatai dengan lapisan anti sidik jari yang dimaksudkan agar sidik jari pengguna tidak mudah tertempel pada permukaan layar. Fitur Multitouch (up to 10 fingers) telah disematkan si vendor pada layar ini sehingga layar tetap merespon meskipun pengguna menyentuh layar menggunakan 10 jari secara bersamaan. Sayang seribu sayang layar dengan spesifikasi kelas kakap ini belum dilapisi dengan protektor layar sehingga masih sangat rentan tergores.

Layar Fonepad Note FHD 6 ini memiliki kemampuan untuk memproduksi varian warna hingga 16 juta warna. Resolusi layar yang sangat baik membuat layar milik Fonepad Note FHD 6 ini memiliki rasio kontras yang sangat tinggi. Dari segi pewarnaan, layar ini pun sangat baik dalam melakukan rendering warna yang terlihat begitu natural dan colorfull. Ketika digunakan dengan sudut pandang yang cukup ekstrim, isi dari layar masih dapat terlihat dengan cukup jelas.

Kemampuan layar IPS dalam memproduksi warna hitam dan putih pun terbukti sangat baik, meskipun warna hitam yang dihasilkan tidak sepekat warna hitam dari layar S-AMOLED. Kelebihan layar ini yakni memiliki tingkat reflektifitas yang sangat rendah sehingga pengguna masih dapat membaca isi layar dengan baik meskipun digunakan di bawah sinar matahari langsung. Untuk mengatur tampilan layar, Asus telah menyediakan aplikasi bernama Splendid sehingga pengguna dapat mengutak-atik settingan layar sesuai keinginan.

HARDWARE DAN SOFTWARE ASUS FONEPAD NOTE FHD 6

Di sektor dapur pacu, Asus memanfaatkan chipset dari Intel yakni Intel Atom Z2580 dengan prosesor Dual-Core berkecepatan 2 GHz. Performa perangkat ini akan dibantu dengan adanya RAM berkapasitas 2 GB dan Graphics Processing Unit PowerVR SGX544MP2. Asus Asus Fonepad Note FHD 6 diproduksi dengan dua pilihan yakni 16 GB dan 32 GB. Meskipun prosesor Dual-Core belum semutakhir Quad-Core, namun kecepatan berlarinya yang mencapai 2 GHz mampu membuat performa perangkat ini sangat responsif. Dalam menjalankan multi-tasking, perangkat ini juga memiliki performa yang sangat mengagumkan disertai grafis yang tetap optimal ketika beberapa aplikasi berat berjalan bersamaan. So, Asus Fonepad Note FHD 6 selain jumbo di bagian luar ternyata sangar di bagian dalam.

Asus Fonepad Note FHD 6 masih berjalan menggunakan sistem operasi Android OS v4.2 Jelly Bean namun telah disediakan upgrade ke OS Android v4.4.2 KitKat. Di halaman Lockscreen, selain terdapat informasi tanggal dan waktu juga ada sebuah lingkaran dimana arah kanan untuk membuka layar, kiri kamera, dan atas Google Now. Ketika berada di halaman Homescreen, telah disediakan sebanyak lima buah halaman Homescreen disertai opsi untuk menambah atau mengurangi jumlah halaman tersebut sesuai kebutuhan. Halaman Homescreen dihiasi dengan beberapa icon aplikasi pada bagian dock. Pengguna dapat menambahkan shortcut aplikasi, folder, maupun widget pada halaman Homescreen ini. Halaman App Drawer akan menyajikan seluruh aplikasi yang terinstall di dalam perangkat dengan susunan berdasarkan nama. Jendela notifikasi tampil beda dengan beberapa toogle pengaturan seperti Bluetooth, Wi-Fi, Settings, Mode, dan sebagainya.

Selain aplikasi Galeri bawaan Android, Asus juga membekali perangkat ini dengan aplikasi Galeri buatan mereka sendiri. Seluruh koleksi foto dan video yang dimiliki pengguna akan dimuat berdasarkan folder namun tidak disertai opsi untuk mengubah susunan tersebut berdasarkan tanggal, lokasi, maupun orang. Dengan menggunakan Galeri ini pengguna dapat melakukan editing foto dengan menggunakan beberapa perkakas editor foto yang disediakan seperti crop, rotate, frame, effect, brightness, contras, dan sebagainya. Aplikasi ini sudah otomatis terintegrasi dengan beberapa media online seperti Facebook dan Flickr sehingga pengguna dapat dengan mudah berbagi konten foto atau video. Selain itu, pengguna juga dapat melakukan aksi berbagi konten ke perangkat lain dengan memanfaatkan Bluetooth, Email, MMS, dan NFC.

Untuk memutar musik, Asus Fonepad Note FHD 6 hanya menyediakan aplikasi music player bawaan Google yakni Google Play Music. Aplikasi ini dapat memutar hampir seluruh format audio seperti MP3, WAV, WMA, dan AAC Player. Di dalam aplikasi ini koleksi lagu akan dibagi berdasarkan All, Songs, Artists, Albums, Genres, Playlist, dan Recent. Asus menyertakan aplikasi Audio Wizard ke dalam phablet ini yang berfungsi untuk mengoptimalkan keluaran suara ketika memainkan musik. Selain itu, teknologi SonicMaster yang disematkan ke dalam perangkat ini membuat dentuman suara dual-speaker di bagian depan terasa sangat bertenaga.Tentunya terdapat pula fitur Equalizer di dalam aplikasi ini dengan beberapa preset dan satu pilihan custom.

Dengan layar yang besar, tentunya akan semakin mantap jika didukung dengan media untuk menonton video yang memadai. Sayangnya, Asus tidak menyematkan aplikasi pemutar video terdedikasi ke dalam perangkat ini sehingga pengguna masih harus memutar video melalui aplikasi Galeri. Hal tersebut berimbas pada minimnya fitur yang dimiliki ketika sedang memutar video karena interface pemutar video ini hanya terdapat tombol play/pause dan bar slider durasi video. Selain itu, kekurangan lain dari aplikasi ini ialah tidak mampu menampilkan subtitle dengan format apapun meskipun video berformat MP4 dan H.264 Player beresolusi 1080p dapat diputar dengan sangat lancar. Hal tersebut bukanlah sebuah kendala besar karena pengguna masih dapat menginstall aplikasi pemutar video pihak ketiga yang banyak disediakan Play Store jika pemutar video milik Asus Fonepad Note FHD 6 ini kurang memuaskan.

Asus menyertakan gratis kuota 5 GB Storage di ASUS WebStorage yang dapat dijadikan alternatif penyimpanan data milik pengguna dengan aman. Perangkat ini dilengkapi pula dengan beragam aplikasi pre-installed di dalamnya seperti Kalkulator, Youtube, Kalender, Clock, Weather, Manajemen Aplikasi, dan sebagainya. Layanan Google Maps dapat langsung dinikmati karena aplikasi Mapping tersebut hadir secara pre-installed. Google Maps telah mendapatkan penyempurnaan sehingga sudah support navigasi suara. Hal tersebut sangat memudahkan pengguna ketika sedang bepergian karena pengguna tidak perlu repot-repot memegang perangkat untuk mengetahui rute yang akan ditempuhnya dalam kondisi berkendara. Dengan desain unibody yang dibawanya, baterai milik Asus Fonepad Note FHD 6 ini pun secara otomatis bersifat non-removable. Bateri Li-Ion yang ditanamkan Asus memiliki daya sebesar 3200 mAh yang diklaim mampu bertahan selama 23 jam talktime dalam jaringan 3G.

KONEKTIVITAS ASUS FONEPAD NOTE FHD 6

Perangkat ini diproduksi pada tahun 2013 jadi sangat wajar jika Asus Fonepad Note FHD 6 belum dilengkapi dukungan jaringan 4G LTE. Meskipun masih mengandalkan jaringan 2G dan 3G, kecepatan koneksi perangkat ini menjadi salah satu yang terbaik. Dukungan bands yang berlimpah membuat leluasa perangkat ini berakselerasi dengan kecepatan 42.2 Mbps Downlink dan 5.76 Mbps Uplink ketika berada di jaringan 3G HSPA. Phablet ini dipersenjatai pula dengan Wi-Fi 802.11 a/b/g/n (Dual-Band, Wi-Fi Direct, dan Hotspot), Bluetooth v3.0 (A2DP dan EDR), NFC, dan microUSB v2.0. Asus juga membenamkan GPS dengan dukungan dari A-GPS dan GLONASS yang membuat GPS milik phablet ini mampu mengunci lokasi dengan lebih cepat dan sangat akurat.

Browser default di dalam phablet ini adalah browser bawaan si robot hijau (Android). Browser tersebut dibekali kemampuan untuk membuka multi-tab dengan jumlah sangat banyak secara bersamaan tanpa mengalami kendala berarti. Meskipun kemampuannya tidak sebaik Google Chrome, namun browser ini juga melakukan rendering halaman website versi desktop dengan sangat halus dan responsif. Fitur-fitur yang dimiliki antara lain Bookmark, History, Cookies, Incognito, Share, Save Page, dan sebagainya. Dengan demikian dukungan koneksi yang cepat dan browser yang mumpuni akan membuat pengalaman berselancar di dunia maya menjadi lebih menyenangkan, terlebih dengan ukuran layarnya yang jumbo.

KAMERA ASUS FONEPAD NOTE FHD 6

Di bidang fotografi, Asus menyematkan kamera utama berlensa 8 MP dan kamera depan 1.2 MP. Kamera utama tersebut dilengkapi autofokus dan fitur Geo-Tagging namun sayangnya tidak ada LED Flash yang sebenarnya akan membantu pengambilan gambar di tempat dengan kondisi cahaya yang rendah. Kamera utama Asus Fonepad Note FHD 6 mampu menghasilkan foto dengan resolusi 3264 x 2448 pixels serta merekam video dengan resolusi [email protected] Di sektor kamera depan, selain dapat berfungsi sebagai media berfoto selfie juga dapat digunakan untuk video call dan merekam video dengan resolusi 720p.

Kamera utama Fonepad Note FHD 6 menghasilkan jepretan foto dengan detail yang cukup tajam dan pewarnaan natural ketika digunakan diluar ruangan dengan kondisi pencahayaan cukup. Ketika digunakan di dalam ruangan, hasil jepretan foto nampak menurun drastis karena terlihat memiliki warna yang jenuh dan noise tersebar dimana-mana meskipun tingkat detail masih cukup baik. Hasil rekaman video menggunakan kamera ini serupa dengan hasil jepretan foto dimana hasil video akan terlihat maksimal ketika digunakan di luar ruangan yang memiliki tingkat pencahayaan baik. Yap, meskipun terbilang ala kadarnya spesifikasi standar pada sektor kamera ini memberikan kualitas hasil di atas rata-rata kamera dengan kelas 8 MP.

HARGA ASUS FONEPAD NOTE FHD 6

Asus Fonepad Note FHD 6 membawa dimensi bodi yang terbilang cukup besar untuk kategori smartphone sehingga perangkat ini masuk ke dalam kategori phablet. Perangkat ini didesain unibody dengan menggunakan material plastik glossy di bagian cover belakang. Meskipun terasa sedikit licin, namun penggunaan material tersebut membawa dampak positif dari segi estetika. Layar 6.0 inchi dengan resolusi Full HD menjadi salah satu kelebihan yang ditawarkan phablet ini.

Selain mengusung tipe Super IPS+, layar ini dibekali dengan keragaman fitur meskipun belum dilengkapi dengan lapisan protektor layar. Perangkat ini memiliki performa yang sangat responsif dalam menopang kinerja single-tasking maupun multi-tasking. Hal tersebut tidak lepas dari peran chipset Intel Atom Z2580 disertai prosesor Dual-Core, RAM 2 GB, dan GPU PowerVR SGHX544MP2 yang disematkan si vendor ke dalam perangkat ini.

Meskipun masih menggunakan platform Android versi jadul yakni OS v4.2 Jelly Bean, namun pihak Asus telah menyediakan versi upgrade ke v4.4.2 KitKat sehingga tidak ketinggalan dengan perangkat yang lebih anyar. Dukungan konektivitas berlimpah dimiliki perangkat ini sehingga memudahkan pengguna untuk terhubung dengan perangkat atau media lain di sekelilingnya. Baterai Li-Ion berdaya 3200 mAh yang dimiliki dirasa sudah cukup mumpuni untuk menopang kegiatan Asus Fonepad Note FHD 6 seharian mengingat daya tahan baterai ini yang terbilang cukup lama.

Asus memproduksi perangkat anyarnya ini hanya dalam dua versi warna cover yakni Hitam dan Putih. Harga yang dipatok oleh vendor asal Taiwan ini untuk Asus Fonepad Note FHD 6 versi 16 GB berada di kisaran Rp. 3.500.000,- Rp. 4.000.000,- sementara untuk versi 32 GB di kisaran Rp. 4.300.000,- sampai Rp. 4.600.000,-.

Last edited 11 May 2015