Harga HP - Harga Lenovo P70. Selain meluncurkan Lenovo P90, vendor asal Tiongkok ini memperkenalkan pula saudara P90 dengan nama Lenovo P70. Dengan nama yang identik, kedua perangkat ini diproduksi dengan desain yang nyaris sama. Namun Lenovo P70 membawa spesifikasi sedikit berada di bawah milik P90 terutama di sektor dapur pacu. Lenovo P70 membawa spesifikasi kamera yang cukup menggiurkan dengan lensa 13 MP sehingga sangat cocok untuk pengguna yang hobi jepret menjepret. Di pasar smartphone kelas menengah, Lenovo P70 akan bersaing dengan Asus Zenfone 5, Samsung Galaxy E5, Xiaomi Redmi 2, dan Samsung Galaxy A5.

harga lenovo p70

DESAIN LENOVO P70

Lenovo P70 membawa dimensi berukuran 142 x 71.8 x 8.9 mm dengan bobot seberat 149 gram. Bodi perangkat ini sedikit lebih kecil dari Lenovo P90 yang berukuran 150 x 77.4 x 8.5 mm dengan bobot 156 gram. Lenovo P70 menggunakan cover berbahan plastik dengan finishing doff pada cover belakang yang membuat perangkat ini terasa cukup licin ketika digenggam. Desain yang dibawa perangkat ini terlihat mampu memancarkan kesan elagan nan simple berkat bezel tipis di sisi kanan di kiri layar dan rim chrome melingkari di sekeliling bodi. Bentuk sudut bodi yang tidak terlalu bulat membuat telapak tangan terasa cukup pegal ketika menggenggam perangkat ini.

Seperti biasa, di atas layar akan dijumpai kamera depan ditemani sensor jarak dan sensor cahaya di sebelah earpiece sementara di bawah layar Lenovo mempertahankan tiga tombol kapasitif yakni Recent App, Menu, dan Back. Di cover belakang telah disematkan kamera dan LED Flash di sudut kiri atas sementara logo si vendor ditanam di tengah-tengah cover. Di sisi kanan Lenovo menempatkan tombol pengatur volume dan tombol power/lock sementara di sisi kiri dibiarkan polos tanpa port atau kontrol apapun. Di sisi atas bodi pengguna akan menjumpai lubang mikrofon sekunder dan jack audio 3.5 sedangkan di sisi bawah merupakan rumah bagi port microUSB, loudspeaker, dan lubang mikrofon utama. Meski baterai perangkat ini tidak dapat dilepas, pengguna masih diberikan keleluasaan untuk membuka cover belakang P70 karena Lenovo tidak menerapkan desain unibody pada perangkatnya ini. Di balik cover tersebut si vendor menempatkan slot microSD dan slot dual-SIM Card.

LAYAR LENOVO P70

Lenovo P70 membawa resolusi layar yang sama persis dengan milik Lenovo P90 yakni HD 720 x 1280 pixels namun dengan ukuran layar sedikit lebih kecil yakni 5.0 inchi. Hal tersebut justru membuat layar milik P70 memiliki kerapatan pixel lebih baik dari layar 5.5 inchi milik P90. Kerapatan pixel P70 sebesar 294 ppi sehingga dari segi layar perangkat ini masih sedikit lebih unggul dari Lenovo P90. Layar ini telah dilengkapi fitur multitouch yang membuat pengguna leluasa dapat mengoperasikan perangkat ini menggunakan beberapa sentuhan jari secara bersamaan (up to 5 fingers). Selain itu, layar milik Lenovo P70 memiliki kemampuan untuk melakukan rendering warna hingga sebanyak 16 juta warna. Belum ada lapisan proteksi apapun pada layar Lenovo P70 sehingga pengguna harus menambahkan sendiri proteksi layar tersebut agar layar ini terhindar dari goresan ketika digunakan.

Dengan harga yang lebih murah, Lenovo P70 menyamai spesifikasi layar 5.0 inchi milik Samsung Galaxy E5. Satu-satunya perbedaan di antara kedua layar tersebut adalah tipe layar yang digunakan, dimana P70 menggunakan tipe IPS sementara E5 menggunakan Super AMOLED. Dari segi kualitas, layar IPS memang tidak sebaik layar Super AMOLED namun tampilan yang disajikan Lenovo P70 masih terbilang baik. Kontras tajam disertai warna-warna cerah yang memanjakan mata cukup menyimpulkan layar ini mampu bekerja dengan baik untuk bersaing dengan layar milik smartphone lain. Dengan kerapatan pixel yang terbilang standar, mengakibatkan layar Lenovo P70 memiliki tingkat reflektifitas tinggi terhadap sinar matahari. Hal tersebut berimbas pada rasio kontras yang menurun ketika perangkat ini digunakan di bawah sinar matahari langsung.

HARDWARE DAN SOFTWARE LENOVO P70

Lenovo P70 dibekali dengan chipset berbeda dari milik Lenovo P90 yang menggunakan Intel Atom. Si vendor membenamkan chipset Mediatek MT6752 pada tubuh P70 yang bekerja bersama prosesor Octa-Core Cortex-A53 berkecepatan 1.7 GHz.Kedua kakak beradik tersebut sama-sama memiliki RAM 2 GB namun pemroses grafis di dalam dapur pacu keduanya berbeda. Lenovo P70 menggunakan GPU Mali-T760MP2 sementara Lenovo P90 memanfaatkan GPU dari PowerVR dengan seri G6430. Memori internal di dalam P70 sebesar 16 GB tetapi bisa ditambah lagi menggunakan memori eksternal hingga 32 GB pada slot microSD yang disediakan. Dibandingkan dengan Samsung Galaxy E5 yang memiliki rentang harga serupa, Lenovo P70 masih lebih tangguh dari produk asal Korea tersebut. Galaxy E5 yang dibanderol sekitar Rp. 4.000.000,- masih bergantung pada prosesor Quad-Core yang tentu performanya tidak sebaik prosesor delapan core milik P70.

Spesifikasi dapur pacu yang teramat sangar ini berdampak pada kinerja Lenovo P70 yang amat sangat responsif. Hampir tidak ada lag apalagi hang selama pengoperasian bahkan ketika menjalankan aplikasi-aplikasi berat. Kapasitas RAM yang cukup besar menjadikan perangkat ini cukup kokoh ketika menopang kinerja multi-thread dalam jumlah aplikasi berjalan cukup banyak. Dari segi grafis, GPU Mali memang salah satu GPU populer yang sering disematkan vendor ke dalam perangkat produksinya karena GPU ini membawa grafis lebih baik ke dalam perangkat. GPU Mali milik Lenovo P70 memberikan tampilan grafis memukau di setiap interface aplikasi yang begitu smooth. Dengan kata lain Lenovo P70 merupakan kabar gembira bagi pengguna yang hobi bermain game karena perangkat ini dapat menjalankan game bahkan dengan kualitas HD dengan mulus.

Masih menggunakan platform Android, Lenovo P70 hadir dengan OS v4.4.4 KitKat disertai sentuhan dari UI Lenovo Vibe buatan si vendor. Meski belum menggunakan OS v5.0 Lolipop, versi KitKat masih terbilang mampu untuk memberikan kinerja responsif selama pengoperasian. Lockscreen masih terlihat sama dengan tiga icon shortcut untuk menuju panggilan, pesan, dan kamera sementara widget waktu dan tanggal tampil cukup mendominasi dengan ukurannya yang besar di dalam halaman Lockscreen. Masih sama seperti produk Lenovo lainnya, si vendor tidak menyertakan App Drawer ke dalam P70. Seluruh aplikasi yang terinstall akan dimuat dalam halaman Homescreen layaknya produk-produk keluaran Apple. Secara default pengguna disediakan 18 halaman Homescreen disertai opsi agar pengguna dapat menambah widget, membuat folder, dan mengubah wallpaper atau tema. Di dock aplikasi yang terletak di dalam layar paling bawah, terdapat tiga buah icon yang secara default adalah icon shortcut menuju panggilan, pesan, browser, dan kamera.

Demi menghibur pengguna Lenovo P79, si vendor menyematkan beberapa aplikasi hiburan wajib di dalam sebuah smartphone. Untuk pengguna yang gemar dengan dunia fotografi, Lenovo telah menyediakan Galeri disertai keragaman fitur yang cukup melimpah. Salah satu fitur yang dimiliki tentu saja fitur untuk mengedit foto. Yap, pengguna telah disediakan beberapa tools editing untuk crop, rotate, memberi frame, memberi efek, hingga mengatur pencahayaan. Sayangnya Galeri ini belum dilengkapi dengan fitur Pinch to Zoom yang berguna untuk memperbesar atau memperkecil ukuran thumbnail foto. Seluruh koleksi foto dan video milik pengguna akan dimuat di dalam Galeri ini dengan susunan menurut folder. Berbagi konten foto dan video pengguna dapat memanfaatkan Bluetooth, Email, dan MMS.

Untuk mendengarkan musik, pengguna hanya disediakan satu aplikasi pemutar musik bawaan Google bernama Google Play Music. Format audio yang dapat diputar antara lain MP3, WAV, WMA, dan eAAC+ Player. Susunan lagu dapat diurutkan berdasarkan Recent, Songs, Artists, Alubms, Genres, dan Playlists. Pengguna dapat mengatur sendiri kualitas suara yang dihasilkan melalui pilihan custom yang disediakan pada Equalizer atau memanfaatkan beberapa preset Equalizer seperti folk, pop, rock, jazz, classic, flat, dan sebagainya. Lenovo menyertakan pula aplikasi FM Radio pada perangkat ini namun headset tetap harus dicolokkan karena akan berfungsi sebagai penerima sinyal radio.

Lenovo P70 dibekali dengan aplikasi pemutar video terdedikasi yang mampu memutar format MP4 dan H.264 Player. Tersedia beberapa pengaturan di dalam pemutar video ini seperti aspek rasio, tingkat kecerahan, dan tingkat volume. Video dengan resolusi 1080p dapat diputar tanpa mengalami lag atau tersendat. Subtitle tidak dapat ditampilkan jika diinput secara manual sehingga untuk menampilkan subtitle pengguna harus menyimpan file subtitle tersebut dengan nama yang sama seperti nama file video. Pengguna dapat mengubah ukuran, jenis font, dan warna font subtitle tersebut sesuai keinginan.

Salah satu aplikasi pre-installed di dalam perangkat ini adalah Google Maps. Yap, aplikasi ini seakan menjadi aplikasi wajib di dalam sebuah smartphone karena fungsinya yang sangat membantu pengguna smartphone. Dengan adanya aplikasi ini pengguna dapat menemukan rute menuju lokasi yang akan dituju dengan lebih praktis. Fitur navigasi suara yang telah disematkan ke dalam aplikasi ini akan memberikan rute perjalanan melalui suara sehingga pengguna tidak perlu repot memegang gadgetnya ketika sedang berkendara. Selain Google Maps, terdapat aplikasi bernama Security yang berfungsi sebagai Antivirus sehingga pengguna tidak perlu menginstall aplikasi antivirus pihak ketiga. Baterai Li-Po dengan daya 4000 mAh telah dibenamkan Lenovo ke dalam perangkat ini. Dengan baterai tersebut, Lenovo P70 mampu bertahan selama 18 jam talktime dalam jaringan 3G.

KONEKTIVITAS LENOVO P70

Dukungan 4G LTE cukup memberikan jaminan bahwa Lenovo P70 memiliki kecepatan koneksi internet super kencang. Di dalam jaringan 4G LTE Cat4, perangkat ini menembus kecepatan koneksi 150 Mbps Downlink dan 50 Mbps Uplink. Jika P70 berada di luar jangkauan jaringan 4G, perangkat ini akan memanfaatkan jaringan 3G HSPA untuk mendapatkan koneksi dengan kecepatan 42.2 Mbps Downlink dan 5.76 Mbps Uplink. Lenovo P70 dilengkapi pula dengan Wi-Fi 802.11 b/g/n (hotspot), Bluetooth v4.0 (A2DP), dan microUSB v2.0 (USB Host). Dukungan A-GPS disematkan ke dalam GPS milik P70 sehingga mampu mengunci lokasi perangkat ini dengan cepat dan akurat.

Lenovo memanfaatkan Google Chrome sebagai satu-satunya browser default di dalam Lenovo P70. Chrome dibekali kemampuan sangat baik untuk menampilkan halaman website dalam versi dekstop sehingga sangat menguntungkan pengguna yang tidak begitu menyukai tampilan mobile. Performa Chrome masih sangat baik meski digunakan untuk membuka multitab bahkan dengan jumlah tab yang cukup banyak. Fitur yang dibawa Chrome masih standar seperti Bookmark, History, Cookies, Save Page, Share, dan fitur-fitur standar lain. Browser ini dilengkapi dengan fitur bernama Incognito yang jika diaktifkan ketika browsing tidak akan merekam history dan cookies.

KAMERA LENOVO P70

Meski membawa resolusi sama seperti milik kamera Lenovo P90, kamera 13 MP milik P70 tidak dilengkapi Optical Image Stabilization seperti kamera P90. Kamera Lenovo P70 hanya ditemani autofocus dan LED Flash disertai dukungan Geo-Tagging, Touch Focus, Face Detection, dan Panorama. Kamera utama tersebut mampu menghasilkan jepretan foto dengan resolusi 4160 x 3120 pixels dan dapat digunakan untuk merekam video dengan kualitas [email protected] Di sektor kamera utama, kamera 5 MP akan memfasilitasi pengguna yang gemar berfoto selfie. Selain itu, kamera depan ini juga dapat digunakan untuk video call dan merekam video dengan resolusi 720p. Di sektor kamera, Lenovo P70 lebih digdaya dibanding Samsung Galaxy E5 yang hanya dibekali kamera utama beresolusi 8 MP.

Dengan spesifikasi kamera yang sangat mumpuni, pengguna dapat mengabadikan momen-momen penting dalam hidupnya dengan jepretan maupun rekaman video berkualitas menggunakan perangkat ini. Kualitas hasil kamera utama P70 baik ketika digunakan di dalam ruangan maupun di luar ruangan menyajikan foto dengan kontras dan pewarnaan yang sangat baik. Hilangnya OIS pada perangkat ini sedikit mempengaruhi hasil jepretan terutama dalam perekaman video. Goncangan ketika merekam video cukup terlihat di dalam hasil rekaman meskipun secara keseluruhan video memiliki tingkat kontras dan pewarnaan yang baik. Sayangnya kamera ini kurang mengakomodasi tingkat fokus dan detail untuk objek di posisi yang cukup jauh karena cenderung terlihat blur.

HARGA LENOVO P70

Lenovo P70 membawa desain yang sangat minimalis namun tetap terlihat elegan dengan frame berlapis chrome yang disematkan di sekeliling bodinya. Dibekali dengan layar 5.0 inchi, perangkat ini membawa resolusi HD 720 x 1080 pixels yang membuatnya memiliki kerapatan pixel sebesar 294 ppi. Layar bertipe IPS tersebut memiliki kualitas tampilan yang sangat mumpuni dengan kontras tajam dan pewarnaan yang begitu cerah dan natural meski tingkat reflektifitas layar masih terbilang tinggi. Performa responsif perangkat ini tidak lepas dari peran chipset Mediatek MT6752 dengan prosesor Octa-Core 1.7 GHz Cortex-A53 yang disematkan si vendor ke dalam Lenovo P70. Kapasitas RAM sebesar 2 GB telah disematkan ke dalam P70 untuk menopang kinerja multi-thread sementara kartu grafis Mali-MT60MP2 memberikan tampilan grafis optimal selama pengguna mengoperasikan Lenovo P70. Dengan dukungan 4G LTE pada perangkat ini, pengguna tidak akan dibuat jengkel yang dikarenakan koneksi lelet ketika berinternet ria. Meskipun belum dilengkapi NFC dan port Infrared, perangkat ini sudah dilengkapi dengan Bluetooth, microUSB, GPS, dan Wi-Fi.

Pengguna yang hobi berfoto, Lenovo telah menyediakan kamera utama beresolusi 13 MP dan kamera depan 5 MP sebegai media bagi pengguna untuk mengambil gambar maupun merekam video. Secara kualitas, pengguna akan dihadapkan dengan kualitas jepretan foto dan rekaman video yang memiliki detail gambar berkelas disertai pewarnaan yang begitu cerah dan natural. Baterai Li-Po 4000 mAh yang dibenamkan Lenovo ke dalam perangkat ini dirasa sudah cukup mumpuni untuk menopang seluruh aktivitas perangkat ini seharian. Lenovo P70 disediakan hanya dalam satu pilihan warna yakni Midnight Blue yang dibanderol dengan harga sekitar Rp. 3.000.000,- sampai Rp. 3.500.000,-.

Last edited 19 April 2015