REVIEW LG G4 DAN LG G4c

LG meluncurkan generasi penerus LG G3 dengan nama LG G4 pada bulan April 2015 lalu. Dari segi tampang, tak terlihat perbedaan signifikan antara LG G4 dan LG G3 meskipun bentuk LG G4 cenderung lebih kotak karena keempat sudut bodinya tidak sebulat milik LG G3. Pabrikan asal Korea ini memberikan beberapa peningkatan spesifikasi pada LG G4 agar mampu lebih bersaing dengan produk Korea lain seperti Oppo R7 dan Samsung Galaxy S6. LG G4 mendapatkan chipset lebih baik dibanding chipset milik LG G3 yang masih menggunakan Snapdragon 801. Selain itu, LG juga meningkatkan resolusi kamera depan dan belakang sehingga kualitas hasil jepretan tentu lebih baik dari LG G3. Sama seperti LG G3 yang memiliki versi mini, LG juga memproduksi varian dari LG G4 dengan nama LG G4c. Selain memiliki bodi lebih kecil, LG G4c dibekali dengan spesifikasi yang berada di bawah versi original.

harga LG G4

DESAIN LG G4 DAN LG G4c

LG G4 memiliki dimensi bodi sedikit lebih besar dibanding LG G3 yakni 148.9 x 76.1 x 9.8 mm sedangkan LG G4c berdimensi 139.7 x 69.8 x 10.2 mm. Dari segi bobot, LG G4 yang terlihat cukup bulky memiliki bobot 6 gram lebih berat dari LG G3 yang berbobot 149 gram sedangkan si Mini LG G4c hanya berbobot 136 gram. Meskipun masuk dalam kategori smartphone premium, LG G4 tidak menggunakan material full metal melainkan plastik dengan finishing metal untuk covernya. Memang cukup mirip dengan material metal namun jika dibandingkan dengan cover metal milik HTC One M9 akan nampak sekali perbedaannya. Meskipun terlihat cukup mengkilat, back cover LG G4 terasa sangat kokoh ketika digenggam karena LG mendesain back cover tersebut dengan tekstur agak kasar.

hardware LG G4

Perangkat ini tidak menggunakan konsep unibody sehingga jika back cover masih terasa terlalu licin pengguna dapat mengganti back cover tersebut dengan back cover berbahan leather yang sudah disediakan oleh LG. Versi mini LG G4 yakni LG G4c menduplikasi desain milik kakaknya tersebut namun LG G4c tidak menyertakan back cover leather seperti milik LG G4. Dengan finishing metal yang diterapkan si vendor, LG G4 maupun LG G4c mampu memberikan kesan elegan nan premium bagi siapa saja yang memandangnya.

harga LG G4 leather cover

LG G4 dilengkapi dengan kamera depan, sensor cahaya, sensor jarak, dan earpiece di atas layar sementara di bawah layar hanya terdapat logo LG. Si vendor memilih untuk tetap mempertahankan konsep desain tanpa menggunakan tombol pada panel sehingga mereka menempatkan tombol Back, Home, dan Recent App di dalam layar. Di cover belakang, LG menempatkan kamera utama di bagian tengah yang diapit oleh dual-LED Flash dan laser autofocus. Di bawah kamera terdapat tombol pengatur volume dan tombol power/lock yang tergabung dalam satu frame sementara loudspeaker berada di ujung kiri bawah menemani logo G4.

LG G4 design

Di sisi atas bodi pengguna dapat menemukan lubang mikrofon sekunder dan port infrared sementara port microUSB, mikrofon utama, dan jack audio 3.5 mm ditempatkan di sisi bawah bodi. Ditempatkannya tombol pengatur volume dan tombol power/lock di back cover membuat sisi kanan dan kiri bodi terlihat polos. Untuk menemukan slot microSIM dan slot microSD pengguna harus mencopot baterai terlebih dahulu karena kedua slot itu di tempatkan di balik baterai. LG G4c memiliki penempatan kontrol dan port yang sama seperti LG G4 namun sedikit berbeda di back cover karena LG G4c tidak memiliki Laser Autofocus dan hanya memili LED Flash. Logo G4 di bagian bawah bach cover pun diganti dengan logo LG serta bentuk loudspeaker yang berbeda dengan milik LG G4.

LAYAR LG G4 DAN LG G4c

LG G4 hadir dengan layar seluas 5.5 inchi sedangkan LG G4c memiliki layar berukuran 0.5 inchi lebih kecil. LG G4 masih mempertahankan resolusi QHD 1444 x 2560 pixels yang sebelumnya sudah diterapkan pada LG G3. Dengan resolusi tersebut, layar LG G4 mendapat kerapatan pixel sebesar 538 ppi. Si Mini yang memiliki layar 5.0 inchi memang tidak mendapatkan resolusi sebaik LG G4 namun masih dapat memberikan tampilan memukau berkat resolusi HD 720 x 1280 pixels dan kerapatan pixel 294 ppi.

LG memilih untuk menggunakan tipe layar IPS LCD capacitive touchscreen untuk kedua perangkat terbarunya ini. Layar tersebut sudah dibekali dengan kemampuan rendering warna hingga 16 juta varian warna serta sudah didukung oleh fitur multitouch agar pengguna dapat menavigasi layar menggunakan beberapa jari secara bersamaan. Demi melindungi layar dari goresan, LG telah melapisi layar tersebut dengan lapisan Corning Gorilla Glass 3.

harga LG G4: display

Meskipun memiliki resolusi layar yang sama dengan LG G3, si vendor mengungkapkan jika layar QHD milik LG G4 memiliki kualitas lebih baik. Hal tersebut dibuktikan dengan nilai rasio kontras yang jatuh diangka 1238 sedangkan LG G3 hanya mendapatkan skor 789. Rasio kontras yang dimiliki LG G4 hanya terpaut sedikit dari rasio kontras milik Apple iPhone 6 Plus yang memiliki skor 1361 dalam keadaan 100% brightness. Layar IPS yang digunakan pun menghasilkan tingkat ketajaman warna hitam dan putih yang sama baiknya. Selain itu, layar LG G4 juga memiliki kualitas sangat baik dalam melakukan rendering warna yang terlihat begitu natural dan cerah.

Pengguna akan merasa semakin nyaman menggunakan LG G4 karena tingkat reflektifitas layar terhadap sinar matahari sangat rendah. LG G4c yang hanya membawa resolusi HD tentunya memiliki kualitas tampilan sedikit di bawah LG G4. Meskipun demikian, tampilan layar LG G4c masih memiliki kontras yang cukup tajam dan warna yang natural nan cerah. Sayangnya, layar LG G4c memiliki tingkat reflektifitas yang cukup tinggi sehingga pengguna akan cukup kesulitan ketika menggunakan perangkat ini di bawah sinar matahari langsung.

HARDWARE DAN SOFTWARE LG G4 DAN LG G4c

Untuk mendongkrak performa LG G4, si vendor telah menanamkan chipset Qualcomm MSM8992 Snapdragon 808 ke dalam dapur pacu phablet ini. Meskipun bukan versi tertinggi dari Qualcomm, namun setidaknya LG mengupgrade chipset Snapdragon 801 yang sebelumnya digunakan LG G3. Prosessor Quad-Core pada LG G3 sudah ditinggalkan dan kini LG G4 menggunakan prosessor Octa Core dengan perincian Quad-Core 1.82 GHz Cortex-A57 & Quad-Core 1.44 GHz Cortex-A53. Di sektor RAM, LG G4 mempertahankan RAM 3 GB seperti yang dimiliki LG G3. Graphics Processing Unit juga mendapatkan perubahan dimana GPU Adreno 330 yang sebelumnya digunakan LG G3 sudah dimutakhirkan menjadi Adreno 418 untuk LG G4.

Phablet ini memiliki kapasitas internal memory yang cukup besar yakni 32 GB. LG G4c yang masuk dalam kategori smartphone midrange dibekali dengan chipset Qualcomm MSM8916 Snapdragon 410 berprosessor Quad-Core 1.2 GHz Cortex-A53. LG G4c dipersenjatai dengan RAM sebesar 1 GB, GPU Adreno 306, dan memori internal 8 GB. Kedua perangkat ini dilengkapi dengan slot microSD yang dapat membaca hingga kapasitas 128 GB.

Peningkatan spesifikasi dapur pacu pada LG G4 berdampak positif pada performa yang dimiliki phablet ini. LG G4 terasa sangat responsif dan smooth ketika dioperasikan baik dalam single-tasking maupun multi-tasking. Yap, meskipun tidak menggunakan chipset semutakhir yang dimiliki HTC One M9, LG G4 mampu menyaingi performa yang dimiliki perangkat asal Taiwan tersebut. Dalam pengujian Basemark OS 2.0 (Single-Core), LG G4 mendapatkan skor 5871 sementara HTC One M9 hanya 4688.

LG G4 benchmark

Raihan skor LG G4 pada pengujian tersebut hanya berselisih secuil dari Samsung Galaxy S6 yang memperoleh angka 6306. Pengujian Basemark OS 2.0 (Multi-Core) memunculkan HTC One M9 dengan perolehan angka 18047 sedangkan LG G4 sedikit berada di bawahnya dengan skor 17739. Sedangkan bagi LG G4c, chipset Snapdragon 410 yang dibenamkan LG untuk perangkat ini memang chipset standar untuk kategori smartphone mid-range. Kapasitas RAM yang hanya 1 GB tentunya menjadi kelemahan tersendiri bagi LG G4c dalam menopang kinerja multi-tasking. Meskipun demikian, jika untuk pemakaian standar perangkat ini masih cukup mumpuni terlebih dengan harganya yang terjangkau.

LG G4 telah mengadopsi sistem operasi Android versi terbaru OS v5.1 Lolipop sementara LG G4c masih menggunakan OS Android v5.0 Lolipop. Sistem operasi tersebut akan dipadukan dengan LG Optimus UX 4.0 UI yang membawa beberapa fitur anyar. Salah satunya adalah fitur Double Tap to Wake Up sebagai cara alternatif untuk menghidupkan layar dari kondisi standby.

Pengguna hanya perlu mengetuk layar sebanyak dua kali untuk menghidupkan layar tanpa perlu menyentuh tombol power/lock di cover belakang. Selain itu terdapat fitur bernama Knock Code yang sebenarnya memiliki fungsi hampir mirip dengan Double Tap to Wake Up. Perbedaannya hanya terletak pada jumlah ketukan layar yang dapat diatur sesuai keinginan oleh pengguna. LG juga menambahkan fitur Qslide yang dapat diakses melalui notification area. Qslide dapat digunakan sebagai alternatif untuk menjalankan multi-tasking. Icon Qslide dapat ditemukan di dalam UI aplikasi yang sedang dijalankan.

LG G4 dan LG G4c dilengkapi dengan aplikasi Galeri yang sudah dilengkapi dengan fitur baru bernama Memories. Secara umum, fitur tersebut akan bekerja mengelompokkan koleksi foto dan video berdasarkan waktu dan tempat diambilnya foto dan video tersebut. Selain itu, tersedia fitur Timeline yang mengingatkan kita pada Galeri di iOS. Dengan fitur tersebut pengguna dapat mengeksplore foto berdasarkan tahun, bulan, atau hari. Pengguna dapat melakukan pinch to zoom untuk merubah ukuran thumbnail foto tersebut. Galeri ini juga memfasilitasi penggunanya untuk dapat mengunci beberapa koleksi foto maupun video dengan password agar tidak diakses oleh orang lain. Dengan fitur DLNA yang dimiliki, pengguna dapat melihat foto dari perangkat lain yang terhubung dalam jaringan yang sama. Galeri ini juga sudah terintegrasi dengan beberapa cloud services seperti Drive, Dropbox, OneDrive, dan Box. Bagi pengguna yang gemar mengedit koleksi fotonya, LG menyediakan aplikasi Google’s Photos yang memiliki beberapa fitur dan tools editing menarik.

user interface LG G4

Untuk memutar video, pengguna dapat menuju aplikasi Galeri dimana disana terdapat sebuah tab untuk menuju aplikasi pemutar video. LG G4 dapat memutar lebih banyak format video seperti MP4, DviX, XviD, H.264 Player, dan WMV Player sementara LG G4c hanya mampu memutar DivX, MP4, dan H.264 Player. Pemutar video ini sudah dilengkapi dengan fitur Pop Up sehingga pengguna dapat menonton video sembari menjalankan aplikasi lain. Ukuran window Pop Up tersebut dapat diubah dan dipindah posisinya sesuai kebutuhan. Fitur DLNA juga disematkan pada aplikasi pemutar video ini sehingga pengguna dapat berbagi konten video dengan lebih mudah ke perangkat lain yang kompatible. Selain dukungan format yang cukup banyak, aplikasi ini juga dapat menampilkan subtitle dalam berbagai format. Pengguna dapat mengatur jenis font, warna font, dan ukuran font subtitle tersebut sesuai kebutuhan.

Pemutar musik yang dimiliki LG G4 dan LG G4c dapat memutar lagu dari perangkat lain menggunakan fitur DLNA. Format audio yang didukung LG G4 antara lain MP3, WAV, FLAC, eAAC+, dan WMA Player sedangkan LG G4c dapat memutar format audio seperti MP3, WAV, FLAC, dan eAAC+ Player. Aplikasi ini juga sudah terintegrasi dengan penyimpanan Cloud sehingga pengguna yang menyimpan koleksi lagunya di Cloud bisa dimainkan melalui aplikasi ini. Pengguna dapat menampilkan lirik lagu yang sedang diputar serta tersedia opsi untuk mencari video music di YouTube. Tersedia Equalizer untuk memaksimalkan keluaran suara dengan 7 pilihan band equalizer. LG juga menyertakan aplikasi radio pada perangkat anyarnya ini sehingga dapat dijadikan sebagai alternatif hiburan bagi pengguna.

Dengan adanya port infrared, pengguna LG G4 dapat menggunakan phablet ini sebagai remote televisi melalui aplikasi QRemote yang telah disertakan LG. Selain Qremote, terdapat pula aplikasi bernama LG Health yang fungsinya mirip dengan aplikasi S-Health milik Samsung. Selain dua aplikasi tersebut masih banyak aplikasi pre-installed di dalam LG G4 dan LG G4c seperti Google Drive, Google Now, Google Maps, Clock (Alarm, World Clock, Timer, Stopwatch), Kalender, Kalkulator, dan sebagainya. Seluruh aktivitas LG G4 akan ditenagai oleh baterai Li-Ion berdaya 3000 mAh sedangkan LG G4c dilengkapi baterai berkapasitas 2540 mAh. Baterai milik kedua perangkat tersebut bersifat removable sehingga dapat dicopot dan diganti dengan baterai cadangan jika pengguna tidak sempat mengisi daya.

KONEKTIVITAS LG G4 DAN LG G4c

Meskipun berbeda kasta, LG memberikan fitur konektivitas yang sebanding antara LG G4 dan LG G4c. Kedua perangkat ini sudah mendukung jaringan 4G LTE dengan beragam band di dalamnya meskipun tetap tak menghilangkan dukungan terhadap jaringan 2G dan 3G. Di dalam jaringan 4G LTE Cat6, kedua perangkat ini dapat berakselerasi dengan kecepatan maksimum 300/50 Mbps sementara dalam jaringan 3G HSPA 42.2/5.76 Mbps. LG G4 dilengkapi dengan Wi-Fi 802.11 a/g/n/ac (dual-band, Wi-Fi Direct, DLNA, Hotspot), Bluetooth v4.1 (A2DP, LE, apt-X), NFC, Infrared, dan MicroUSB v2.0 (SlimPort 4K) with USB Host. Meskipun LG G4c tak memiliki infrared, fitur konektivitas smartphone ini tak kalah komplitnya dari sang Kakak yakni dilengkapi Wi-Fi 802.11 a/b/g/n (dual-band, Wi-Fi Direct, DLNA, Hotspot), Bluetooth v4.1 (A2DP, LE, apt-X), NFC, dan microUSB v2.0. LG menanamkan GPS dengan dukungan dari A-GPS dan GLONASS ke dalam LG G4 dan LG G4c.

LG G4 dan LG G4c hadir dengan web browser bawaan Google bernama Google Chrome. Yap, browser ini menjadi andalan bagi beberapa vendor untuk disediakan secara pre-installed di dalam perangkat produksinya mengingat fitur dan kemampuannya yang sangat baik. Chrome dapat membuka multitab dengan jumlah cukup banyak tanpa mengalami lag. Selain itu, Chrome juga dibekali kemampuan untuk melakukan rendering halaman website versi desktop dengan sangat responsif. Fitur yang dibawa Chrome masih standar seperti Find on Page, Bookmark, Save Page, Share, Cookies, dan sebagainya. Dengan menggunakan Chrome ditambah koneksi yang super cepat membuat pengguna akan semakin nyaman ketika berselancar di dunia maya.

KAMERA LG G4 DAN LG G4c

LG G4 dipersenjatai dengan kamera utama dengan sensor 1/2.6” beresolusi 16 MP 5312 x 2988 pixels disertai Laser Autofocus, Optical Image Stabilization, dan LED Flash. Fitur yang dibawa oleh kamera ini cukup komplit seperti Simultaneous Video and Image Recording, Geo-Tagging, Face Detection, dan HDR. Fitur untuk merekam video pun tak kalah komplit karena sudah dilengkapi dengan Optical Stabilization, HDR, dan Stereo Sound Rec. Kamera utama LG G4 dapat merekam video dengan kualitas [email protected], [email protected] Di sektor kamera depan, LG memasang front camera beresolusi 8 MP sebagai media untuk berselfie ria. Kamera depan tersebut juga dapat digunakan untuk merekam video dengan kualitas [email protected]

harga LG G4: camera

Secara keseluruhan, LG berhasil melakukan upgrade besar dari LG G3 yang sebelumnya hanya dilengkapi dengan kamera utama 13 MP dan kamera depan 2.1 MP. Sedangkan si Adik LG G4c dilengkapi dengan kamera utama beresolusi 8 MP 3264 x 2448 pixels. Kamera utama LG G4c dilengkapi dengan autofocus dan LED Flash serta didukung oleh beberapa fitur seperti Geo-Tagging, Touch Focus, dan Face Detection. Kamera depan LG G4c juga tergolong cukup mumpuni karena sudah beresolusi 5 MP yang juga dapat digunakan untuk merekam video dan video call.

Dari spesifikasi tersebut, LG G4 menawarkan sebuah hasil jepretan foto yang cukup menggiurkan. Kualitas gambar yang dihasilkan memiliki kontras yang begitu tajam disertai pewarnaan yang sangat cerah dan natural, terlebih ketika pengambilan gambar dilakukan di luar ruangan. Beberapa mode di dalam aplikasi kamera seperti Selfies, HDR, Panorama, hingga Low Light dapat digunakan untuk mempercantik hasil jepretan. Mode Low Light dapat dijadikan alternatif bagi pengguna untuk memotret di tempat minim cahaya karena LED Flash yang dimiliki LG G4 terkadang justru membuat gambar memiliki warna yang terlihat cukup jenuh. LG G4c yang hadir dengan spesifikasi kamera lebih rendah tentunya kurang mampu menghadirkan kualitas jepretan sebanding dengan LG G4. Meskipun demikian, hasil kamera LG G4c masih cukup layak untuk berada di kelas teratas resolusi 8 MP kamera smartphone.

HARGA LG G4 DAN LG G4c

Dua produk kembar tapi tak sama ini nampaknya akan mampu menyedot banyak perhatian dari banyak kalangan mengingat desainnya yang sangat futuristik. Balutan cover dengan finishing metal mampu memberikan kesan premium dan elegan sehingga akan sangat cocok bagi para pebisnis. Tak hanya mewah dari segi tampang, LG G4 sebagai penerus LG G3 juga membawa spesifikasi yang mewah pula. Dengan layar seluas 5.5 inchi, LG memberikan resolusi QHD yang sebelumnya diterapkan pada LG G3.

LG G4 vs G3

Dengan demikian, layar IPS tersebut mampu menghadirkan kualitas tampilan yang begitu memukau dengan kontras dan pewarnaan yang sangat baik. Versi mini dari LG G4 yakni LG G4c membawa layar berukuran 5.0 inchi dengan resolusi HD. Meskipun bukan yang terbaik, resolusi 720 x 1280 pixels milik LG G4c masih terbilang cukup baik dalam memberikan kualitas tampilan yang baik meskipun tingkat reflektifitas layar smartphone ini masih tergolong tinggi.

Di sektor dapur pacu, LG G4 dilengkapi dengan chipset Qualcomm Snapdragon 808, prosessor Octa Core (Quad- Core 1.82 GHz Cortex-A57 & Quad-Core 1.44 GHz Cortex-A53), RAM 3 GB dan GPU Adreno 418. Perpaduan dari beberapa komponen tersebut mampu memberikan performa responsif dan terasa begitu smooth disertai grafis yang begitu optimal ketika dioperasikan. Sedangkan LG G4c yang dipersenjatai dengan chipset Qualcomm Snapdragon 410, prosessor Quad-Core 1.3 GHz Cortex-A52, RAM 1 GB, dan GPU Adreno 306 memiliki performa yang kurang baik terutama dalam menopang kinerja multi-tasking. LG G4c masih terasa cukup tersendat ketika menjalankan beberapa aplikasi berat secara bersamaan. Kedua perangkat ini berjalan dengan menggunakan sistem operasi Android Lolipop meskipun berbeda versi. Kapasitas baterai yang dimiliki LG G4 dan LG G4c pun sudah terbilang mumpuni untuk menopang kinerja dua perangkat ini seharian.

Fitur konektivitas yang melimpah terasa semakin komplit dengan spesifikasi kamera kelas kakap yang dibawa LG G4. Kamera utama 16 MP dan kamera depan 8 MP yang dimilikinya menjadi salah satu daya tarik tersendiri karena mampu menghasilkan jepretan yang begitu berkualitas. Dengan harga yang lebih murah, sangat beralasan jika LG hanya menyematkan kamera utama 8 MP dan kamera depan 5 MP pada LG G4c. Meskipun demikian, kualitas gambar dan video yang dihasilkan dari kamera LG G4c masih terbilang mumpuni. Harga LG G4 akan berada dikisaran Rp. 8.500.000,- (versi back cover leather) dan Rp. 8.100.000,- (versi back cover plastik) sedangkan LG G4c akan dipasarkan dengan harga sekitar Rp. 3.700.000,-. LG G4 disediakan dalam beragam varian warna seperti Grey, White, Gold, Leather Black, Leather Brown, dan Leather Red sedangkan LG G4c memiliki varian warna seperti Metallic Gray, Ceramic White, dan Shinny Gold.

Last edited 31 August 2015