Harga HP - Harga Microsoft Lumia 532. Selain meluncurkan Microsoft Lumia 425, perusahaan asal Amerika Serikat ini memperkenalkan pula Microsoft Lumia 532. Perangkat ini disediakan dalam dua versi yakni Lumia 532 (Single-SIM) dan Lumia 532 (Dual-SIM). Keduanya dibekali dengan spesifikasi sama persis untuk bersaing dengan smartphone entry-level lain seperti Asus Zenfone 4, Samsung Galaxy J1, maupun Xiaomi Redmi 1S. Mengusung tema sebagai Windows Phone, Lumia 425 hadir dengan spesifikasi mumpuni namun dengan harga yang terbilang murah sehingga sangat cocok untuk pengguna yang menginginkan smartphone berkualitas namun dengan harga terjangkau.

harga microsoft lumia 532

DESAIN MICROSOFT LUMIA 532 DUAL SIM

Ukuran bodi Lumia 532 terbilang cukup mungil karena hanya memiliki dimensi 118.9 x 65.5 x 11.6 mm. Meski diproduksi dengan cover berbahan plastik, perangkat ini terbilang cukup berat karena bobotnya mencapai 136.3 gram. Namun, dengan ukuran yang mini dan bobot yang dimiliki membuat genggaman tangan pengguna semakin kokoh dan mantap. Material plastik glossy pada bagian cover belakang membuat perangkat ini terlihat mengkilat meski nampaknya cukup mudah tergores. Microsoft memproduksi perangkat ini dalam beberapa pilihan warna cover yakni Black, White, Orange, dan Green.

Microsoft menempatkan tiga buah tombol kapasitif di bagian bawah layar yakni Back, Home, dan Search sementara di atas layar terdapat logo microsoft, sensor jarak, dan kamera depan. Di permukaan cover bekalang terpampang lensa kamera utama, logo Microsoft, dan loudspeaker. Tombol power/lock dan tombol pengatur volume ditempel di sisi kanan bodi sedangkan di sisi kiri bodi terlihat polos tanpa kontrol dan port apapun. Di sisi bawah bodi terdapat port microUSB dan mikrofon utama sementara jack audio 3.5 mm berada di sisi atas bodi. Microsoft tidak menerapkan desain unibody pada Lumia 532 sehingga cover belakang dapat dilepas dengan leluasa. Slot SIM Card dan slot microSD ditempatkan di balik cover belakang menemani bongkahan baterai.

LAYAR MICROSOFT LUMIA 532 DUAL SIM

Layar LCD Capacitive Touchscreen milik Lumia 532 berukuran 4.0 inchi dengan resolusi WVGA 480 x 800 pixels. Meski tidak membawa tipe populer seperti IPS, AMOLED, ataupun TFT layar ini memiliki kerapatan pixel sebanding dengan Asus Zenfone 4 yakni 233 ppi. Fitur multitouch yang dimiliki layar ini membuat layar tetap merespon meskipun pengguna mengoperasikannya menggunakan beberapa jari secara bersamaan. Layar Lumia 532 dibekali kemampuan untuk memproduksi warna hingga 16 juta varian warna. Belum ada protektor layar pada layar milik Microsoft Lumia 532 sehingga masih sangat rentan tergores.

Dengan spesifikasi layar yang ala kadarnya, kualitas tampilan layar ini juga tidak sebaik layar smartphone entry-level lain seperti Asus Zenfone 4. Meskipun memiliki kontras masih cukup tajam, layar ini terlihat cukup jenuh dalam melakukan rendering warna. Selain itu, tingkat reflektifitas layar yang tinggi membuat layar kehilangan kontras ketika digunakan di bawah sinar matahari langsung. Namun demikian layar ini masih cukup baik dalam memproduksi warna hitam dan putih yang terlihat cukup pekat.

HARDWARE DAN SOFTWARE MICROSOFT LUMIA 532 DUAL SIM

Demi menopang kinerja Lumia 532, Microsoft menyematkan chipset Qualcomm MSM8212 Snapdragon 200. Meski bukan chipset mutakhir, prosesor Quad-Core 1.2 GHz Cortex-A7 menjadikan performa Lumia 532 tidaklah mengecewakan. Dukungan RAM berkapasitas 1 GB dan GPU Adreno 302 menjadikan kualitas grafis dan kinerja multi-tasking cukup optimal. Lumia 532 menyediakan memori internal dengan kapasitas 8 GB. Dari total 8 GB tersebut akan termakan separuh untuk beberapa aplikasi pre-installed di dalam perangkat ini sehingga pengguna hanya dapat menikmati sekitar 4 GB. Beruntung si vendor melengkapi Lumia 532 dengan slot microSD yang dapat dimanfaatkan untuk menambah daya penyimpanan menggunakan memori eksternal.

Dari spesifikasi dapur pacu yang dimiliki, performa yang dihasilkan Lumia 532 terbilang cukup responsif dan smooth untuk kelas smartphone entry-level. Kegiatan multi-tasking pun dapat ditopang dengan baik meskipun ketika jumlah aplikasi berjalan yang terlalu banyak membuat performa terasa cukup tersendat. Untuk menopang seluruh aktivitas perangkat ini, Microsoft telah membenamkan baterai Li-Ion berdaya 1560 mAh yang mampu bertahan hingga 12 jam talk time dalam jaringan 3G. Meskipun terbilang minim, pengguna diuntungkan dengan sifat baterai removable (dapat dilepas) sehingga pengguna dapat leluasa melepas baterai ini untuk diganti dengan baterai cadangan jika tidak sempat mengisi daya.

Sebagai Windows Phone sudah sewajarnya sistem operasi yang berjalan di dalam Lumia 532 adalah Microsoft Windows. Meskipun tidak sepopuler OS Android dan iOS, Microsoft Windows terus menunjukan eksistensinya di dunia smartphone. Lumia 532 mendapatkan versi teranyar dari Microsoft yakni Microsoft Windows Phone v8.1 disertai Glance UI. Pada halaman Lokcscreen terlihat berbeda dengan perangkat Android dimana tidak terdapat icon shortcut aplikasi disana melainkan hanya terdapat informasi waktu dan tanggal. Halaman Homescreen terlihat sangat identik dengan Windows Phone lain. Ketika menggeser Live Tiles ke kiri pengguna akan disajikan daftar panjang kumpulan aplikasi yang telah diinstall di dalam perangkat ini. Microsoft telah menyediakan tombol Search di bawah layar demi mempermudah proses pencarian aplikasi. Untuk memunculkan Notification Center, masih sama seperti iOS dan Android yakni dengan cara menggeser layar dari ujung paling atas ke bawah. Disana pengguna dapat menemukan notifikasi dari aplikasi miliknya serta icon shortcut untuk beberapa pengaturan seperti Bluetooth, Wi-Fi, Camera, dan Kontras.

Microsoft memberikan aplikasi galeri bernama Photos. Aplikasi ini akan menjadi tempat paling sering dikunjungi untuk pengguna yang gemar jepret-menjepret sehingga si vendor mendesain antarmuka aplikasi ini dengan menarik namun tetap simple. Koleksi foto secara default akan ditampilkan berdasarkan All, namun pengguna dapat merubah susunan tersebut berdasarkan album dan favorit. Photos sudah secara otomatis terintegrasi dengan beberapa media online seperti Facebook, OneNote, Line, BBM, dan sebagainya sehingga pengguna dapat dengan mudah berbagi konten. Pengguna dapat mengedit koleksi fotonya langsung dari aplikasi ini sehingga tidak memerlukan aplikasi editor foto pihak ketiga.

Untuk memutar musik, telah disediakan sebuah aplikasi pemutar musik terintegrasi yang akan menyajikan koleksi lagu berdasarkan all, artists, albums, songs, genres, dan playlists. Tersedia beberapa pengaturan di dalam aplikasi ini seperti Xbox Music Account Settings, Terms of Service, dan Xbox Privacy Statement. Si vendor telah menyediakan beberapa preset equalizer dan satu custom yang dapat dimanfaatkan untuk mengoptimalkan keluaran suara ketika mendengarkan musik. Format audio yang dapat diputar menggunakan aplikasi ini antara lain MP3, WAV, dan eAAC+ Player. Lumia 532 dilengkapi dengan Radio FM with RDS sebagai alternatif hiburan untuk pengguna. Untuk menikmati aplikasi ini headset masih harus dicolokkan karena akan berfungsi sebagai antena.

Di dalam Lumia 532 si vendor juga telah menyematkan aplikasi bernama Videos sebagai sarana untuk menonton video. Format video yang dapat diputar antara lain MP4 dan H.264 Player disertai kemampuan untuk menampilkan subtitle dengan beragam format. Subtitle dapat ditampilkan dengan syarat pengguna menyimpan file subtitle dengan nama yang sama dengan nama file video karena subtitle tidak dapat ditampilkan jika pengguna menginputnya secara manual. Aplikasi Videos ini dilengkapi dengan beberapa pengaturan seperti aspek ratio, kecerahan, pengatur volume, dan pengaturan subtitle.

Lumia 532 diproduksi dengan beberapa aplikasi pre-installed di dalamnya seperti Kalender, Kalkulator, Clock (World Clock, Timer, Stopwatch, Alarm), Weather, dan sebagainya. Terdapat aplikasi bernama Office yang dapat digunakan pengguna untuk membuat, melihat, dan mengedit file dokumen seperti Word, Excel, dan Power Point. Aplikasi Mapping yang dimiliki bukanlah Google Maps seperti yang sering dijumpai pada smartphone Android. Microsoft lebih memilih untuk menggunakan jasa HERE Maps untuk memudahkan pengguna dalam berkendara. HERE Maps sudah dilengkapi dengan fitur navigasi suara sehingga tidak ketinggalan dengan Google Maps. Fitur tersebut sangat membantu pengguna ketika menggunakan aplikasi ini dalam kondisi berkendara.

KONEKTIVITAS MICROSOFT LUMIA 532 DUAL SIM

Microsoft Lumia 532 belum dipersenjatai dukungan 4G LTE sehingga masih akan bergantung pada jaringan 2G dan 3G untuk mendapatkan koneksi. Selain menggunakan data seluler, pengguna juga dapat mendapatkan koneksi internet dengan memanfaatkan jaringan hotspot karena perangkat ini telah dilengkapi Wi-Fi 802.11 b/g/n. Pengguna juga dapat berbagi koneksi internet untuk perangkat lain dengan mengaktifkan hotspot portable pada menu pengaturan. Kecepatan koneksi Lumia 532 pada jaringan 3G HSPA terbilang cukup cepat yakni 42.2 Mbps Downlink dan 5.76 Mbps Uplink. Microsoft juga melengkapi perangkat ini dengan Bluetooth v4.0 (A2DP), microUSB v2.0, dan GPS dengan chipset A-GPS dan GLONASS.

Sama seperti perangkat Windows Phone lain, browser yang terdapat di dalam Lumia 532 adalah Internet Explorer. Fitur-fitur yang dibawa browser ini pun masih sama seperti browser pada umumnya yakni Favorite, Find on Page, Incognito, Bookmark, History, dan sebagainya. Dalam menampilkan halaman website versi desktop, Internet Explorer memiliki kemampuan sama baiknya dengan Google Chrome karena terasa begitu smooth dan cepat. Tetapi performa browser ini terasa tersendat ketika digunakan untuk membuka multitab dengan jumlah yang cukup banyak.

KAMERA MICROSOFT LUMIA 532 DUAL SIM

Dengan harganya yang murah, sangat wajar jika perangkat ini hanya dibekali kamera utama 5 MP tanpa dilengkapi autofokus dan LED Flash. Selain itu, fitur yang disematkan pun hanya Geo-Tagging tanpa adanya Panorama dan Face Detection seperti pada kamera 5 MP milik Zenfone 4. Kamera ini dapat menjepret foto dengan resolusi maksimal 2592 x 1944 pixels dan merekam video dengan resolusi [email protected] Selain kamera utama, pengguna juga dapat melakukan selfie dengan menggunakan kamera depan milik Lumia 532. Meskipun masih beresolusi VGA, kamera ini dilengkapi kemampuan untuk merekam video 480p.

Terdapat dua aplikasi kamera di dalam perangkat ini, yakni Lumia Camera (kamera belakang) dan Lumia Selfie (kamera depan). Jika pengguna cukup ahli dalam melakukan settingan kamera tersedia beberapa pengaturan pro seperti White Balance, Shutter Speed, ISO, dan Diafragma. Dengan pengaturan tersebut pengguna dapat sedikit meningkatkan kualitas hasil jepretan mengingat spesifikasi kamera ini terbilang pas-pasan. Ketika digunakan secara default, hasil jepretan kamera memberikan gambar dengan detail yang cukup tajam meskipun warna terlihat agak jenuh terutama ketika digunakan di dalam ruangan. Hal tersebut senada dengan hasil rekaman video menggunakan kamera ini dimana warna yang dihasilkan terlihat sangat jenuh. Ketiadaan autofocus dan Touch Focus benar-benar membuat pengguna akan cukup kesulitan menghasilkan gambar dengan focus tertentu. Namun, untuk kelas smartphone entry-level perangkat ini terbilang memiliki kamera yang cukup mumpuni.

HARGA MICROSOFT LUMIA 532 DUAL SIM

Mengusung tema sebagai Windows Phone, Lumia 532 muncul ke permukaan dengan dimensi bodi yang mungil. Meski terasa sedikit terlalu berat, perangkat ini dapat dikatakan memiliki tingkat ergonomi yang cukup tinggi karena sangat nyaman ketika digenggam. Desainnya terbilang sangat minimalis dengan cover berbahan plastik namun disediakan dalam pilihan warna yang beragam. Layar Capacitive Touchscreen yang dimiliki Lumia 532 memiliki resolusi WVGA 480 x 800 pixels dengan kerapatan 233 ppi. Kualitas tampilan layar tersebut dinilai kurang memuaskan karena memiliki pewarnaan yang jenuh dan tingkat reflektifitas yang cukup tinggi. Kelebihan perangkat ini terletak pada sektor dapur pacu karena Microsoft menanamkan chipset Qualcomm Snapdragon 200 dengan prosesor Quad-Core Cortex-A7 berkecepatan 1.2 GHz. Dengan adanya jeroan tersebut, performa perangkat ini terbilang sangat responsif meski masuk dalam kategori smartphone low-end.

Perangkat yang belum didukung jaringan 4G LTE ini, dipersenjatai dengan kamera utama 5 MP dan kamera depan VGA. Meski dirasa sangat minimal, namun hasil jepretan kamera dari kamera ini masih cukup bersaing dengan kamera milik smartphone pesaing-pesaingnya. Lumia 435 dimotori dengan baterai Li-Ion 1560 mAh yang terbilang sangat minimal untuk menopang kinerja perangkat ini seharian mengingat daya tahannya hanya 12 jam talktime pada jaringan 3G. Microsoft membanderol perangkat ini dengan harga di kisaran Rp. 1.100.000,- sampai Rp. 1.400.000,-.

Last edited 19 April 2015