Harga HP - Harga OnePlus One. OnePlus, yap mungkin masih terdengar asing bagi sebagian orang meskipun sebenarnya vendor smartphone ini sudah eksis di daratan Tiongkok. Bekerjasama dengan Cyanogen, OnePlus merilis phablet bernama OnePlus One pada bulan April 2014. OnePlus One digadang-gadang akan menyaingi beberapa smartphone papan atas seperti LG G3, Nexus 5, Oppo Find 7a dan Samsung Galaxy S5. Hal tersebut tidaklah berlebihan karena OnePlus One membawa spesifikasi kelas kakap hampir di seluruh sektor baik layar, hardware, software, kamera, dan konektivitas. Dengan membawa spesifikasi sangar, perangkat ini dibanderol dengan harga jauh lebih murah ketimbang beberapa pesaingnya yang menjadikan OnePlus One sebagai salah satu perangkat paling recommended di tahun 2014.

harga oneplus one

DESAIN ONEPLUS ONE

Dimensi bodi yang dimiliki OnePlus One adalah 152,9 x 75,9 x 8,9 mm dengan berat mencapai 162 gram. Material cover yang digunakan masih plastik sehingga tidak terlihat se-premium perangkat lain yang menggunakan cover metal. Namun demikian, si vendor menambahkan frame berlapis chrome melingkari bodi sehingga cukup memberikan kesan elegan nan minimalis. Selain bentuknya yang melengkung, cover belakang OnePlus One didesain dengan kontur kasar sehingga sangat nyaman untuk digenggam. Namun sayang sudut bodi didesain menyiku, tidak melengkung seperti sudut bodi milik iPhone 6 atau Samsung Galaxy S5 sehingga membuat telapak tangan terasa pegal ketika menggenggam OnePlus One dalam waktu yang cukup lama. OnePlus tidak menggunakan desain unibody untuk perangkat ini sehingga cover belakang OnePlus One dapat dilepas dengan leluasa.

OnePlus menempatkan tiga tombol kapasitif Back, Home, dan Menu di bawah layar namun tanpa backlight sehingga sulit dilihat ketika berada di tempat gelap. Bagian muka OnePlus One dihias pula oleh earpiece, kamera depan, sensor jarak, dan sensor cahaya yang berada di atas layar. Di cover belakang, pengguna dapat menemukan kamera utama dan LED Flash yang memiliki bingkai alumunium sehingga terlihat sangat berbeda dengan permukaan cover. Selain kamera dan LED Flash, cover belakang OnePlus One telah ditanami logo OnePlus dan simbol Cyanogen di bagian bawah cover. Phablet ini dilengkapi dengan mikrofon sekunder sebagai alat untuk meredam suara bising di sekitar pengguna ketika melakukan panggilan suara. Mikrofon sekunder tersebut diletakkan di sisi atas bodi bebarengan dengan jack audio 3.5 mm di sebelahnya. Di sisi bawah bodi terdapat port microUSB yang diapit oleh dua loudspeaker serta sebuah lubang kecil sebagai mikrofon utama untuk menangkap suara ketika pengguna melakukan panggilan. Tombol pengatur volume ditempatkan di sisi kiri bodi sementara tombol power lock/power berada di sisi kanan. Untuk menemukan slot SIM Card, pengguna harus melepas back cover terlebih dahulu karena slot tersebut menempel di rangka bodi tepatnya di sisi kiri bodi.

LAYAR ONEPLUS ONE

OnePlus One hadir dengan menggunakan layar produksi Jepang bernama LTPS LCD Capacitive Touchscreen. Layar tersebut berukuran 5.5 inchi dengan resolusi 1080 x 1920 sehingga kerapatan pixelnya pun terbilang tinggi yakni 401 ppi. Dukungan multitouch (up to 10 fingers) membuat layar masih tetap merespon meskipun pengguna menavigasi layar menggunakan 10 jari secara bersamaan. Layar OnePlus One juga telah dibekali kemampuan untuk mereproduksi warna sebanyak 16 juta varian warna. Lapisan Corning Gorilla Glass 3 dipilih sebagai protektor layar ini agar terhindar dari goresan ketika pemakaian. Meskipun resolusi Full HD yang dimiliki belum bisa menyaingi layar QHD dari LG G3, Oppo Find 7, dan LG Nexus 6, layar OnePlus One mampu menjejeri resolusi Full HD yang dimiliki Samsung Galaxy S5 meskipun membawa layar 0.5 inchi lebih kecil.

Dengan spesifikasi layar yang lebih dari cukup, pengguna akan disajikan tampilan menawan dari layar milik OnePlus One ini. Kerapatan pixel sebesar 401 ppi membawa dampak positif pada rasio kontras layar yang terlihat begitu tajam. Selain itu, rendering warna yang dilakukan warna ini pun terlihat begitu natural dan cerah. Dalam pengujian layar, rasio kontras yang dimiliki OnePlus One meraih skor 799 dalam kondisi 100% brightness. Skor tersebut justru melampaui skor milik LG G3 yang tertahan di angka 789 dan Sony Xperia Z dengan skor 705. Selain itu, dalam pengujian rasio kontras di bawah sinar matahari OnePlus One meraih skor sebesar 1961 yang mengungguli smartphone populer seperti Sony Xperia Z2 dan HTC Butterfly. Kekurangan layar milik phablet ini adalah ketika merendering warna hitam yang terlihat kurang pekat meskipun dalam memproduksi warna putih masih terbilang cukup.

HARDWARE DAN SOFTWARE ONEPLUS ONE

OnePlus membenamkan chipset anyar dari Qualcomm yakni Qualcomm MSM8974AC Snapdragon 801 dengan prosesor Quad-Core Krait 400 berkecepatan 2.5 GHz. Kapasitas RAM sebesar 3 GB disematkan si vendor ke dalam perangkat ini disertai pengolah grafis dari bertipe Adreno 330. OnePlus One diproduksi dalam dua varian memori internal yakni 16 GB dan 64 GB namun pengguna tidak dapat menambah kapasitas penyimpanan menggunakan memori eksternal karena perangkat ini tidak dilengkapi slot microSD. Spesifikasi dapur pacu yang dibawa phablet ini menyamai beberapa smartphone premium seperti LG G3, Samsung Galaxy S5, dan Oppo Find 7. Bahkan jika dibandingkan dengan Galaxy S5, OnePlus One sedikit lebih unggul karena memiliki RAM 1 GB lebih besar dari milik Galaxy S5.

Dapur pacu yang dibawa OnePlus One menghadirkan performa yang sangat responsif ketika dioperasikan. Perangkat ini begitu mumpuni untuk menopang seluruh kinerja baik single-tasking maupun multi-tasking. Hal tersebut dibuktikan dalam pengujian GeekBench 3 dimana OnePlus One memperoleh skor 2663 yang melampaui skor milik LG Nexus 5, HTC One M8, dan LG G3 (2 GB RAM). Dalam pengujian AnTuTu 4, phablet ini tampil lebih sangar dengan skor 37469 melampaui capaian skor milik Sony Xperia Z2, LG Nexus 5, Samsung Galaxy S5, Oppo Find 7a, dan LG G3 (2 GB dan 3 GB RAM). Dengan demikian, untuk pengguna yang gemar bermain game HD tidak perlu khawatir terjadi lag apalagi hang ketika memainkan game kesayangannya.

Sistem operasi yang berjalan di dalam OnePlus One adalah v4.4.2 KitKat dengan opsi upgrade ke v4.4.4 KitKat. Jika Samsung memiliki TouchWiz dan Oppo dengan ColorOS nya, OnePlus menggunakan UI buatan Cyanogen bernama CyanogenMod 11S. Dari segi tampilan tidak ada perubahan mencolok dengan CyanogenMod 11 meskipun versi 11S memiliki beberapa fitur tambahan. Tampilan halaman Lockscreen secara default akan menyajikan informasi mengenai waktu dan tanggal. Ketika layar digeser ke kiri akan memunculkan icon camera sebagai shortcut untuk menuju ke antarmuka aplikasi kamera sedangkan jika di geser ke bawah akan membuka kunci layar.

Ketika berada di dalam halaman Homescreen, pengguna akan menjumpai beberapa icon aplikasi di bagian dock yang secara default terdapat 5 buah icon yakni panggilan, pesan, app drawer, kamera, dan browser. Tampilan iconnya cukup nyentrik karena seluruh icon aplikasi bawaan memiliki bingkai kotak mengelilingi logo aplikasi. Pengguna dapat menambahkan beberapa shortcut aplikasi pada halaman Homescreen ini. Selain aplikasi, pengguna dapat memanfaatkan 5 halaman Homescreen yang disediakan dengan menambahkan widget dan folder. Seluruh aplikasi milik pengguna akan dimuat dalam App Drawer dengan urutan sesuai abjad. Pengguna dapat mengubah urutan tersebut berdasarkan intensitas penggunaan atau terbaru di download. Pengguna dapat mengganti tema, styles, icon, font, dan animasi pada menu Settings agar tampilan gadget lebih segar.

OnePlus One hadir dengan Galeri hasil custom dari CyanogenMod 11S sebagai media yang akan menyajikan seluruh koleksi foto dan video milik pengguna. Secara default, koleksi foto dan video tersebut akan dikelompokkan berdasarkan album. Swipe layar ke kanan pada Galeri ini akan menampilkan panel menu tersembunyi di sisi kiri. Melalui panel tersebut pengguna dapat merubah susunan foto dan video berdasarkan moment, waktu, atau lokasi pengambilan gambar. Galeri ini sudah dilengkapi fitur DLNA sehingga pengguna dapat dengan mudah berbagi konten dengan lebih mudah. Selain itu, si vendor juga sudah mengintegrasi Galeri milik OnePlus One dengan beberapa media online seperti Google+, Flickr, Facebook, dan Dropbox. Untuk mengedit foto, pengguna dapat langsung melakukannya melalui Galeri dengan memanfaatkan Google Photos Editing.

Dengan ukuran layarnya yang besar, perangkat ini tentunya sangat cocok digunakan untuk menonton video. Dengan adanya aplikasi pemutar video terdedikasi di dalam OnePlus One, pengguna dapat memutar seluruh format video menggunakan gadget ini. Format-format yang didukung antara lain MKV, DivX, XviD, MP4, AVI, dan WMV. Ketika pengguna mencolokkan headset, pengguna dapat mengatur keluaran suara yang dihasilkan dengan menambahkan efek audio seperti bass boost dan 3D effect. Sayangnya, aplikasi ini belum memiliki kemampuan untuk menampilkan subtitle.

OnePlus One tidak memiliki aplikasi pemutar musik sendiri sehingga untuk mendengarkan musik pengguna hanya dapat menggunakan aplikasi Google Play Music bawaan Google. Dengan menggunakan aplikasi ini, selain memutar koleksi musik di dalam memori internal pengguna juga dapat melakukan streaming musik atau mendownload musik dengan memanfaatkan jaringan Wi-Fi atau data seluler. Format audio yang dapat diputar antara lain MP3, WAV, WMA, eAAC+, dan FLAC Player. Tampilan antarmukanya sangat sederhana dimana ketika lagu diputar akan menampilkan album art. Untuk menampilkan playlist pengguna cukup menggeser layar ke arah kiri. Tersedia pilihan preset equalizer dan satu custom untuk memaksimalkan keluaran suara baik melalui headset maupun loudspeaker. Sayangnya, OnePlus tidak menyertakan aplikasi Radio ke dalam phablet ciptaannya ini.

Di dalam OnePlus One, pabrikan asal Tiongkok ini menyediakan beberapa aplikasi tambahan seperti Torch Light, Kalkulator, File Manager, Kalender, Clock (World Clock, Alarm, Stopwatch, Timer), dan sebagainya. Google Now juga telah disematkan ke dalam perangkat ini yang dapat dijadikan sebagai asisten pribadi pengguna OnePlus One. Google Now dapat dimunculkan dengan cara menekan tombol Home dalam beberapa detik. Aplikasi ini secara otomatis akan terintegrasi dengan akun Google milik pengguna yang dapat memberikan informasi mengenai rutinitas harian pengguna, pencarian di internet, email, hingga ramalan cuaca. Selain Google Now, produk Google lain yang dibawa OnePlus One adalah Google Maps. Yap, aplikasi ini seakan menjadi primadona di kalangan smartphone karena fungsi dan fiturnya yang begitu membantu pengguna ketika melakukan perjalanan. Google Maps sudah memiliki fitur navigasi suara sehingga pengguna tidak perlu menyentuh perangkat untuk mengetahui rute perjalanan yang akan ditempuhnya. Google Maps ini bekerjasama dengan GPS yang telah ditanamkan OnePlus ke dalam tubuh gadget ini. GPS tersebut mendapat dukungan dari chip A-GPS dan GLONASS sehingga mampu mengunci lokasi perangkat dengan lebih cepat dan tentunya lebih akurat.

Dengan ukuran layar yang besar, otomatis membuat perangkat ini memakan daya lebih besar. Untuk menopang seluruh kinerja OnePlus One, untungnya si vendor menyertakan baterai Li-Po dengan daya cukup besar yakni 3100 mAh. Baterai ini dapat bertahan hingga 19 jam 56 menit talk time dalam jaringan 3G. Daya baterai milik perangkat ini sedikit lebih baik dari milik LG G3 yang hanya 3000 mAh dan jauh lebih baik dari Nexus 5 yang memiliki daya 2300 mAh. Dengan demikian pengguna tidak perlu bolak-balik mencharge perangkat ini mengingat daya tahannya yang cukup lama.

KONEKTIVITAS ONEPLUS ONE

Smartphone premium yang identik dengan dukungan jaringan 4G ternyata dipahami oleh OnePlus sehingga mereka menyertakan dukungan jaringan tersebut ke dalam OnePlus One. Pada jaringan 4G LTE Cat4, phablet ini mampu menghasilkan kecepatan koneksi 150 Mbps Downlink dan 50 Mbps Uplink sementara dalam jaringan 3G HSPA adalah 42.2 Mbps Downlink dan 5.76 Mbps Uplink. Meskipun belum dilengkapi port infrared, si vendor telah menyematkan fitur konektivitas yang terbilang lengkap dengan adanya Bluetooth v4.1 (A2DP), NFC, microUSB v2.0 (USB Host), dan Wi-Fi 802.11 a/b/g/n/ac (Wi-Fi Direct, DLNA, dan Hotspot).

Sebagai media dalam berselancar internet, pengguna dapat memanfaatkan Google Chrome yang hadir secara pre-installed. Chrome memang menjadi browser favorit untuk smartphone karena kemampuannya sangat baik dalam menampilkan halaman website versi desktop. Performanya masih terjaga meskipun digunakan untuk membuka multi-tab dalam jumlah yang cukup banyak. Fitur-fitur pendukung yang dimiliki masih sama yakni Incognite, Bookmark, History, Save Page, Find on Page, Cookies, dan sebagainya. Hanya satu kekurangan Chrome yakni belum memiliki fitur Reading yang dapat dimanfaatkan untuk menampilkan tulisan artikel pada halaman website dengan tampilan seperti E-Book.

KAMERA ONEPLUS ONE

OnePlus One dipersenjatai dengan kamera utama 13 MP yang dilengkapi dengan autofocus dan dual-LED Flash. Fitur yang disematkan pada kamera ini antara lain Geo-Tagging, Touch Focus, Face Detection, Panorama, dan HDR. Kamera utama milik OnePlus One mengadopsi sensor dari Sony yakni Exmor IMX 214 1/3.06” seperti yang dimiliki Oppo Find 7.Kamera utama ini mampu menghasilkan foto dengan resolusi hingga 4128 x 3096 pixels disertai kemampuan merekam video dengan kualitas [email protected], 2160p(DCI)@24fps, [email protected], dan [email protected] Demi mendapatkan hasil rekaman video berkualitas, OnePlus juga menyematkan fitur HDR dan stereo sound rec. yang dapat digunakan ketika merekam video. Selain kamera utama, perangkat ini dilengkapi dengan kamera depan 5 MP. Tidak hanya untuk berfoto selfie, kamera depan milik OnePlus One juga dapat digunakan untuk video call dan merekam video dengan kualitas [email protected]

Dengan spesifikasi kamera yang terbilang mumpuni, pengguna akan disajikan dengan kualitas hasil jepretan yang memukau. Detail gambar dan pewarnaan terolah dengan baik ketika digunakan di dalam ataupun di luar ruangan dengan pencahayaan cukup. Noise di sekeliling hasil foto masih cukup terlihat meskipun tidak terlalu mengganggu. Hasil perekaman video menggunakan kamera ini pun sangat baik karena rekaman video terlihat sangat mulus tanpa tersendat disertai warna dan detail yang mengagumkan. Sayangnya, dual-LED Flash yang dimiliki OnePlus One kurang dapat mengakomodir kebutuhan dalam pengambilan gambar di tempat dengan tingkat pencahayaan rendah. Dual-LED tersebut tidak disertai dual-tone sehingga membuat hasil jepretan memiliki warna yang terlihat agak jenuh.

HARGA ONEPLUS ONE

OnePlus One hadir dengan dimensi bodi cukup besar sehingga membuatnya masuk dalam kategori phablet. Bodi tersebut dibungkus rapi dengan cover bermaterial plastik dengan finishing doff bertekstur kasar di bagian cover belakang sehingga sangat nyaman untuk digenggam. Dengan layar 5.5 inchi, phablet ini menawarkan resolusi Full HD 1080 x 1920 pixels disertai kerapatan pixel 401 ppi sehingga tampilan yang diberikan sangatlah ciamik. Rasio kontras dan pewarnaan mampu menyaingi beberapa smartphone premium ternama meskipun OnePlus One menggunakan tipe layar yang agak asing yakni LTPS LCD. Performa yang dimiliki perangkat ini sangatlah responsif dan smooth berkat penanaman chipset Qualcomm MSM8974AC Snapdragon 801 di dalam OnePlus One. Chipset tersebut bekerjasama dengan prosesor Quad-Core 2.5 GHz Krait 400 dan RAM 3 GB sehingga kinerja multi-tasking tetap responsif. Demi mengoptimalkan kinerja grafis, si vendor menyematkan Graphics Processing Unit Adreno 330 ke dalam phablet buatan Tiongkok ini. Dua pilihan memori internal yang disediakan yakni 16 GB dan 64 GB diharapkan mampu menampung seluruh data milik pengguna karena OnePlus One tidak dilengkapi dengan slot microSD.

Dukungan konektivitas menggunakan jaringan 4G nampaknya menjadi salah satu hal yang menjanjikan agar pengguna tidak dibuat kesal dengan koneksi internet yang lelet. Di sektor kamera, pengguna akan dapat menikmati hasil gambar berkualitas dari kamera 13 MP yang dimiliki OnePlus One. Meskipun dual-LED Flash yang dimiliki perangkat ini terbilang kurang mumpuni dalam pengambilan gambar dalam kondisi pencahayaan rendah. Baterai Li-Po 3100 mAh yang dibenamkan OnePlus menjadi penopang seluruh aktivitas perangkat ini seharian dengan daya tahan mencapai hampir 20 jam talktime dalam jaringan 3G. OnePlus One hanya disediakan dalam 2 varian warna yakni Silk White dan Sandstone Black. Namun, pengguna dapat membeli secara terpisah beberapa varian warna back cover seperti cover yang terbuat dari bahan bambu, kayu, kevlar, dan denim.

OnePlus One dibanderol dengan harga di kisaran Rp. 3.800.000,- sampai Rp. 4.300.000,- untuk versi 16 GB sedangkan untuk versi internal memory 64 GB berada di kisaran harga Rp. 5.000.000,- hingga Rp. 5.500.000,-. Sekilas harga tersebut memang mahal, namun dengan spesifikasi yang dibawa perangkat ini harga tersebut dirasa sangat pantas bahkan cenderung murah. OnePlus One dapat dikatakan sebagai smartphone kelas kakap yang murah karena beberapa smartphone premium seperti LG G3, Samsung Galaxy S5, Oppo Find 7, dan Nexus 5 yang memiliki spesifikasi sebanding yang dibanderol dengan harga hampir 2 kali lipat lebih mahal.

Last edited 19 April 2015