Harga HP - Harga Oppo Mirror 3. Selain meluncurkan Oppo U3, pabrikan asal Tiongkok ini meluncurkan pula Oppo Mirror 3 pada bulan Januari 2015. Meski masuk dalam kategori smartphone kelas menengah, Oppo tidak segan-segan menyertakan beberapa fitur premium ke dalam perangkat ini. Smartphone 64-bit ini dibekali dengan jeroan dan layar yang cukup mumpuni untuk memberikan persaingan pada smartphone anyar lain seperti Xiaomi Redmi 2 (1 GB), Samsung Galaxy E5, dan Sony Xperia E4. Perbedaan harga di antara ketiga perangkat tersebut sangat tipis, namun Oppo Mirror 3 membawa spesifikasi yang sedikit berada di atas ketiga pesaing terdekatnya itu.

harga oppo mirror 3

DESAIN OPPO MIRROR 3

Oppo hampir selalu menyertakan desain memukau di setiap produk yang diluncurkannya sehingga cukup memedakan dengan produk dari vendor asal Tiongkok lain yaitu Lenovo dan Xiaomi. Pada produknya kali ini, Oppo menggunakan material plastik glossy untuk membuat cover yang menyelimuti bodi Mirror 3. Meski terasa licin, penggunaan cover dari plastik glossy membuat tampilan Oppo Mirror 3 mampu memancarkan aura elagan nan premium. Dengan dimensi bodi 137.6 x 68.8 x 8.95 mm, perangkat ini terbilang ringan karena hanya memiliki bobot 126 gram. Dengan bodi besar dan cover licin, hampir dapat dipastikan pengguna akan kesulitan menggenggam perangkat ini dengan erat menggunakan satu tangan. Namun hal tersebut dapat diatasi dengan menyertakan flip case untuk Mirror 3 agar tidak mudah terperosot dari tangan ketika digunakan.

Di bagian muka, Oppo memasang sebuah earpiece di atas layar ditemani dengan sensor jarak, sensor cahaya, dan kamera depan di sisi kirinya sementara di bawah layar terdapat tiga tombol kapasitif yakni Recent App, Home, dan Menu. Di permukaan cover belakang, Oppo menempatkan kamera utama, LED Flash, logo Oppo, dan loudspeaker diujung bawah cover tersebut. Tombol power/lock dan tombol pengatur volume ditempatkan di sisi kanan bodi sedangkan sisi kiri bodi terlihat begitu polos tanpa port atau kontrol apapun disana. Jack Audio 3.5 mm bertengger di sisi atas bodi ditemani port InfraRed dan mikrofon sekunder sementara port microUSB diletakkan di sisi bawah bodi yang bertetanggan dengan lubang mikrofon utama. Pengguna dapat melepas cover belakang Mirror 3 karena Oppo tidak menerapkan desain unibody pada perangkatnya ini. Di balik cover itulah pengguna akan menjumpai slot SIM Card dan slot microSD.

LAYAR OPPO MIRROR 3

Oppo Mirror 3 membawa layar dengan bentang 4.7 inchi bertipe IPS LCD Capacitive Touchscreen. Dengan resolusi HD 720 x 1280 pixels, layar tersebut mendapatkan kerapatan pixel cukup tinggi yakni 312 ppi. Layar tersebut dilengkapi dengan fitur multitouch sehingga mampu merespon sentuhan beberapa jari secara bersamaan. Layar ini juga dibekali kemampuan untuk melakukan rendering warna hingga sebanyak 16 juta warna. Oppo nampaknya lupa tidak menyertakan lapisan pelindung layar pada Mirror 3 sehingga layar tersebut masih sangat rentan tergores ketika digunakan. Maka dari itu pengguna perangkat ini sebaiknya langsung melapisi sendiri layar ini dengan proteksi layar sebelum penggunaan pertama kali.

Di luar ketidakhadirannya lapisan proteksi pada layar Mirror 3, spesifikasi layar yang dibawa perangkat ini terbilang baik. Pengguna masih dapat menikmati kualitas tampilan layar memukau dengan rasio kontras yang tinggi disertai warna-warna natural nan cerah. Layar IPS ini memiliki kemampuan mereproduksi warna hitam dan putih yang sama baiknya. Tingkat keterbacaan dalam sudut pandang ekstrim pun masih terbilang baik. Oppo Mirror 3 dilengkapi dengan sensor cahaya yang akan bekerja otomatis untuk mengatur tingkat kecerahan layar dengan menyesuaikan kondisi cahaya di sekelilingnya. Sayang, tingkat reflektifitas layar ini cukup tinggi sehingga layar akan kehilangan cukup kontras ketika digunakan di bawah sinar matahari langsung yang berimbas pada rendahnya tingkat keterbacaan layar.

HARDWARE DAN SOFTWARE OPPO MIRROR 3

Oppo membekali sektor dapur pacu Mirror 3 dengan chipset Qualcomm MSM8916 Snapdragon 410 dengan prosesor Quad-Core Cortex-A53 berkecepatan 1.2 GHz. Kapasitas RAM yang disertakan ke dalam jeroan ini sebesar 1 GB dengan kapasitas internal memori 8 GB. Kapasitas internal memori tersebut akan berkurang separo seiring dengan adanya beberapa aplikasi pre-installed di dalam perangkat ini. Sehingga dapat dikatakan bahwa Oppo Mirror 3 membawa free internal memori hanya sebesar 4 GB yang tentunya sangat minim untuk menampung data pengguna yang bejibun. Beruntung masih ada slot microSD yang dapat dimanfaatkan untuk menambah kapasitas penyimpanan menggunakan memori eksternal hingga 32 GB. Dalam hal mengolah grafis, Oppo menjatuhkan pilihan pada GPU Adreno 306 agar kemulusan grafis di setiap kinerja tetap mulus. Spesifikasi jeroan yang dibawa Oppo Mirror 3 nyaris menyamai Samsung Galaxy A5 dengan hanya dibedakan dari kapasitas RAM dan internal yang dibawa oleh masing-masing perangkat. Dengan spesifikasi tersebut, performa Oppo Mirror 3 tidaklah mengecewakan dalam kinerja single-thread dan multi-thread. Pengguna harus rajin menyeleksi dan menutup aplikasi berjalan pada Recent App karena semakin banyak aplikasi yang berjalan akan membuat kinerja Mirror 3 menurun.

Di era Android OS v5.0 Lolipop, Oppo Mirror 3 masih menggantungkan sistem operasi pada Android OS v4.4 KitKat. Meskipun demikian, OS KitKat masih cukup baik dalam memberikan kinerja responsif di setiap antarmuka yang bekerja sama dengan interface buatan Oppo yakni UI ColorOS v2.0.1. Pada halaman Lockscreen terdapat informasi mengenai waktu dan tanggal sertai tiga icon di bagian bawah yakni shortcut menuju panggilan, unlock, dan pesan. Oppo Mirror 3 tidak memiliki app drawer sehingga seluruh aplikasi akan dimuat dalam halaman Homescreen. Secara default pengguna akan diberikan 3 buah halaman Homescreen dengan opsi untuk menambah jumlah halaman jika dirasa masih kurang. Di dalam satu halaman Homescreen, pengguna dapat menyimpan sebanyak 20 buah shortcut dengan susunan 4 mendatar x 5 menurun yang terletak di atas dock. Selain dapat menambahkan widget, pengguna juga dapat mengelompokkan beberapa aplikasi ke dalam satu folder pada halaman Homescreen. Selain ngirit halaman, pengelompokkan tersebut juga membuat halaman Homescreen lebih terorganisir. Oppo memberikan banyak pilihan tema, wallpaper, dan widget yang dapat digunakan pengguna agar tampilan perangkatnya tidak membosankan. Selain itu, pengguna juga dapat mendownload secara gratis di Oppo Theme Store.

Oppo menyertakan beberapa fitur cerdas ke dalam perangkat ini seperti Draw O to Start Camera, Double Tap to Wake Up, Adjust Volume with Two Fingers, Gesture Screenshot, dan sebagainya. Oppo menyediakan sebuah mode bernama Guest yang sangat berguna bagi pengguna yang tidak ingin konten pribadinya di akses oleh orang lain. Selain itu, Oppo juga melengkapi perangkat ini dengan Kingsoft Office yakni aplikasi yang dapat digunakan untuk melihat, membuat, dan mengedit file dokumen seperti Excel, Word, Power Point, dan PDF. Aplikasi Google Maps pun hadir secara pre-installed disertai dengan fitur navigasi suara untuk lebih memudahkan penggunakan menggunakan aplikasi ini ketika sedang mengendarai. Beberapa Organizer terpampang rapi di dalam perangkat ini seperti Clock (World Clock, Timer, Stopwatch, Alarm), Kalkulator, Konverter, Memo, Kalender, Tasks, dan sebagainya.

Koleksi foto dan video di dalam memori penyimpanan akan dimuat dalam Galeri yang sudah secara otomatis terintegrasi dengan beberapa album online. Dengan demikian pengguna dapat semakin mudah berbagi konten foto maupun video ke album online seperti Facebook, Flickr, dan sebagainya. Selain itu, pengguna juga dapat memanfaatkan bluetooth, email, dan MMS untuk berbagi konten. Koleksi foto dan video akan dimuat berdasarkan grid folder tanpa opsi untuk mengubah susunan berdasarkan waktu, lokasi, orang, dan tag layaknya Galeri pada smartphone Android lain. Pengguna yang hobi mengutak-atik foto akan difasilitasi oleh beberapa tools editing seperti face glow, straightening, sharpening, red eye correction, color styles, crop, rotate, effects, dan sebagainya.

Pemutar musik di dalam Oppo Mirror 3 dapat membaca hampir seluruh format audio seperti MP3, WAV, WMA, eAAC+ Player, dan FLAC Player. Aplikasi ini akan menglompokkan koleksi lagu milik pengguna berdasarkan All, Artists, Albums, Folder, Genres, dan Favorite. Pemutar musik ini dapat mencari lirik lagu yang sedang diputar melalui Wi-Fi atau data seluler ketika pengguna mengaktifkan fitur tersebut. Tersedia preset Equalizer seperti Rock, Classic, Pop, Jazz, serta satu custom agar pengguna dapat mengatur equalizer tersebut sesuka hati. Teknologi DiracHD di sektor audio perangkat ini memberikan efek positif bagi keluaran suara yang dihasilkan. Perpaduan Bass dan Treble terdengar merata sehingga suara dalam keadaan volume maksimal tidak terdengar cempreng.

Terdapat pula aplikasi pemutar video terdedikasi di dalam Oppo Mirror 3 yang dapat membaca format video seperti MP4, WMV, dan H.264 Player. Aplikasi ini dilengkapi kemampuan untuk menampilkan subtitle dalam berbagai format. Untuk menampilkannya, pengguna harus menyimpan nama file subtitle dengan nama yang sama seperti nama file video karena jika pengguna subtitle tidak dapat ditampilkan jika pengguna menginput subtitle secara manual. Tersedia beberapa pengaturan pada interface pemutar video seperti warna font, jenis font, ukuran font subtitle, aspek ratio, kecerahan, dan sebagainya. Sayangnya tidak ada fitur Pop-Up pada pemutar video ini yang sangat bermanfaat bagi pengguna untuk tetap dapat menonton video meskipun sedang membuka aplikasi lain. Perangkat ini dilengkapi pula dengan aplikasi FM Radio namun untuk menikmatinya pengguna masih harus mencolokkan headset sebagai antena.

Oppo membenamkan baterai berjenis Li-Po dengan daya 2000 mAh dengan sifat removable alias dapat dicopot. Baterai tersebut dinilai kurang mumpuni untuk menopang kegiatan Mirror 3 seharian. Namun Oppo telah menyertakan fitur bernama Rapid Charging yakni sebuah fitur yang dapat mengisi baterai Mirror 3 dari 0% sampai 100% hanya dalam waktu 90 menit. Baterai tersebut bersifat non-removable atau dengan kata lain pengguna tidak dapat mencopot baterai yang telah dibenamkan Oppo ke dalam bodi perangkat ini.

KONEKTIVITAS OPPO MIRROR 3

Sebagai smartphone kelas menengah, sangat disayangkan Oppo tidak menyertakan dukungan jaringan 4G sehingga jaringan 2G dan 3G masih akan menjadi andalan. Pada jaringan 3G HSPA pengguna akan menikmati kecepatan koneksi 42.2 Mbps Downlink dan 5.76 Mbps Uplink Selain itu, Oppo juga mempersenjatai perangkat dual-SIM ini dengan Wi-Fi 802.11 a/b/g/n (Hotspot), Infrared, Bluetooth v4.0, GPS (A-GPS), dan microUSB v2.0. Meskipun belum dilengkapi NFC, Oppo membuat gebrakan dengan menyertakan fitur premium bernama Smart Control Technology 2+ pada perangkatnya ini. Fitur tersebut dapat digunakan untuk mengontrol peralatan elektronik lain yang kompatibel seperti AC, Televisi, Video Player, dan lainnya dengan memanfaatkan port infrared yang dimilikinya.

Web browser default di dalam Mirror 3 adalah Google Chrome dengan membawa fitur standar seperti Bookmark, History, Incognito, Find on Page, Save Page, dan sebagainya. Tampilannya masih sangat identik dengan Chrome ketika pertama kali muncul sebagai versi mobile. Google Chrome banyak dipercaya vendor untuk berada di dalam perangkat produksinya karena browser ini memiliki kelebihan dibanding browser lain. Lebih dari 15 tab dibuka menggunakan Chrome tanpa mengalami lag atau hang. Browser ini juga pandai memberikan tampilan versi dekstop ketika sedang berada di dalam sebuah halaman website.

KAMERA OPPO MIRROR 3

Di sektor fotografi, Oppo membekali perangkat ini dengan kamera utama berlensa 8 MP yang memiliki bukaan lensa F 2.0, autofocus, dan LED Flash. Fitur-fitur yang dapat digunakan antara lain Geo-Tagging, Face/Smile Detection, HDR, dan Touch Focus. Resolusi maksimum yang bisa diperoleh pada hasil jepretan foto ialah 3264 x 2448 pixels. Dalam mode perekaman video, pengguna dapat menghasilkan video dengan kualitas [email protected] Kamera depan perangkat ini memiliki resolusi 5 MP sehingga pengguna yang gemar berfoto selfie akan semakin sering memotret dirinya sendiri ketika menggunakan Oppo Mirror 3.

Teknologi sensor SONY IMX 179 Back-Side Illuminated dan teknologi Image Engine PI 2.0+ yang dimiliki kamera ini akan sangat membantu pengambilan gambar di tempat dengan kondisi minim cahaya. Hasil jepretan kamera milik Mirror 3 dinilai tidak terlalu buruk untuk kelas kamera 8 MP karena detail gambar terlihat baik dengan kontras tajam dan pewarnaan natural meski masih terdapat noise. Pengambilan gambar di dalam ruangan dengan LED Flash memang tidak mengurangi kontras dari hasil jepretan namun warna yang dihasilkan cenderung jenuh sehingga kurang sedap dipandang. Perekaman video pun bernasib serupa, meski detail yang dihasilkan pada video terbilang baik namun tidak cerahnya warna membuat hasil rekaman kurang masimal.

HARGA OPPO MIRROR 3

Oppo Mirror 3 yang menyasar pasar smartphone kelas menengah ini membawa dimensi 137 x 68 x 8.9 mm dengan berbalut cover berbahan plastik glossy. Perangkat ini memiliki layar berukuran 4.7 inchi dengan resolusi HD sehingga kontras dan pewarnaan layar IPS ini sangat memukau. Sektor dapur pacu 64-bit yang ditenagai oleh chipset Qualcomm Snapdragon 410 membawa prosesor Quad-Core berkecepatan 1.2 GHz. RAM sebesar 1 GB yang dimiliki dirasa kurang mumpuni untuk menopang kinerja multi-thread terutama jika aplikasi yang berjalan begitu banyak. Meski belum mengadopsi OS Android v5.0 Lolipop, Oppo Mirror 3 masih mampu memberikan performa responsif dengan grafis yang baik berkat dukungan dari pengolah grafis Adreno 306.Meski belum memiliki dukungan 4G LTE dan NFC, sektor konektivitas terbilang komplit dengan Bluetooth, microUSB, Infrared, dan GPS di dalam perangkat ini. Kecepatan koneksi pun masih terjamin meskipun masih bergantung pada jaringan 2G dan 3G.

Kamera utama 8 MP yang disematkan Oppo dirasa masih kurang mumpuni untuk bersaing dengan smartphone kelas menengah lain yang rata-rata sudah menggunakan kamera 13 MP. Namun berkat dukungan teknologi dan bukaan lensa yang cukup besar, hasil jepretan kamera ini menjadi salah satu yang terbaik di kelas 8 MP. Baterai perangkat ini hanya berdaya 2000 mAh, namun Oppo telah menyertakan fitur Rapid Charger yang dapat mengisi daya baterai 100% hanya dalam waktu 90 menit. Keragaman fitur dan spesifikasi yang dibawa Mirror 3 dibanderol dengan harga sekitar Rp. 3.000.000,- sampai Rp. 3.500.000,-. Tersedia tiga pilihan warna cover yakni gray, white, dan black.

Last edited 19 April 2015