REVIEW OPPO R7 DAN R7 PLUS

Rekan setanah air Samsung yakni Oppo Smartphone telah meluncurkan produk teranyarnya pada bulan Mei 2015 ini. Produk tersebut bernama Oppo R7 dan Oppo R7 Plus yang masuk dalam keluarga R Series. Generasi penerus Oppo R5 ini masuk dalam kategori smartphone premium dan digadang-gadang akan menjadi kompetitor bagi Samsung Galaxy S6. Secara garis besar, kedua perangkat ini merupakan satu series namun Oppo memberikan perbedaan signifikan pada desain keduanya.

oppo R7 plus

Tak hanya dari segi desain, Oppo R7 Plus yang dibanderol dengan harga sedikit lebih mahal dari Oppo R7 memiliki beberapa kelebihan lain seperti ukuran layar yang lebih luas, kapasitas memori internal yang lebih besar, dan telah dilengkapi dengan fingerprint sensor atau pemindai sidik jari. Harga yang dipatok oleh si vendor untuk satu unit Oppo R7 dan Oppo R7 Plus terbilang tidak terlalu mahal untuk spesifikasi kelas kakap yang dibawanya. Harga Oppo R7 dibanderol di kisaran Rp. 5.000.000,- sedangkan Harga Oppo R7 Plus berkisar Rp. 7.000.000,-.

DESAIN OPPO R7 DAN R7 PLUS

Oppo R7 memiliki dimensi 143 x 71 x 6.3 mm sedangkan Oppo R7 Plus berdimensi 158 x 82 x 7.8 mm. Dari dimensi kedua perangkat tersebut jelas terlihat jika Oppo R7 selain memiliki bodi lebih kecil tetapi juga lebih tipis. Dengan bodi lebih slim, Oppo R7 memiliki bobot 56 gram lebih ringan dibanding Oppo R7 yang berbobot 203 gram. Si vendor membalut bodi kedua perangkat ini dengan cover berbahan metal unibody sehingga pengguna tidak dapat melepas cover belakang dengan leluasa.

harga oppo R7 plus design slim

Penggunaan material metal tentunya memiliki nilai lebih dari segi estetika dimana tampak luar kedua perangkat ini begitu elegan dan memikat mata. Material metal tersebut juga terasa nyaman ketika digenggam, tidak terasa licin sehingga cukup kokoh ketika berada di genggaman tangan. Pengguna Oppo R7 Plus mungkin akan sedikit kesulitan memegang perangkat ini karena ukuran bodi yang terbilang cukup besar sehingga harus mengoperasikannya dengan menggunakan dua tangan. Bentuk sudut bodi yang melengkung cukup membantu pengguna mendapatkan kenyamanan karena tidak terasa kaku ketika menggunakan perangkat ini dengan durasi waktu yang lama. Oppo memperkenalkan desain kedua perangkatnya ini dengan istilah “Lineism”.

Bagian muka Oppo R7 dilengkapi dengan tiga buah tombol kapasitif Recent App, Home, dan Back di bagian bawah layar sedangkan Oppo R7 menggunakan tombol virtual yang tertanam di dalam layar. Di atas layar, kedua perangkat ini dilengkapi dengan kamera depan, earpiece, sensor jarak, dan sensor cahaya. Perbedaan yang cukup mencolok antara desain bagian muka Oppo R7 dan Oppo R7 Plus adalah luas bezel di sisi kanan dan kiri layar. Oppo R7 memiliki bezel sedikit lebih luas dibanding bezel milik Oppo R7 Plus yang hampir sama sekali tak terlihat ketika layar dalam kondisi mati.

Perbedaan juga jelas terlihat pada cover belakang kedua perangkat ini. Oppo R7 memiliki kamera utama dan LED Flash yang ditempatkan di sudut kiri atas disertai logo Oppo di bagian tengah cover sementara posisi kamera utama dan LED Flash milik Oppo R7 Plus berada di tengah. Oppo R7 Plus juga memiliki sensor pemindai sidik jari di cover belakang tepatnya di atas logo Oppo. Sensor tersebut dapat digunakan untuk membuka kunci layar meskipun belum ada informasi resmi mengenai berapa jumlah sidik jari yang dapat disimpan di dalam perangkat ini. Di cover belakang Oppo menempatkan pula loudspeaker di bagian bawah cover Oppo R7 dan R7 Plus.

harga oppo r7 plus design

Di sisi kanan bodi, pengguna dapat menemukan tombol volume dan baki untuk SIM Card dan Slot MicroSD. Hanya terdapat dua slot pada baki tersebut yang artinya hanya satu yang tidak terpakai untuk SIM Card utama. Pengguna dapat memilih apakah akan menggunakan sisa satu slot tersebut untuk SIM Card sekunder (dual SIM) atau digunakan untuk menyisipkan MicroSD. Hal tersebut cukup mengecewakan bagi pengguna yang ingin menggunakan dua SIM Card dan kartu microSD secara bersamaan. Di sisi kiri bodi perangkat ini terlihat cukup lengang karena hanya terdapat tombol power/lock. Pengguna dapat menemukan jack audio 3.5 mm di sisi atas bodi sementara port microUSB dan mikrofon utama berada di sisi bawah bodi.

LAYAR OPPO R7 DAN R7 PLUS

Oppo R7 dan Oppo R7 Plus menggunakan tipe layar AMOLED Capacitive Touchscreen dengan resolusi Full HD 1080 x 1920. Oppo R7 memiliki bentang layar seluas 5.0 inchi sedangkan Oppo R7 Plus 6.0 inchi sehingga membuat R7 Plus memiliki kerapatan pixel 75 ppi lebih kecil dibanding Oppo R7 yang memiliki kerapatan pixel 445 ppi. Layar tersebut sudah dilengkapi dengan fitur multitouch dan dapat mereproduksi warna hingga 16 juta varian warna.

Selain itu, si vendor juga telah melapisi layar tersebut dengan protektor layar Corning Gorilla Glass 3 untuk meminimalisir terjadinya goresan ketika sedang dioperasikan. Kedua produk anyar Oppo tersebut memiliki spesifikasi layar sedikit di bawah Samsung Galaxy S6 yang sudah menggunakan tipe Super AMOLED dan resolusi lebih tinggi. Spesifikasi layar yang dibawa perangkat ini cukup identik dengan versi Galaxy sebelumnya yakni Samsung Galaxy S5. Dengan harga miring yang ditawarkan Oppo, spesifikasi layar yang dibawa Oppo R7 dan R7 Plus sudah lebih dari cukup.

harga oppo R7 display

Dengan resolusi Full HD yang dimiliki Oppo R7 dan R7 Plus, pengguna akan menikmati tampilan dengan tingkat kontras yang begitu tajam. Selain itu, warna-warna yang dihasilkan oleh layar kedua perangkat ini sangat natural. Meskipun tak sebaik tipe layar Super AMOLED, layar AMOLED yang digunakan Oppo masih mampu mereproduksi warna hitam dan putih yang cukup pekat. Pengguna akan merasa nyaman menggunakan perangkat ini di bawah sinar matahari langsung karena tingkat reflektifitas layar kedua perangkat ini cukup rendah. Dengan demikian pengguna dapat dengan nyaman menggunakan gadgetnya untuk menonton video atau bermain game, terlebih ketika menggunakan Oppo R7 Plus yang memiliki ukuran layar lebih besar.

harga oppo R7 gaming

HARDWARE DAN SOFTWARE OPPO R7 DAN R7 PLUS

Di sektor dapur pacu, kedua produk asal Korea ini ditenagai oleh chipset Qualcomm Snapdragon 615. Oppo R7 dan Oppo R7 Plus sudah dipersenjatai dengan prosesor Octa Core (Quad Core 1.5 GHz Cortex-A53 dan Quad Core 1.0 GHz Cortex-A53). Untuk menopang kinerja single-tasking dan multi-tasking, Oppo telah menyematkan RAM dengan kapasitas super longgar yakni 3 GB. Tampilan grafis akan disokong oleh Graphics Processing Unit (GPU) Adreno 405 sementara untuk kapasitas memori internal telah disediakan sebesar 16 GB (Oppo R7) dan 32 GB (Oppo R7 Plus).

Jika pengguna hendak menggunakan kartu microSD, Oppo telah menyediakan slot microSD yang dapat membaca hingga kapasitas 128 GB. Sedikit perbedaan di sektor software dimana Oppo R7 masih menggunakan sistem operasi Android v4.4.2 KitKat sedangkan Oppo R7 Plus telah menerapkan versi terbaru dari OS Android yakni Android v5.0 Lolipop. Si vendor menerapkan UI buatan mereka sendiri pada Oppo R7 dan Oppo R7 Plus yang bernama Color OS v2.1.

Meskipun chipset Snapdragon 615 yang digunakan bukan merupakan versi teranyar dari Qualcomm, dapur pacu yang disematkan Oppo pada perangkat ini mampu memberikan nilai cukup apik pada pengujian GeekBench 3. Pada pengujian tersebut kedua perangkat ini memiliki skor sebesar 2620, berada sedikit di bawah flagships LG G3 yang memperoleh angka 2687. Dengan demikian, pengguna Oppo R7 dan R7 Plus akan menikmati sebuah gadget dengan performa impresif dan sangat cocok untuk bermain game HD tanpa mengalami lag.

Color OS v2.1 yang diterapkan Oppo pada Oppo R7 dan Oppo R7 Plus membawa dampak positif pada tingkat performa kedua perangkat ini. Oppo berhasil meningkatkan kecepatan booting dari 31 detik pada Color OS v2.0 menjadi hanya 19 detik di versi teranyarnya ini. Selain itu, si vendor juga mengklaim bahwa Color OS v2.1 memiliki kecepatan lebih baik dalam membuka sebuah aplikasi. Dari segi interface, tidak banyak perubahan yang dilakukan Oppo pada UI teranyarnya ini.

Halaman Lockscreen masih menyajikan informasi mengenai tanggal, waktu, dan cuaca sementara di bagian bawah halaman terdapat shortcut untuk menuju panggilan, pesan, dan aplikasi kamera. Masih tidak terdapat app drawer pada UI terbaru ini sehingga seluruh aplikasi akan dimuat pada halaman Homescreen. Secara default Oppo menyediakan 5 buah halaman Homescreen, pengguna dapat membuat folder untuk mengelompokkan beberapa aplikasi agar tidak terlalu menggunakan banyak halaman. Oppo telah menyediakan Theme Store yang dapat digunakan untuk merubah tampilan agar tidak membosankan.

Oppo menambahkan beberapa aplikasi pre-installed ke dalam Oppo R7 dan Oppo R7 Plus. Salah satunya adalah aplikasi Security Center yang berguna untuk mengontrol beberapa fitur seperti perpesanan, panggilan, izin aplikasi, penggunaan baterai, dan sebagainya. Pengguna juga dapat menikmati aplikasi Kingsoft Office secara gratis. Aplikasi tersebut dapat digunakan untuk melihat, mengedit, dan membuat file dokumen seperti Word, Excel, dan Power Point. Beberapa fitur cerdas yang dimiliki kedua perangkat ini antara lain Double Tap to Wake Up, Draw O to Start Camera, Gesture Screenshot, Adjust Volume with Two Fingers, dan lain sebagainya. Oppo juga tidak lupa untuk melengkapi produknya ini dengan beberapa Organizer seperti Weather, Clock, Memo, Tasks, Note, Compass, Kalender, Kalkulator, Konverter, dan sebagainya.

harga oppo R7 user interface

Pengguna yang gemar berfoto ria dapat menampilkan seluruh hasil jepretan dan koleksi foto di dalam memori pada aplikasi Galeri. Masih sama seperti ColorOS v2.0, Galeri tersebut akan menampilkan koleksi foto berdasarkan folder. Pengguna tidak dapat mengubah susunan foto berdasarkan waktu, lokasi, dan tag seperti pada Galeri Android pada umumnya. Tersedia beberapa tools untuk mengedit foto seperti crop, rotate, frame, effect, color styles, red eye correction, dan straightening. Galeri ini sudah secara otomatis terintegrasi dengan beberapa media online seperti Facebook, Picasa, Cloud, Flickr, dan sebagainya. Dengan demikian pengguna dapat dengan mudah berbagi foto ke media online tersebut. Selain itu, tersedia pula beberapa opsi untuk berbagi konten foto melalui Bluetooth, MMS, dan Email.

Selain kualitas layar yang sangat baik, pengguna dapat menonton video melalui aplikasi pemutar video dengan dukungan format berlimpah. Video Player yang dimiliki Oppo R7 dan Oppo R7 Plus dapat memutar hampir seluruh format video seperti DivX, AVI, MP4, MKV, dan H.264 Player. Pengguna tak perlu khawatir jika menonton video berbahasa asing karena aplikasi ini dapat menampilkan berbagai format subtitle termasuk .srt. Untuk melakukan hal tersebut, pengguna diwajibkan untuk merubah file subtitle agar memiliki nama yang sama dengan video yang akan diputar karena subtitle tidak dapat ditampilkan jika pengguna menginputnya secara manual. Aplikasi pemutar video ini juga telah dipersenjatai dengan fitur Pop-Up yang artinya pengguna dapat menonton video sembari membuka aplikasi lain. Pop-Up tersebut akan menampilkan video dengan tampilan lebih kecil. Ukuran window dapat disesuaikan dan diubah posisinya sesuai selera pengguna.

Melengkapi fitur multimedia, Oppo menambahkan aplikasi pemutar musik ke dalam Oppo R7 dan Oppo R7 Plus. Aplikasi tersebut dapat digunakan untuk memutar beragam format audio seperti MP3, WAV, eAAC+, dan FLAC Player. Seluruh koleksi lagu yang tersimpan di dalam memori penyimpanan akan dikelompokkan berdasarkan All, Artists, Albums, Genres, Favorites, dan Folders. Pengguna dapat menampilkan lirik lagu yang sedang diputar bahkan aplikasi ini dapat secara otomatis mencari lirik lagu menggunakan data seluler atau jaringan Wi-Fi. Meskipun tidak terdapat Equalizer pada aplikasi ini, teknologi Dirac HD Audio yang dibenamkan Oppo pada perangkatnya ini memberikan dentuman suara yang begitu halus dan bertenaga. Si vendor juga menambahkan aplikasi radio TBC sebagai alternatif hiburan bagi pengguna.

Oppo R7 menggunakan baterai Li-Po berdaya 2320 mAh sedangkan Oppo R7 Plus memiliki daya baterai lebih besar yakni 4100 mAh. Baterai milik kedua perangkat tersebut bersifat non-removable alias tidak dapat dilepas seiring dengan konsep unibody yang diusung pabrikan asal Korea ini. Oppo melengkapi perangkat anyarnya ini dengan teknologi VOOC yakni sebuah teknologi yang dapat meningkatkan kecepatan mengisi baterai. Teknologi tersebut diklaim mampu membuat baterai Oppo R7 dan Oppo R7 Plus mampu terisi dari 0-75% hanya dalam waktu 30 menit.

KONEKTIVITAS OPPO R7 DAN R7 PLUS

Oppo R7 dan Oppo R7 Plus sudah dilengkapi dengan dukungan jaringan 4G yang mampu membuat kedua perangkat ini menghasilkan kecepatan koneksi 150 Mbps Downlink dan 50 Mbps Uplink ketika berada dalam jangkauan jaringan 4G LTE Cat4. Oppo R7 dilengkapi dengan Wi-Fi 802.11 b/g/n (Wi-Fi Direct dan Hotspot) sementara Oppo R7 Plus lebih baik dengan Wi-Fi 802.11 a/b/g/n/ac (dual-band, Wi-Fi Direct, dan Hotspot). Bluetooth yang dimiliki oleh keduanya merupakan versi teranyar yakni Bluetooth v4.0 dan telah dilengkapi dengan microUSB v2.0 (USB Host).

Oppo menanamkan GPS dengan dukungan dari A-GPS dan GLONASS ke dalam dua perangkatnya ini sehingga meningkatkan kecepatan dan keakuratan ketika mengunci sebuah lokasi. Sayangnya, kedua perangkat ini belum dilengkapi dengan NFC dan port infrared yang sebenarnya dapat digunakan sebagai alternatif ketika berbagi konten.

Untuk berselancar di dunia maya pengguna dapat memanfaatkan aplikasi Google Chrome yang sudah tersedia secara pre-installed. Chrome merupakan salah satu web browser mobile terbaik karena kemampuannya dalam melakukan rendering halaman website versi desktop sangat baik. Selain itu, Chrome juga dapat digunakan untuk membuka multi-tab dengan jumlah yang cukup banyak tanpa mengalami lag. Fitur yang dimiliki Chrome masih standar dan sama seperti browser lain seperti Bookmark, History, Cookies, Find on Page, Share, Desktop Mode, Save Page, dan sebagainya.

KAMERA OPPO R7 DAN R7 PLUS

Oppo R7 dan Oppo R7 Plus masih menggunakan kamera utama 13 MP seperti apa yang dimiliki Oppo R5. Meskipun demikian, Oppo R7 dan Oppo R7 Plus menggunakan optik Schneider-Kreuznach dan lensa Sony IMX278 sehingga kualitas jepretan tentunya lebih baik dari kamera 13 MP milik Oppo R5. Kamera Oppo R7 Plus tampil lebih sangar dengan sensor 13 MP ISOCELL RGBW, tidak seperti RGB Imager konvensional pada Oppo R7.

harga Oppo R7 camera

Oppo mengklaim bahwa sensor tersebut mampu mengurangi noise sebanyak 78% dan dapat menerima cahaya 32% lebih banyak. Kamera utama Oppo R7 dilengkapi dengan phase detection focus dan LED Flash sementara Oppo R7 Plus memiliki laser autofocus dan dual-LED Flash. Kedua perangkat ini dibekali dengan fitur yang sama yakni geo-tagging, touch focus, face detection, panorama, dan HDR. Resolusi maksimum yang dapat dihasilkan yakni sebesar 4128 x 3096 pixels sementara jika digunakan untuk merekam video dapat menghasilkan rekaman dengan kualitas [email protected]

Oppo R7 dan Oppo R7 Plus nampaknya akan sangat cocok untuk pengguna yang menyukai dunia fotografi terutama yang gemar berfoto selfie. Si vendor telah menyematkan kamera depan 8 MP pada Oppo R7 dan Oppo R7 Plus sehingga akan menghasilkan kualitas foto selfie lebih baik.

Harga Oppo R7 plus

Dengan spesifikasi kamera kelas kakap yang dimiliki, kamera Oppo R7 dan Oppo R7 Plus dapat menjanjikan sebuah hasil jepretan berkualitas. Tingkat noise memang terbukti lebih sedikit terutama pada hasil jepretan kamera Oppo R7 Plus. Rendering warna yang dihasilkan pun begitu halus dan natural disertai kontras yang begitu tajam. Sayangnya penggunaan flash ketika pengambilan gambar dilakukan di tempat dengan pencahayaan minim menghasilkan gambar dengan pewarnaan yang cukup jenuh. Kamera milik dua perangkat ini cukup baik ketika digunakan untuk merekam video. Hasil rekaman video memiliki gambar yang begitu halus serta pewarnaan cerah dan natural ketika digunakan di luar ruangan.

HARGA OPPO R7 DAN R7 PLUS

Bodi berbalut bahan metal unibody tentunya sangat memikat mata, terlebih dengan rim berlapis chrome di sekeliling bodi yang menambah kesan elegan. Layar resolusi Full HD yang dimiliki Oppo R7 dan Oppo R7 Plus mampu menyajikan kualitas tampilan yang sangat baik. Tampilan layar memiliki warna begitu natural dan kontras yang tajam sehingga sangat nyaman untuk dipandang.

Di sektor dapur pacu, chipset Qualcomm Snapdragon 615 bukanlah pilihan terbaik untuk sebuah smatphone premium. Meskipun demikian, prosessor Octa Core dan RAM seluas 3 GB yang digunakan kedua perangkat ini mampu menutupi kekurangan tersebut sehingga performa Oppo R7 dan Oppo R7 Plus masih dinilai cukup baik dalam menopang kinerja single-tasking maupun multi-tasking. Oppo membedakan kuota penyimpanan internal yang dimiliki kedua perangkat ini yakni 16 GB untuk Oppo R7 dan 32 GB yang dimiliki Oppo R7 Plus.

Sayangnya, kedua perangkat ini tidak dilengkapi slot microSD khusus karena masih bergantung pada slot SIM Card sekunder. Hal tersebut kurang menguntungkan bagi pengguna yang ingin menggunakan dual-SIM Card karena tidak dapat menyertakan kartu microSD sebagai penambah daya penyimpanan. Teknologi VOOC yang diterapkan Oppo pada perangkat ini akan sangat membantu pengguna yang tidak memiliki banyak waktu untuk mencharge gadgetnya.

Oppo R7 dan Oppo R7 Plus memiliki kamera utama 13 MP dengan menggunakan optik Schneider-Kreuznach dan lensa Sony IMX278. Di sektor kamera depan, Oppo melengkapi perangkatnya ini dengan kamera 8 MP sehingga kualitas jepretan antara kamera depan dan belakang tidak berbeda terlalu jauh. Secara keseluruhan, sektor photography milik Oppo R7 dan Oppo R7 Plus mampu menyajikan hasil foto dan video berkualitas meskipun ketika digunakan di tempat dengan pencahayaan rendah nampak memiliki warna yang agak jenuh. Perangkat ini hanya disediakan dalam dua varian warna yakni Gold dan Silver.

Meskipun spesifikasi yang dibawa tidak segahar milik Samsung Galaxy S6, harga yang ditawarkan Oppo untuk kedua perangkatnya ini dirasa tidak overprice sehingga sangat cocok bagi anda yang mengidamkan smartphone mutakhir dengan harga terjangkau.

Last edited 31 August 2015