REVIEW SAMSUNG GALAXY A8

Harga Samsung Galaxy A8 - Di pertengahan tahun 2015 ini, Samsung merilis generasi penerus A series dengan nama Samsung Galaxy A8. Perangkat ini tidak membawa peningkatan spesifikasi yang signifikan jika dibandingkan dengan Samsung Galaxy A7. Spesifikasi Samsung Galaxy A8 yang cukup membedakan dengan pendahulunya ialah sistem operasi, penambahan resolusi di kamera belakang dan telah dilengkapi dengan fingerprint sensor. Perangkat ini sudah menggunakan prosessor Octa-Core namun sayang chipset yang digunakan masih kurang mumpuni untuk berada di kelas smartphone premium. Meskipun demikian, Samsung diperkirakan akan menjual perangkatnya ini dengan harga di kisaran Rp. 4.500.000,- hingga Rp. 5.000.000,-. Dengan range harga tersebut, Samsung Galaxy A8 akan bersaing dengan produk dari vendor lain seperti Asus Zenfone 2 dan Xiaomi Mi Note.

DESAIN SAMSUNG GALAXY A8

Samsung Galaxy A8 nampaknya menduplikasi desain yang digunakan Samsung Galaxy A7 karena kedua perangkat ini terlihat sangat mirip. Ukuran bodi yang dimiliki keduanya nyaris sama namun Galaxy A8 didesain sedikit lebih tipis dengan ketebalan hanya 5.9 mm.

samsung galaxy a8 unboxing

Perangkat ini terlihat begitu mewah berkat material metal yang digunakan untuk menyelimuti bodi Galaxy A8. Kesan elegan akan terpancar dari Galaxy A8 karena Samsung memberikan rim di sekeliling bodi dengan lapisan chrome. Meskipun mewah dan elegan, desain yang diterapkan Samsung untuk perangkat produksinya dinilai sangat membosankan. Sebagai contoh, untuk seri Galaxy A dari Galaxy A3 hingga kini mencapai seri Galaxy A8 tak nampak perbedaan signifikan dari segi desain. Dari segi ergonomi, Samsung Galaxy A8 terasa sangat nyaman untuk digenggam meskipun ukurannya cukup besar. Cover metal yang digunakan mampu memberikan grip yang sangat baik pada telapak tangan sehingga tidak mudah tergelincir ketika digenggam.

Samsung masih mempercayakan sebuah tombol fisik yang berguna sebagai tombol Home di bagian muka Samsung Galaxy A8. Tombol Home tersebut juga berfungsi sebagai fingerprint sensor alias pemindai sidik jari pengguna yang dapat digunakan sebagai alternatif untuk membuka kunci layar. Tombol tersebut diapit oleh dua tombol kapasitif yakni tombol Recent App dan Back sedangkan di atas layar pengguna dapat menemukan earpiece, kamera depan, sensor jarak, sensor cahaya, dan logo Samsung tentunya.

Harga Samsung Galaxy A8: Design

Di cover belakang, Samsung menempatkan kamera belakang yang diapit oleh LED Flash dan loudspeaker sementara logo Samsung sedikit ditempatkan lebih ke bawah. Tombol Power/Lock, slot SIM Card, dan slot MicroSD berada di sisi kanan bodi sedangkan di sisi kiri bodi hanya terdapat tombol pengatur volume. Di sisi atas bodi pengguna hanya akan menjumpai lubang kecil yang merupakan lubang mikrofon sekunder sedangkan di sisi bawah bodi terlihat cukup ramai dengan adanya port microUSB, mikrofon utama, dan jack audio 3.5 mm. Dengan bodinya yang sangat tipis maka sangat beralasan jika Samsung menerapkan konsep unibody pada perangkatnya ini sehingga pengguna tidak dapat melepas back cover dengan leluasa. Samsung Galaxy A8 disediakan dalam beberapa varian warna seperti Pearl White, Midnight Black, dan Champagne Gold.

samsung galaxy A8 hands on

LAYAR SAMSUNG GALAXY A8

Di sektor layar, Samsung Galaxy A8 memiliki spesifikasi serupa dengan layar milik Samsung Galaxy A7. Bentang layar 5.5 inchi yang digunakan bertipe Super AMOLED Capacitivie Touchscreen dengan kemampuan rendering warna hingga 16 juta varian warna. Layar tersebut dibekali dengan resolusi Full HD 1080 x 1920 pixels sehingga kerapatan pixelnya pun cukup tinggi yakni 401 ppi. Layar tersebut sudah dibekali dengan fitur multitouch sehingga memungkinkan pengguna untuk menavigasi layar menggunakan beberapa jari secara bersamaan.

Layar Samsung Galaxy A8 mendapatkan perlindungan yang cukup terjamin karena sudah dilapisi dengan Corning Gorilla Glass 4. Dibandingkan dengan pesaingnya Asus Zenfone 2 dan Xiaomi Mi Note, spesifikasi layar milik Galaxy A8 masih sedikit lebih unggul. Zenfone 2 yang mengusung ukuran dan resolusi yang sama masih menggunakan Corning Gorilla Glass 3 sedangkan Xiaomi Mi Note yang membawa layar 5.7 inchi dengan resolusi Full HD mengakibatkan kerapatan pixelnya sedikit lebih rendah dari Galaxy A8.

Layar samsung galaxy A8

Layar Super AMOLED yang digunakan berdampak positif pada kualitas tampilan yang dimiliki layar Samsung Galaxy A8. Kontras yang tajam dan pewarnaan natural khas S-AMOLED benar-benar akan memanjakan mata pengguna perangkat ini. Layar tersebut dapat melakukan rendering warna hitam dan putih yang terlihat begitu pekat. Selain itu, tingkat reflektifitas layar Galaxy A8 begitu rendah sehingga pengguna tidak akan dibuat kesulitan ketika melihat isi layar di bawah sinar matahari langsung. Dalam pengujian sunlight rasio kontras, layar Galaxy A8 mampe meraih angka sebesar 3.679 dimana angka tersebut mampu melampaui raihan milik Oppo R5 dan Samsung Galaxy S5.

HARDWARE DAN SOFTWARE SAMSUNG GALAXY A8

Samsung Galaxy A8 membawa chipset serupa dengan pendahulunya yakni Qualcomm MSM8939 Snapdragon 615. Prosessor yang digunakan adalah Octa-Core dengan perincian Quad-Core 1.4 GHz Cortex-A53 & Quad-Core 1.0 GHz Cortex-A53. Demi menunjang performa multi-tasking, vendor asal Korea ini membenamkan RAM sebesar 2 GB ke dalam Galaxy A8. Performa grafis akan ditopang oleh GPU Adreno 405 sementara untuk media penyimpanan Samsung telah menyertakan memori internal sebesar 16 GB. Jika pengguna membutuhkan ruang ekstra untuk menyimpan data pribadinya, Samsung telah menyediakan slot microSD yang dapat membaca memori eksternal hingga kapasitas 64 GB.

Meskipun masih membawa spesifikasi yang sama dengan Galaxy A7, dapur pacu milik Galaxy A8 masih lebih mumpuni jika dibandingkan dengan Asus Zenfone 2 (2 GB RAM) meskipun jika dibandingkan dengan Xiaomi Mi Note masih sedikit tertinggal. Xiaomi Mi Note telah dipersenjatai dengan chipset yang lebih canggih yakni Qualcomm Snapdragon 801 dengan RAM 3 GB. Samsung Galaxy A8 ditenagai oleh baterai bertipe Li-Ion berdaya 3050 mAh, 450 mAh lebih besar dari baterai milik Samsung Galaxy A7. Baterai tersebut bersifat non-removable yang artinya pengguna tidak dapat mencopot baterai tersebut dari bodi Galaxy A8.

Dengan spesifikasi jeroan yang begitu tangguh, Samsung Galaxy A8 menyajikan performa yang begitu responsif kepada penggunanya. Seluruh aplikasi dapat dijalankan dengan sangat mulus tanpa mengalami kendala lag ataupun hang. Dalam pengujian GeekBench 3, Samsung Galaxy A8 mampu menyaingi produk high-end dari Apple yakni Apple iPhone 6 Plus serta mampu melampaui perolehan angka milik LG G3. Performa Samsung Galaxy A8 juga didukung oleh tampilan grafis yang begitu optimal sehingga sangat nyaman untuk bermain game dengan kualitas HD.

Samsung Galaxy A8 berjalan menggunakan sistem operasi Android dengan versi lebih anyar dibanding OS yang digunakan Samsung Galaxy A7. Sistem operasi yang digunakan phablet ini adalah OS Android v5.1 Lolipop yang juga berperan memberikan performa responsif yang dimiliki Galaxy A8. Sistem operasi tersebut akan bahu membahu dengan TouchWiz buatan Samsung dalam memberikan interface kepada pengguna. Masih seperti biasa, di halaman Lockscreen menampilkan informasi mengenai waktu dan tanggal serta sebuah icon kecil untuk menuju ke antarmuka aplikasi kamera.

Hardware samsung galaxy A8

Di halaman Homescreen pengguna akan menjumpai 4 buah icon aplikasi pada dock di bagian bawah yang secara default merupakan icon panggilan, kontak, pesan, dan browser serta sebuah icon untuk menuju app drawer. Samsung menyediakan 5 buah halaman Homescreen sebagai wadah bagi widget, folder, dan icon shortcut aplikasi. Dengan layarnya yang cukup besar tentunya pengguna akan kesulitan ketika menulis/mengetik menggunakan satu tangan. Samsung telah menyediakan sebuah fitur One Handed Operation agar pengguna dapat dengan nyaman mengetik/menulis menggunakans satu tangan. Fitur tersebut dapat digunakan untuk merubah ukuran dan posisi keyboard agar lebih sesuai dengan keinginan pengguna.

Bagi pengguna yang gemar mengoleksi foto, tersedia sebuah Galeri di dalam Samsung Galaxy A8 sebagai wadah untuk menampung seluruh koleksi foto maupun video milik pengguna. Galeri tersebut sudah secara otomatis terintegrasi dengan beberapa media online seperti Picasa dan Flickr serta sudah terhubung dengan beberapa penyimpanan Cloud. Selain itu, galeri ini juga sudah dilengkapi dengan fitur DLNA sehingga pengguna dapat konten foto di perangkat lain yang terhubung di jaringan yang sama. Seluruh koleksi foto akan disusun berdasarkan waktu namun pengguna dapat merubahnya agar disusun menurut album, location, dan event. Fitur Pinch Zoom dimiliki Galeri Galaxy A8 sehingga pengguna dapat mengatur ukuran thumbnail foto di dalam Galeri. Pengguna dapat langsung mengedit foto melalui Galeri ini meskipun tools yang dimiliki tidak selengkap aplikasi editor foto pihak ketiga.

antar muka samsung galaxy A8

Aktivitas mendengarkan musik akan difasilitasi oleh aplikasi pemutar musik terdedikasi yang juga sudah dilengkapi dengan fitur DLNA. Seluruh koleksi musik di dalam memori penyimpanan akan dimuat berdasarkan All, Artists, Albums, Genres, Folders, dan Playlists. Salah satu fitur yang unik adalah fitur bernama Music Square yang akan mengelompokkan koleksi lagu berdasarkan mood dan tempo. Aplikasi ini dapat membaca hampir seluruh format audio seperti MP3, WAV, WMA, eAAC+, dan FLAC Player. Pengguna dapat mengoptimalkan keluaran suara melalui Equalizer dimana Samsung telah menyediakan sebanyak 7 band Equalizer dan satu pilihan custom agar pengguna dapat mengutak-atik equalizer agar sesuai dengan keinginannya. Selain menggunakan aplikasi pemutar musik ini, pengguna juga dapat menggunakan Google Play Music yang merupakan aplikasi bawaan dari Google. Perangkat ini sudah dilengkapi dengan antena built-in sehingga pengguna yang ingin mendengarkan Radio tidak perlu mencolokkan headset. Keluaran suara melalui loudspeaker terdengar cukup bertenaga meskipun treble terdengar lebih mendominasi.

Samsung menyediakan aplikasi pemutar video terdedikasi yang dapat memutar beberapa format video seperti MP4, WMV, dan H.264 Player. Sama seperti Galeri dan Pemutar Musik, aplikasi ini juga sudah dilengkapi dengan fitur DLNA sehingga pengguna dapat memutar video dari perangkat lain yang berada di dalam satu jaringan yang sama. Selain itu, Samsung juga menyematkan fitur pop-up window pada aplikasi ini sehingga memungkinkan pengguna untuk menonton video sembari membuka aplikasi.

samsung galaxy A8 multiwindows

Pengguna dapat mengubah ukuran pop up window tersebut dan menggeser posisinya agar sesuai dengan kebutuhan. Aplikasi pemutar video ini dapat menampilkan berbagai format subtitle sehingga pengguna tidak perlu kebingungan jika menonton video berbahasa asing. Samsung menyematkan beberapa aplikasi pre-installed ke dalam Samsung Galaxy A8 seperti S Planner, Memo, My Files, Clock (Alarm, World Clock, Stopwatch, Timer), File Manager, Voice Recorder, Google Maps, Google Now, dan sebagainya. Selain memiliki Google Play Store, Samsung Galaxy A8 dilengkapi pula dengan Galaxy Apps yakni sebuah store yang menyediakan berbagai macam konten ekslusif produk Galaxy.

KONEKTIVITAS SAMSUNG GALAXY A8

Samsung Galaxy A8 sudah mendukung koneksi menggunakan jaringan 4G LTE sehingga pengguna tak perlu khawatir dibuat jengkel karena koneksi lemot. Perangkat ini mampu berakselerasi dengan kecepatan 150/50 Mbps pada jaringan 4G LTE Cat4. Jika berada di luar jangkauan jaringan 4G, perangkat ini akan memanfaatkan jaringan 3G HSPA untuk mendapatkan koneksi dengan kecepatan 42.2/5.76 Mbps.

Phablet ini dipersenjatai dengan Wi-Fi 802.11 a/b/g/n (dual-band, Wi-Fi Direct, dan Hotspot) guna mendapatkan koneksi dari jaringan hotspot. Meskipun tidak dilengkapi dengan port infrared, Samsung telah menyematkan Bluetooth v4.0 (A2DP, EDR, LE), NFC, dan microUSB v2.0 yang dapat digunakan untuk berkirim konten dengan perangkat lain. Si vendor membenamkan GPS dengan dukungan dari A-GPS dan GLONASS sehingga GPS milik Galaxy A8 mampu mengunci lokasi perangkat dengan cepat dan akurat.

Terdapat dua web browser default di dalam Samsung Galaxy A8 yakni browser bawaan Android dan Google Chrome. Keduanya mendukung multiple tabs termasuk penggunaan fitur Incognito serta sudah dilengkapi dengan fitur desktop view. Google Chrome memiliki performa lebih baik terutama ketika digunakan untuk membuka multitab dengan jumlah cukup banyak. Fitur yang dibawa kedua browser ini masih standar seperti web browser lain seperti Bookmark, History, Cookies, Find on Page, Share, dan sebagainya.

KAMERA SAMSUNG GALAXY A8

Peningkatan resolusi kamera di tubuh Samsung Galaxy A8 menjadi salah satu pembeda perangkat ini dari seri sebelumnya Samsung Galaxy A7. Kamera utama 16 MP beresolusi 5312 x 2988 pixels milik Samsung Galaxy A8 dilengkapi dengan autofocus dan LED Flash. Meskipun belum dilengkapi dengan Optical Image Stabilization (OIS), kamera Galaxy A8 memiliki beberapa fitur lain seperti Geo-Tagging, Touch Focus, Face Detection, Panorama, dan HDR. Selain berfoto, kamera utama ini dapat digunakan untuk merekam video dengan kualitas [email protected]

kamera samsung galaxy A8

Di sektor kamera depan, resolusi 5 MP dari Samsung Galaxy A7 masih dipergunakan Samsung untuk disematkan ke Samsung Galaxy A8. Meskipun tak ada peningkatan, resolusi tersebut masih dianggap cukup baik karena juga dapat digunakan untuk merekam video dengan kualitas 1080p. Dibandingkan dengan Asus Zenfone 2, resolusi kamera utama Samsung Galaxy A8 masih lebih baik namun sayang phablet ini belum dilengkapi dengan Dual-LED Flash seperti milik Asus Zenfone 2.

Hasil jepretan menggunakan kamera milik Samsung Galaxy A8 tentu lebih baik dari kamera Galaxy A7. Detail dan akurasi warna benar-benar memanjakan mata, terlebih dengan noise yang terlihat sangat rendah. Meskipun demikian, kamera ini masih dinilai kurang mumpuni jika digunakan untuk mengambil foto di tempat dengan pencahayaan minim. LED Flash yang dimiliki perangkat ini kurang mengakomodir kebutuhan cahaya sehingga warna pada hasil foto terlihat kurang natural dan memiliki tingkat noise cukup tinggi.

Ketika digunakan untuk merekam video, pengguna dapat menghasilkan video dengan resolusi maksimum 1920 x 1080 pixels at 30fps. Hasil rekaman menampilkan video dengan kualitas gambar yang cukup baik dimana pewarnaan yang cerah dan natural serta terlihat begitu smooth. Selain itu, white balance ketika merekam video di luar ruangan juga sangat akurat serta memiliki kualitas suara stereo yang sangat baik.

HARGA SAMSUNG GALAXY A8

Meskipun memiliki desain yang cukup identik dengan pendahulunya, Samsung Galaxy A8 ternyata tampil lebih elegan berkat cover metal yang dipilih oleh Samsung. Selain itu, bodi Samsung Galaxy A8 juga dinilai lebih tipis dari Galaxy A7 sehingga lebih nyaman untuk digunakan. Di sektor layar, Samsung tak melakukan perubahan berarti dimana layar 5.5 inchi beresolusi Full HD yang sebelumnya digunakan Galaxy A7 masih disematkan untuk Samsung Galaxy A8.

Samsung menggunakan lapisan Corning Gorilla Glass 4 yang merupakan versi teranyar dari pelindung layar tersebut sehingga pengguna tak perlu khawatir layar gadgetnya tergores. Dengan resolusi yang cukup tinggi serta didukugn dengan tipe layar wahid Super AMOLED, layar Samsung Galaxy A8 mampu menyajikan tampilan dengan detail tajam dan pewarnaan yang sangat baik. Kemampuan layar phablet ini didukung pula dengan dapur pacu yang terbilang cukup sangar. Chipset Qualcomm Snapdragon 615 yang digunakan masih terbilang mumpuni dalam memberikan performa responsif dan smooth berkat bantuan RAM 2 GB dan prosessor Octa-Core yang digunakan smartphone asal Korea ini.

Meskipun tak terdapat perbedaan signifikan di sektor dapur pacu, Samsung membekali perangkat anyarnya ini dengan sistem operasi Android OS v5.1 Lolipop yang notabene merupakan versi ternyar dari OS berlogo robot hijau tersebut. Dukungan TouchWiz UI buatan Samsung juga memberikan dampak positif kepada user interface Galaxy A8.

Dukungan koneksi 4G LTE yang dimiliki Samsung Galaxy A8 dapat menjadi salah satu daya tarik tersendiri. Sayangnya, Samsung tidak menyematkan port infrared pada perangkat ini meskipun fitur konektivitas yang dimiliki Galaxy A8 sudah terbilang cukup komplit. Peningkatan spesifikasi di sektor kamera utama menjadi 16 MP memberikan hasil jepretan lebih baik ketimbang kamera Galaxy A7 yang masih menggunakan resolusi 13 MP. Meskipun demikian, kelemahan ketika mengambil gambar di tempat minim cahaya masih ditemui di kamera ini karena belum dilengkapi dengan Dual-LED Flash (Dual-Tone) seperti yang Asus terapkan pada Asus Zenfone 2. Seluruh kegiatan Samsung Galaxy A8 akan ditopang oleh baterai Li-Ion berdaya 3050 mAh. Baterai tersebut terbilang cukup mumpuni untuk menopang kinerja phablet ini seharian.

Last edited 28 August 2015