Harga HP - Harga Smartfren Andromax C2S. Perangkat CDMA seakan tenggelam dengan semakin banyaknya perangkat GSM yang diproduksi para vendor. Namun, Smartfren sebagai salah satu brand lokal tetap mempertahankan eksistensi perangkat CDMA di tahun 2015 ini dengan meluncurkan produk bernama Smartfren Andromax C2S. Meskipun perangkat ini bukan perangkatpremium, namun si vendor menyematkan spesifikasi cukup mumpuni untuk bersaing dengan smartphone lain di kelas entry-level. Hasil upgrade dari Smartfren Andromax C2 ini akan menantang produk-produk Android One besutan Google dengan beberapa vendor lokal seperti Nexian Journey One, Mito Impact A10, dan Evercoss One X.

harga smartfren andromax c2s

DESAIN SMARTFREN ANDROMAX C2S

Dengan harganya yang sangat terjangkau maka sangat wajar jika perangkat ini hanya memuat material plastik untuk covernya. Andromax C2S memiliki dimensi bodi berukuran 124.5 x 64.5 x 10.0 mm dengan bobot mencapai 140 gram. Dengan ukurannya yang cukup mini, Andromax C2S begitu nyaman saat digenggam menggunakan satu tangan. Cover belakang berlapis glossy terasa cukup kesat sehingga perangkat ini tidak mudah tergelincir ketika digenggam. Sayangnya, si vendor mendesain Andromax C2S dengan sudut bodi siku-siku sehingga membuat telapak tangan terasa cukup pegal ketika menggenggam perangkat ini terlalu lama. Smartfren Andromax CS2 diproduksi dalam dua varian warna cover yakni warna Hitam dan Putih.

Smartfren menempatkan sebuah sensor jarak di atas layar menemani earpiece, kamera depan dan LED Flash sedangkan di bawah layar terdapat tiga tombol kapasitif yakni Recent App, Home, dan Menu. Pada permukaan cover belakang, perangkat ini dilengkapi dengan kamera utama dan LED Flash serta sebuah logo Smartfreen dan loduspeaker di bawahnya. Di sisi kanan bodi terdapat tombol pengatur volume dan port microUSB sedangkan di sisi kiri tidak terdapat kontrol atau port apapun. Jack Audio 3.5 mm diletakkan di sisi atas bodi yang berdampingan dengan tombol power/lock. Smartfren Andromax C2S tidak didesain unibody sehingga pengguna dapat membuka cover belakang dengan leluasa. Di balik cover belakang pengguna dapat menemukan dua slot SIM Card (GSM dan CDMA) dan slot microSD.

LAYAR SMARTFREN ANDROMAX C2S

Spesifikasi layar yang dibawa Smartfren Andromax C2S masih sama seperti layar milik pendahulunya Andromax C2. Layar dengan bentang 4.0 inchi dibekali resolusi WVGA 480 x 800 pixels yang membuat layar ini hanya memiliki kerapatan pixel sebesar 233 ppi. Tipe layar yang digunakan adalah TFT Capacitive Touchscreen yang memiliki kemampuan untuk mereproduksi warna hingga 16 juta varian warna. Fitur multitouch juga telah disematkan ke dalam layar ini sehingga layar masih tetap merespon meskipun pengguna menavigasi layar menggunakan beberapa jari secara bersamaan. Smartfren belum memberikan lapisan proteksi pada layar ini sehingga pengguna dituntut hati-hati agar layar tidak tergores. Untuk meminimalisir hal tersebut, pengguna dapat menambahkan sendiri protektor layar sebelum pemakaian pertama kali.

Dengan spesifikasi ini, Smartfren Andromax mampu bersanding dengan beberapa smartphone low-end dari brand ternama seperti Microsoft Lumia 532 dan Sony Xperia E4. Meskipun bukan spesifikasi mewah, setidaknya pengguna masih dapat menikmati tampilan yang cukup berkualitas dari smartphone ini. Kontras layar masih terbilang baik meskipun rendering warna terlihat kurang natural bahkan cenderung jenuh. Kualitas warna hitam dan putih dapat dikatakan baik karena terlihat cukup pekat. Namun sayangnya tingkat reflektifitas layar ini masih sangat tinggi sehingga pengguna akan cukup kesulitan melihat isi layar ketika menggunakan Andromax C2S di bawah sinar matahari langsung.

HARDWARE DAN SOFTWARE SMARTFREN ANDROMAX C2S

Smartfren membenamkan chipset Qualcomm Snapdragon dengan prosesor Dual-Core 1.2 GHz Cortex-A7. Chipset tersebut akan bekerjasama dengan RAM 512 MB dalam menopang kinerja multi-thread sedangkan pengolah grafis yang dimiliki Andromax C2S adalah Adreno 302. Si vendor mempersenjatai perangkat ini dengan kapasitas memori internal sebesar 4 GB disertai slot microSD yang dapat membaca memori eksternal hingga kapasitas 32 GB untuk lebih meningkatkan kapasitas penyimpanan. Dengan spesifikasi jeroan tersebut, nampaknya membuat Smartfren sedikit tertinggal dari para pesaingnya yang sudah dipersenjatai prosesor Quad-Core. Sebut saja perangkat-perangkat Android One yang dibekali dengan RAM 1 GB dan prosesor Quad-Core berkecepatan 1.2 GHz.

Pemilihan chipset Snapdragon memang cukup membantu meningatkan performa dari Andromax C2S ini. Namun dalam kenyataannya perangkat ini terlihat cukup kewalahan ketika harus menjalankan aplikasi-aplikasi berat. RAM sebesar 512 MB yang dimiliki nyatanya kurang mumpuni untuk menopang kinerja multi-tasking karena terasa begitu tersendat. Kapasitas internal memori juga menjadi kendala karena dari total 4 GB yang dimiliki hanya separuh (2 GB) yang dapat digunakan pengguna karena beberapa aplikasi pre-installed sudah ada di dalam perangkat ini. So, pengguna nampaknya sudah harus menyiapkan memori eksternal ketika menggunakan perangkat ini.

Smartfren Andromax C2S berjalan menggunakan sistem operasi Android OS v4.4 KitKat. Meskipun tidak semutakhir OS Android v5.0 Lolipop seperti yang ada pada perangkat Android One, sistem operasi ini memiliki kemampuan tidak kalah baiknya dari versi terbaru OS berlogo robot hijau ini. Pada halaman Lockscreen masih seperti biasa dimana akan dijumpai widget mengenai informasi tanggal dan waktu serta satu icon shortcut aplikasi kamera. Di halaman Homescreen, terdapat dock aplikasi yang memuat lima buah icon shortcut. Secara default, kelima icon tersebut adalah panggilan, pesan, app drawer, kamera, dan browser. Di atas dock, pengguna dapat menambahkan folder, widget, dan icon shortcut aplikasi. Pada dock aplikasi, seluruh aplikasi yang terinstall akan dimuat berdasarkan nama aplikasi. Pengguna dapat merubah susunan tersebut sesuai dengan intensitas penggunaan dan terbaru di download.

Perangkat ini dilengkapi dengan beberapa fitur multimedia, salah satunya adalah aplikasi pemutar musik terdedikasi. Aplikasi ini dapat memutar beragam format audio seperti MP3, WAV, dan eAAC+ Player. Seluruh konten musik akan disusun berdasarkan Semua Lagu namun pengguna dapat merubah susunan tersebut berdasarkan Artists, Albums, Genres, Favorites, dan Playlists. Tersedia pengaturan Equalizer disertai beberapa preset dan satu custom agar pengguna dapat mengoptimalkan keluaran suara seperti yang diinginkan. Smartfren telah menanamkan chipset Dolby Digital Plus ke dalam perangkat ini sehingga kualitas suara yang diberikan sangatlah baik. Dentuman bass dan treble berpadu dengan cantik tanpa terdengar cempreng ketika volume dalam keadaan maksimal.

Si vendor juga menyematkan aplikasi pemutar video meski tanpa dukungan format berlimpah. Aplikasi ini hanya mampu memutar video dengan format MP4 dan H.264 Player tanpa dilengkapi kemampuan untuk menampilkan subtitle. Ketika digunakan untuk memutar video 1080p, aplikasi ini dinilai kurang mumpuni karena video yang ditampilkan terlihat cukup tersendat. Meskipun demikian, aplikasi ini dinilai sudah cukup baik untuk sekedar memutar video kesayangan pengguna. Jika dirasa kurang memuaskan pengguna dapat menginstall aplikasi pemutar video yang banyak disediakan Play Store baik yang gratis maupun berbayar. Demi melengkapi fitur multimedia, si vendor juga menyematkan aplikasi FM Radio ke dalam perangkat ini. Tanpa adanya antena built-in membuat pengguna masih harus menancapkan headset untuk menikmati aplikasi FM Radio ini.

Selain beberapa aplikasi di atas, Smartfren Andromax C2S telah dilengkapi dengan beragam aplikasi pre-installed seperti Kalkulator, Kalender, Clock (World Clock, Stopwatch, Alarm, Timer), Weather, Note, Konverter, dan sebagainya. Layanan Google Maps juga dapat langsung dinikmati pengguna Andromax C2S tanpa harus repot-repot menginstall dari Play Store. Google Maps akan sangat membantu pengguna dalam menunjukkan arah ke lokasi yang hendak dituju. Dukungan fitur navigasi suara yang ada di dalam Google Maps menjadikan pengguna tidak perlu repot memegang perangkat ini untuk mengetahui rute yang akan ditempuhnya. Smartfren Andromax C2S ditenagai oleh baterai Li-Ion berdaya 1500 mAh. Baterai tersebut dinilai kurang mumpuni untuk membuat perangkat ini bertahan seharian namun Smartfreen telah menyematkan fitur Qualcomm Quick Charge 1.0 ke dalam Andromax C2S sehingga pengguna dapat mengisi daya dengan lebih cepat.

KONEKTIVITAS SMARTFREN ANDROMAX C2S

Dengan membawa tema smartphone CDMA, perangkat ini tidak lantas dipandang sebelah mata. Koneksi super cepat dapat dinikmat pengguna karena Andromax C2S dilengkapi teknologi EVDO REV.A atau setara 3.5G pada GSM. Jika pengguna kurang puas dengan layanan CDMA, terdapat opsi untuk menikmati layanan koneksi dari SIM Card GSM (3G). Selain itu, Andromax C2S juga dilengkapi dengan Bluetooth v4.0 (A2DP), Wi-Fi 802.11 b/g/n (Hotspot), dan microUSB v2.0. Dukungan navigasi menggunakan Google Maps tidak lepas dari perang GPS yang dimiliki perangkat ini. GPS milik Andromax C2S mendapatkan dukungan dari A-GPS asal Amerika sehingga mampu mengunci lokasi perangkat dengan cukup cepat dan akurat.

Terdapat dua browser default di dalam Andromax C2S yakni browser bawaan Android dan Google Chrome. Secara keseluruhan kedua browser ini tidak memiliki perbedaan signifikan dari segi performa. Keduanya memberikan performa sangat responsif ketika digunakan untuk membuka situs web dalam mode desktop. Namun, Chrome sedikit lebih unggul dalam hal performa ketika membuka multi-tab dimana koneksi internet tetap terjaga dan terasa begitu smooth. Fitur-fitur pendukung yang dimiliki kedua browser ini antara lain Bookmark, History, Incognito, Share, Save Page, Cookies, dan sebagainya.

KAMERA SMARTFREN ANDROMAX C2S

Smartfren telah meningkatkan spesifikasi kamera milik Andromax C2S dari kamera yang dimiliki Andromax C2. Jika sebelumnya C2 memiliki kamera 3 MP, C2S tampil lebih sangar dengan kamera utama 5 MP disertai Autofocus dan LED Flash. Kamera ini didukung beberapa fitur unggulan seperti Geo-Tagging, Touch Focus, dan Face/Smile Detection. Selain kamera utama, perangkat ini dipersenjatai pula dengan kamera depan. Spesifikasi kamera depan yang dibawa Andromax C2S cukup mengejutkan karena selain beresolusi 5 MP kamera depan ini dilengkapi dengan LED Flash yang masih jarang diterapkan vendor lain pada smartphone produksinya. Kedua kamera tersebut dapat menghasilkan jepretan foto dengan resolusi maksimal 2592 x 1944 pixels serta merekam video dengan resolusi [email protected]

Dengan spesifikasi yang terbilang mumpuni, kamera milik Andromax C2S menjadi salah satu yang terbaik di kelas entry-level khususnya dengan smartphone lokal lain. Hasil gambar yang diberikan menampilkan detail yang terlihat cukup tajam. Pewarnaan terlihat jenuh meskipun masih dinilai baik untuk kelas 5 MP. Dengan adanya LED Flash memang cukup membantu ketika pengambilan gambar dilakukan di tempat dengan kondisi minim cahaya namun hal tersebut justru membuat hasil gambar terlihat memiliki warna menjadi lebih jenuh. Penggunaan kamera di luar ruangan dengan pencahayaan memadai lebih dianjurkan untuk menghasilkan hasil gambar memuaskan menggunakan kamera ini. Di sisi lain, hasil rekaman video menggunakan kamera Andromax C2S masih kurang baik. Hasil video memang cukup mulus ketika ditonton namun lagi-lagi pewarnaan yang kurang natural menjadi kekurangan dari kamera ini.

HARGA SMARTFREN ANDROMAX C2S

Smartfren Andromax C2S hadir dengan bentuk bodi cenderung kotak berdimensi 124.5 x 64.5 x 10 mm. Meskipun desain yang dibawa kurang menarik, bodi mungil yang dimiliki perangkat ini mampu meningkatkan nilai ergonomi karena terasa cukup nyaman dan kokoh ketika digenggam. Perangkat ini hadir dengan layar berukuran 4.0 inchi dengan tipe TFT beresolusi WVGA. Meskipun bukan kasta tertinggi dari sebuah resolusi layar, tampilan layar ini masih memberikan kualitas tampilan dengan kontras yang cukup meskipun warna terlihat kurang natural.

Di sektor dapur pacu, Smartfren telah menanamkan chipset Snapdragon dengan prosesor Dual-Core 1.2 GHz Cortex-A7, RAM 1 GB, dan GPU Adreno 302. Kolaborasi seluruh aspek dapur pacu tersebut nampaknya kurang mumpuni untuk memberikan performa responsif terutama dalam menopang kinerja multi-tasking mengingat RAM yang dibawa sangat kecil. Namun demikian, berkat penggunaan sistem operasi Android v4.4 KitKat di dalam perangkat ini cukup memberikan dampak positif pada performa yang dihasilkan.

Smartfren Andromax C2S diproduksi dengan dukungan fitur konektivitas yang cukup komplit. Selain memiliki dua slot SIM Card (CDMA dan GSM), perangkat ini dipersenjatai dengan Bluetooth v4.0, microUSB v2.0, dan Wi-Fi 802.11 b/g/n. Hal mengejutkan justru hadir dari spesifikasi kamera yang dibawa gadget ini dimana kamera utama dan kamera depan 5 MP yang dimiliki mendapat sokongan fitur autofokus dan LED Flash. Sayangnya, baterai Li-Ion yang dimiliki hanya berdaya 1500 mAh sehingga pengguna masih harus bolak-balik mencharge baterai meskipun telah disematkan teknologi Qualcomm Quick Charge v1.0. Dengan apa yang dimiliki Smartfreen Andromax C2S, si vendor membanderol perangkat ini dengan harga yang terjangkau untuk semua kalangan yakni di kisaran Rp. 800.000,- sampai Rp. 950.000,-.

Last edited 19 April 2015