Mungkin masih banyak orang yang belum mengenal vendor smartphone asal Hongkong ini, khususnya di Indonesia. Infinix adalah salah satu vendor smartphone yang beberapa tahun ini turut serta mengekspansi pasar smartphone dunia tak terkecuali di Indonesia. Infinix terlihat serius untuk menyaingi beberapa nama besar seperti Samsung dan LG dengan meluncurkan produk terbarunya yang diberi nama Infinix Zero 2.

Perangkat kelas menengah ke atas ini dibekali dengan spesifikasi yang sangat mumpuni untuk bersaing dengan produk-produk unggulan seperti Samsung Galaxy A5, Asus Zenfone 2, dan Xiaomi Redmi 2 Prime. Perangkat ini nampaknya cukup diunggulkan di sektor hardware karena sudah membawa prosessor Octa-Core disertai RAM yang cukup besar. Perangkat yang sudah mendukung jaringan 4G LTE ini sayangnya belum memiliki NFC dan InfraRed serta memiliki kapasitas daya baterai yang terbilang kecil. Untuk menarik minat pecinta smartphone, si vendor membanderol perangkat ini dengan harga miring alias murah meriah.

DESAIN INFINIX ZERO 2

Dengan harga yang terbilang murah, sangat beralasan jika si vendor hanya mendesain cover Infinix Zero 2 dengan material plastik. Meski terlihat kurang mewah, desain yang digunakan Zero 2 cukup minimalis terutama pada bagian back cover yang berbahan Kevlar memiliki corak bergaris. Bahan Kevlar tersebut diklaim oleh si vendor memiliki daya tahan lebih baik dari plastik sehingga lebih kuat dan tidak mudah pecah.

Perangkat ini memiliki dimensi bodi berukuran 140 x 70 x 6.7 mm sehingga sangat pas untuk digenggam, tidak terlalu besar dan tidak terlalu kecil. Cover Zero 2 yang berbahan plastik membuat perangkat ini terasa begitu enteng karena hanya berbobot 118 gram. Sayangnya sudut bodi terasa agak kaku di telapak tangan karena bentuknya yang kurang bulat sehingga membuat telapak tangan agak pegal ketika menggenggam perangkat ini terlalu lama. Infinix Zero 2 disediakan dalam beberapa varian warna yang cukup beragam seperti hitam, putih, ungu, emas, dan biru.

Pada bagian muka atau tepatnya di atas layar, pengguna dapat menemukan sebuah kamera depan yang berjejeran dengan sensor jarak dan sensor cahaya di samping kiri earpiece. Infinix menempatkan kamera utama pada back cover dengan posisi di sudut kiri atas disertai LED Flash di bawahnya. Logo si vendor di tanam dengan lapisan chrome pada bagian tengah back cover sehingga terlihat cukup elegan. Di sisi kanan bodi Infinix memasang tombol/power lock dan tombol pengatur volume sementara di sisi kiri bodi ditempati oleh slot microSD dan SIM Card yang tergabung dalam satu baki. Di sisi atas bodi terdapat port microUSB dan jack audio 3.5 mm sedangkan di sisi bawah bodi ditempati oleh loudspeaker dan mikrofon utama. Perangkat ini tergolong cukup slim sehingga wajar jika si vendor menggunakan konsep unibody untuk Zero 2.

harga hp infinix zero 2

LAYAR INFINIX ZERO 2

Infinix Zero 2 dibekali layar seluas 5.0 inchi dengan tipe AMOLED Capacitive Touchscreen. Tipe layar tersebut merupakan tipe yang biasa digunakan oleh produsen asal Korea yakni Samsung. Meskipun kini sudah muncul tipe Super AMOLED yang lebih high-class, AMOLED masih banyak digunakan terutama di kalangan smartphone mid-range. Layar Infinix Zero 2 memiliki resolusi HD 720 x 1280 pixels sehingga menghasilkan kerapatan pixel sebesar 294 ppi.

Si vendor melapisi layar tersebut dengan lapisan Corning Gorilla Glass 3 untuk menghindari goresan ketika pemakaian. Selain itu, Infinix juga telah menambahkan fitur multitouch dan kemampuan rendering warna sebanyak 16 juta varian warna. Meski spesifikasi layar yang dibawa kurang mewah, tampilan layar Infinix Zero 2 tidaklah mengecewakan. Ketajaman gambar masih terlihat sangat baik meskipun rendering warna yang dilakukan kurang natural.

HARDWARE DAN SOFTWARE INFINIX ZERO 2

Di sektor hardware, pengguna dapat sedikit tersenyum karena selain membawa chipset MediaTek MT6592, perangkat ini telah menggunakan prosessor Octa Core berkecepatan 2.0 GHz. Demi menopang kinerja multitasking, si vendor menyematkan pula kapasitas RAM yang cukup besar yakni 2 GB. Infinix Zero 2 disediakan dalam 2 varian memori internal yakni 16 GB dan 32 GB disertai slot microSD yang dapat membaca memori eksternal hingga kapasitas 32 GB. Pengolah grafis perangkat ini dipercayakan pada GPU Mali-450MP4 sehingga tampilan grafis tetap optimal dibantu dengan sistem operasi Android v4.4.2 KitKat.

Dengan spesifikasi jeroan yang dimiliki Infinix Zero 2 mampu membuat perangkat ini beroperasi dengan begitu responsif dan mulus di setiap interface. Bagi pengguna yang gemar bermain game, Zero 2 nampaknya dapat dijadikan alternatif smartphone pilihan karena harganya yang terjangkau namun memiliki dapur pacu sangar. Seluruh aktivitas Infinix Zero 2 ditopang oleh baterai bertipe Li-Ion dengan kapasitas baterai sebesar 2300 mAh.

KONEKTIVITAS INFINIX ZERO 2

Kabar gembira tentunya bagi pengguna yang hobi berselancar di dunia maya karena Infinix Zero 2 sudah mendukung jaringan 4G LTE. Yap, perangkat ini mampu menembus kecepatan koneksi sebesar 150/50 Mbps dalam jaringan 4G LTE Cat4 sedangkan dalam jaringan 3G HSPA mampu menembus angka 42.2/5.76 Mbps.

Dengan demikian pengguna akan semakin nyaman ketika berinternet dan tidak akan dibuat kesal karena koneksi lelet. Infinix menyertakan pula beberapa fitur konektivitas yang dapat digunakan untuk berhubungan dengan perangkat lain seperti Wi-Fi 802.11 a/b/g/n (Wi-Fi Direct, hotspot), Bluetooth v4.0, dan microUSB v2.0. Meskipun belum dilengkapi dengan NFC dan InfraRed, Infinix telah menyematkan GPS dengan dukungan dari A-GPS asal Amerika.

KAMERA INFINIX ZERO 2

Infinix Zero 2 membawa kamera utama beresolusi 13 MP 4128 x 3096 pixels disertai LED Flash dan Autofocus. Beberapa fitur yang disematkan pada kamera ini antara lain Geo-Tagging, Panorama, dan HDR. Kamera tersebut dapat digunakan untuk merekam video dengan kualitas Full HD [email protected] disertai fitur Autofocus. Di sektor kamera depan, si vendor menyematkan kamera dengan resolusi 5 MP yang dapat digunakan juga untuk merekam video dan video call. Kamera depan tersebut memiliki Wide Angle sebesar 85 derajat sehingga mampu menangkap gambar selfie lebih luas.

Hasil foto menggunakan kamera utama perangkat ini terbilang cukup baik terutama ketika digunakan di luar ruangan dengan pencahayaan cukup. Hasil foto akan sedikit menurun ketika pengguna mengambil gambar di dalam ruangan, terlebih jika dalam pencahayaan minimal. LED Flash yang digunakan dalam tempat gelap justru membuat warna pada hasil foto tidak merata kecerahannya. Meskipun demikian, kamera utama dan kamera depan perangkat ini dinilai sudah cukup mengakomodir kebutuhan pengguna dalam mengambil foto maupun video.

HARGA INFINIX ZERO 2

Meskipun perangkat ini belum dikenal luas oleh masyarakat, Infinix diam-diam mampu mulai menyedot perhatian dengan spesifikasi tangguh yang dibawa oleh Infinix Zero 2. Harga Infinix Zero 2 dibanderol di kisaran Rp. 2.200.000,- sampai Rp. 2.500.000,- pengguna sudah dapat mendapatkan smartphone berkelas. Meski harga yang ditawarkan cukup murah, spesifikasi yang dibawa oleh perangkat ini tidaklah murahan. Resolusi HD untuk layar 5.0 inchi memang bukan resolusi terbaik namun masih mampu memberikan kualitas tampilan yang baik meskipun tingkat reflektivitas layar dinilai sangat tinggi.

Perangkat ini memiliki keunggulan dalam hal performa karena sudah mengadopsi prosessor Octa Core 2.0 GHz disertai bantuan RAM seluas 2 GB. Dalam hal fotografi, kamera utama dan depan perangkat ini juga sudah lebih dari cukup untuk ukuran smartphone mid-range karena hasil jepretan foto maupun rekaman video mampu bersaing dengan kamera-kamera smartphone sekelasnya. Selain itu, adanya dukungan terhadap jaringan 4G LTE akan mampu membuat pengguna betah berlama-lama surfing di dunia maya karena kecepatan koneksinya yang mampu menembus angka 150/50 Mbps. Perangkat ini tentunya sangat recommended bagi pengguna yang tidak ingin merogoh kocek terlalu dalam untuk memperoleh smartphone berkualitas.

Last edited 06 September 2015