Kemunculan Samsung Galaxy Note 5 pada Agustus tahun ini membuat LG sebagai salah satu kompetitor Samsung dikabarkan segera memperkenalkan LG G Pro 3. Meskipun belum ada informasi resmi mengenai spesifikasi perangkat berukuran phablet ini. Beberapa rumor yang beredar dan membuat gempar adalah adanya sensor retina mata dan sensor sidik jari yang akan disematkan LG pada perangkat ini. Jika rumor tersebut terbukti maka LG G Pro 3 akan menjadi salah satu phablet terbaik di tahun 2015. Chipset mutakhir dari Qualcomm juga disiapkan untuk melengkapi spesifikasi perangkat yang memiliki layar beresolusi QHD ini. Selain akan bersaing dengan Samsung Galaxy Note 5, generasi penerus LG G Pro 2 ini juga akan bersaing ketat dengan Apple iPhone 6 Plus dan Xiaomi Mi 5 Plus.

DESAIN LG G PRO 3

LG G Pro 3 akan menjadi perangkat LG seri G pertama yang akan mengusung cover berbahan alumunium. Yap, seperti yang sudah diketahui bahwa LG seri G hampir semuanya masih menggunakan material plastik sebagai bahan pembuat covernya, termasuk produk teranyar mereka yakni LG G4. Perangkat ini diprediksi akan memiliki dimensi bodi yang nyaris sama dengan LG G Pro 2 yang memiliki dimensi 158 x 81.9 x 8.3 mm. Dengan cover berbahan alumunium nampaknya perangkat ini akan memiliki bobot yang cukup berat. LG mendesain perangkat anyarnya ini dengan empat sudut bodi melengkung sehingga membuat LG G Pro 3 akan terasa begitu nyaman ketika digenggam. LG hanya menyediakan dua varian warna untuk phablet canggih ini yakni Hitam dan Putih.

LG menempatkan sensor jarak, sensor cahaya, earpiece, kamera depan, dan sensor retina di atas layar sedangkan di bawah layar hanya terdapat logo LG. Pada back cover LG G Pro 3 dilengkapi dengan kamera utama yang diapit oleh laser autofocus dan dual-LED Flash (dual-tone). Selain itu, pada back cover LG G Pro 3 ini terdapat tombol power/lock yang berfungsi juga sebagai fingerprint sensor dan tombol pengatur volume khas LG. Di bagian bawah back cover pengguna dapat menemukan logo LG yang berdampingan dengan loudspeaker.

Penempatan tombol power/lock dan pengatur volume di back cover membuat sisi kanan dan kiri bodi perangkat ini terlihat begitu lengang karena hanya terdapat lubang untuk membuka back cover di sisi kanan bodi. Di sisi atas bodi pengguna dapat menjumpai jack audio 3.5 mm, mikrofon sekunder, dan port InfraRed sedangkan di sisi bawah terdapat port microUSB dan mikrofon utama. Untuk menemukan slot SIM Card dan slot MicroSD pengguna harus membuka back cover terlebih dahulu. Yap, perangkat ini tidak menggunakan desain unibody sehingga pengguna dapat mencopot back cover dengan sangat leluasa.

LAYAR LG G PRO 3

LG G Pro 3 akan membawa layar sedikit lebih luas dari layar milik LG G Pro 2 yakni 6.0 inchi. Layar jumbo tersebut dibekali resolusi QHD 1440 x 2560 pixels sehingga menghasilkan kerapatan pixel sebesar 490 ppi. LG menyertakan fitur multitouch dan kemampuan mereproduksi jutaan varian warna pada layar tersebut. Selain itu, Corning Gorilla Glass 4 juga telah disematkan LG pada layar milik LG G Pro 3 tersebut sehingga goresan pada layar selama penggunaan dapat diminimalisir. Layar bertipe IPS tersebut mampu menampilkan gambar dengan kontras yang begitu tajam dan terlihat begitu jernih.

Rendering warna yang dilakukan layar tersebut terlihat begitu natural sehingga sangat cocok digunakan untuk menonton video atau bermain game. Salah satu kelebihan layar milik G Pro 3 ini adalah tingkat reflektifitas layarnya yang sangat rendah. Hal tersebut membuat layar ini tetap terjaga kontrasnya meskipun pengguna mengoperasikan perangkat ini di bawah sinar matahari langsung.

HARDWARE DAN SOFTWARE LG G PRO 3

Meski masih sama-sama menggunakan chipset dari Qualcomm, LG G Pro 3 akan memiliki performa lebih impresif karena membawa versi teranyar dari chipset asal Amerika Serikat tersebut. LG menanamkan chipset Qualcomm Snapdragon 820 dengan prosessor Octa Core berkecepatan tinggi. Performa multitasking akan ditopang bersama dengan RAM sebesar 4 GB yang dimiliki G Pro 3 sehingga kemungkinan terjadinya lag atau hang sangatlah kecil bahkan ketika menjalankan beberapa aplikasi berat sekaligus.

Di sektor penyimpanan, LG menyediakan memori internal sebesar 32 GB disertai opsi untuk mengekspansi daya penyimpanan menggunakan memori eksternal. Yap, LG G Pro 3 dibekali slot microSD yang dapat membaca memori eksternal hingga kapasitas sebesar 64 GB. Dari segi interface, LG G Pro 3 akan memanfaatkan LG Optimus UX 4.0 yang akan bekerjasama dengan Android OS v5.1 Lolipop. Graphics Processing Unit yang disematkan LG pada phablet ini adalah Adreno 530 sehingga grafis ketika pengoperasian lebih optimal. Perangkat ini ditenagai oleh baterai berjenis Li-Ion berdaya 3500 mAh.

KONEKTIVITAS LG G PRO 3

LG G Pro 3 termasuk salah satu perangkat dengan fitur konektivitas yang lengkap di kelasnya. Selain memiliki NFC, perangkat ini juga dilengkapi dengan InfraRed, Wi-Fi 802.11 a/b/g/n/ac (dual-band, Wi-Fi Direct, DLNA, hotspot), Bluetooth v4.1 (A2DP), dan microUSB v2.0 (slimport) with USB Host. LG G Pro 3 telah ditanami GPS dengan support dari A-GPS, GLONASS, dan Beidou. Phablet ini akan mendapatkan koneksi dari tiga jenis jaringan yakni 2G, 3G, dan 4G disertai beragam band di dalamnya. Ketika berada di dalam jangkauan 4G LTE Cat9, pengguna LG G Pro 3 dapat menikmati akses internet dengan kecepatan koneksi mencapai 450/50 Mbps. Namun jika pengguna berada di wilayah yang tidak terjangkau dari jaringan 4G, pengguna masih dapat memanfaatkan jaringan 3G untuk mendapatkan koneksi. Dalam jaringan 3G HSPA pengguna dapat menikmati akses internet dengan kecepatan 42.2/5.76 Mbps.

KAMERA LG G PRO 3

Pengguna penggemar dunia fotografi nampaknya akan dibuat girang dengan spesifikasi kamera yang dibawa LG G Pro 3. Hal tersebut tentunya akan sangat beralasan karena LG G Pro 3 dipersenjatai dengan kamera utama beresolusi 20.7 MP disertai laser autofocus, dual-LED Flash (dual-tone), dan Optical Image Stabilization (OIS). Selain itu, pengguna dapat menggunakan beberapa fitur yang disertakan ke dalam aplikasi kamera G Pro 3 seperti Geo-tagging, Face Detection, Panorama, HDR, Simultaneous Video and Image Recording, Touch Focus, dan sebagainya.

Selain menghasilkan hasil foto berkualitas, kamera utama phablet ini dapat digunakan untuk merekam video dengan kualitas [email protected], [email protected] disertai fitur untuk merekam video seperti Optical Stabilization, HDR, dan stereo sound rec. Di sektor kamera depan, LG G Pro 3 dilengkapi kamera beresolusi 8 MP dengan kemampuan untuk merekam video dengan resolusi [email protected]

HARGA LG G PRO 3

Kehadiran LG G Pro 3 yang dikabarkan akan membawa sensor retina akan membuat perangkat ini sebagai smartphone pertama yang mengaplikasikan sensor tersebut. Meskipun hal tersebut masih menjadi rumor, perangkat ini sudah pasti akan memiliki sensor pemindai sidik jari sebagai tambahan fitur keamanan untuk gadget ini. Sebagai smartphone premium, layar QHD seluas 6.0 inchi dinilai sudah lebih dari cukup untuk memberikan tampilan yang menawan. Perangkat ini memiliki keunggulan d sektor dapur pacu karena LG telah menggunakan chipset Qualcomm Snapdragon 820 yang belum banyak digunakan oleh smartphone lain.

Selain itu, kapasitas RAM yang sangat luas membuat G Pro 3 memiliki performa yang sangat responsif bahkan ketika menopang kinerja multitasking. Meskipun masih lebih rendah dari resolusi kamera LG G4 Pro, resolusi 20.7 yang dimiliki LG G Pro 3 masih akan menjadi daya tarik tersendiri, apalagi dengan keragaman fitur yang ada di dalamnya. Dengan spesifikasi kelas wahid yang dibawa LG G Pro 3, sangat beralasan jika vendor asal Korea ini membanderol harga LG G Pro 3 ini dengan kisaran Rp. 9.000.000,- sampai Rp. 9.500.000,-.

Last edited 06 September 2015