Setelah sukses dengan OnePlus One, pabrikan asal China ini dikabarkan akan segera merilis generasi penerus OnePlus One yang diberi nama OnePlus 2 pada Agustus 2015. Selang setahun dari keluarnya OnePlus One, si vendor tentunya memberikan beberapa peningkatan spesifikasi pada perangkat anyarnya ini, bahkan hampir di seluruh sektor. Yap, perangkat ini menjadi salah satu perangkat high-end yang sedang ramai dibicarakan mengingat spesifikasinya yang sangat mumpuni untuk menyaingi vendor ternama semacam Samsung dan Apple. Dengan membawa layar beresolusi Full HD, chipset mutakhir, dan RAM yang besar membuat OnePlus 2 percaya diri menatap persaingan pasar smartphone high-end sampai akhir tahun ini.

oneplus 2

DESAIN ONEPLUS 2

Sebagai generasi penerus dari OnePlus One sangat wajar jika OnePlus 2 didesain mirip dengan pendahulunya. OnePlus 2 memiliki dimensi bodi 151.8 x 74.9 x 9.9 mm, sedikit lebih bulky ketimbang OnePlus One yang berdimensi 152.9 x 75.9 x 8.9 mm. OnePlus menyematkan bingkai alumunium yang mengelilingi bodi OnePlus 2 sehingga terlihat lebih elegan dari OnePlus One.

Dengan bodi yang lebih bulky dan tambahan material alumunium tersebut, sangat lumrah jika OnePlus 2 memiliki bobot 13 gram lebih berat dari OnePlus One yang berbobot 162 gram. Perangkat berukuran phablet ini memang terasa cukup berat namun terasa sangat kokoh ketika digenggam. Back Cover OnePlus 2 yang berbahan plastik bertekstur agak kasar memiliki grip yang sangat begitu kuat di telapak tangan sehingga ponsel tidak mudah tergelincir. Sangat disayangkan OnePlus 2 hanya disediakan dalam satu pilihan warna yakni Sandstone Black.

desain oneplus 2

Jika pada OnePlus One kamera depan terletak di sisi kanan earpiece, si vendor kini menempatkan kamera depan di sisi kiri earpiece bebarengan dengan sensor jarak dan sensor cahaya. Tombol Home kapasitif di bawah layar juga telah berevolusi menjadi tombol fisik yang diapit oleh dua tombol kapasitif Back dan Recent App. Back Cover OnePlus 2 terlihat sedikit berbeda dengan OnePlus One karena si vendor sedikit menggeser posisi kamera utama sedikit lebih ke bawah.

Selain kamera utama terdapat pula LED Flash dan Laser Autofokus yang dikelompokkan dalam satu bingkai sementara logo OnePlus ditanam di bawah bingkai tersebut. Sisi atas bodi di hias oleh adanya jack audio 3.5 mm dan mikrofon sekunder sementara port microUSB berada di sisi bawah bodi menemani loudspeaker dan mikrofon utama. Di sisi kanan bodi telah dipasangi tombol pengatur volume dan tombol power/lock sedangkan di sisi kiri bodi terdapat kunci back cover. Slot SIM Card berada di balik back cover tepatnya di sisi kanan bodi.

LAYAR ONEPLUS 2

OnePlus 2 membawa layar berukuran 5.5 inchi dengan tipe LTPS LCD Capacitive Touchscreen. Layar perangkat ini dibekali resolusi Full HD 1080 x 1920 pixels dengan kerapatan pixel sebesar 401 ppi. OnePlus menyematkan fitur multitouch up to 10 fingers pada layar tersebut yang artinya pengguna dapat menggunakan 10 jarinya secara bersamaan untuk menavigasi perangkat. Selain itu, layar ini juga telah dilengkapi kemampuan untuk memproduksi sebanyak 16 juta varian warna dan telah dilapisi oleh Corning Gorilla Glass 4.

harga oneplus 2 user interface

Meskipun memiliki spesifikasi layar yang nyaris serupa dengan OnePlus One, si vendor berhasil memperbaiki rasio kontras pada kondisi 100 brightness menjadi sebesar 1187 dari sebelumnya 799 pada OnePlus One. Tingkat reflektifitas terhadap cahaya matahari juga semakin rendah yang dibuktikan melalui skor dalam pengujian Sulight Contrast Ratio. OnePlus 2 mendapatkan skor sebesar 2.165, mengungguli perolehan HTC One X dan Asus Zenfone 2. Artinya, pengguna dapat membaca isi layar dengan sangat jelas meskipun mengoperasikan OnePlus 2 di bawah sinar matahari langsung.

HARDWARE DAN SOFTWARE ONEPLUS 2

Salah satu peningkatan besar yang dilakukan vendor asal negeri Tirai Bambu ini adalah telah disematkannya prosessor Octa-Core pada OnePlus 2 menemani chipset Qualcomm MSM8994 Snapdragon 810 yang digunakannya. Prosessor Octa Core tersebut memiliki perincian Quad-Core 1.56 GHz Cortex-A53 dan Quad-Core 1.82 GHz Cortex-A57. Performa phablet ini akan semakin gahar dengan hadirnya RAM seluas 3 GB (versi 16 GB internal memory) dan 4 GB (versi 32 GB internal memory).

Demi mendukung performa grafis OnePlus 2, perangkat ini telah dipasangi Graphics Processing Unit terbaru dari Adreno yakni Adreno 430.

harga oneplus 2: gaming

Selain di sektor hardware, OnePlus Two juga memanjakan penggunanya dengan telah disematkannya OS Android v5.1 Lolipop yang merupakan versi teranyar dari sistem operasi berlogo robot hijau tersebut. OnePlus Two berhasil membuktikan ketangguhannya dalam pengujian GeekBench 3, dimana ia mampu memperoleh skor sebesar 4429 yang melampaui perolehan HTC One M9 dan LG G4. Perangkat ini dibekali baterai Li-Po berdaya 3300 mAh. Baterai tersebut bersifat non-removable sehingga pengguna tidak dapat mencopotnya dengan leluasa.

oneplus 2 hardware

KONEKTIVITAS ONEPLUS 2

Sebagai produk premium, OnePlus Two kehilangan salah satu fitur konektivitas yakni NFC meskipun sebenarnya fitur ini sudah ada di OnePlus One. Meskipun demikian, masih terdapat beberapa fitur konektivitas lain seperti Wi-Fi 802.11 a/b/g/n/ac (Wi-Fi Direct, DLNA, Hotspot), Bluetooth v4.1 (A2DP), GPS (A-GPS, GLONASS), dan microUSB v2.0 (Type C reversible connector). Perangkat ini juga telah dilengkapi dengan dukungan jaringan 4G LTE yang mampu mencapai kecepatan 150/50 Mbps pada jaringan 4G LTE Cat4 sedangkan pada jaringan 3G HSPA mampu menembus angka 42.2/5.76 Mbps. Selain tidak adanya NFC, perangkat ini juga tidak dilengkapi dengan port InfraRed yang sebenarnya dapat digunakan sebagai alternatif untuk terkoneksi dengan perangkat lain.

KAMERA ONEPLUS 2

OnePlus 2 membawa resolusi kamera utama yang sama dengan OnePlus One yakni sebesar 13 MP 4128 x 3096 pixels. Meskipun demikian, OnePlus 2 tampil lebih komplit dengan hadirnya Optical Image Stabilization (OIS), Laser Autofocus, dan dual-LED Flash. Fitur pendukung yang dimiliki antara lain Geo-Tagging, Touch Focus, Face Detection, Panorama, dan HDR. Ketika digunakan untuk merekam video, pengguna dapat memilih beberapa pilihan resolusi termasuk resolusi [email protected] dan [email protected]

Di sektor kamera depan, OnePlus menyediakan kamera 5 MP sebagai sarana bagi pengguna perangkat ini untuk berselfie ria, merekam video, dan video call. Resolusi video yang dapat dihasilkan oleh kamera depan ini yakni sebesar [email protected] Meskipun resolusi kamera utama OnePlus 2 tidak sebesar smartphone high-end lain, keragaman fitur yang dimiliki perangkat ini sudah cukup menutupi kekurangan tersebut. Selain mampu menghasilkan foto yang berkualitas, kualitas rekaman video menggunakan kamera ini begitu halus dan jernih.

harga oneplus 2: kamera review

HARGA ONEPLUS 2

Serupa tapi tak sama, mungkin itu istilah yang tepat untuk menggambarkan OnePlus One dan OnePlus Two. Kedua perangkat ini didesain nyaris serupa namun OnePlus Two membawa perubahan signifikan di dalamnya. Layar Full HD yang dibawa OnePlus Two mampu memberikan tampilan berkualitas dengan pewarnaan dan kontras yang begitu kental.

Spesifikasi dapur pacu yang begitu sangar menjadi andalan phablet ini sehingga sangat cocok untuk pengguna yang mengidamkan smartphone tangguh karena performa responsif yang dimiliki perangkat ini justru mampu menyaingi produk-produk ternama dari Sony dan HTC. Sayangnya, OnePlus tidak menyertakan slot microSD pada perangkat anyarnya ini sehingga diharapkan memori internal sebesar 16 GB/64 GB sudah mampu menopang seluruh data milik pengguna. Selain itu, kehilangan NFC yang sebelumnya ada di OnePlus One juga menjadi salah satu kekurangan perangkat ini. Sektor kamera, baik kamera utama maupun depan dinilai sudah cukup mampu untuk memfasilitasi pengguna dalam mendapatkan foto dan video yang berkualitas di atas rata-rata.

Meskipun memiliki beberapa kekurangan, kita semua tidak dapat menampik jika OnePlus Two merupakan salah satu pesaing kuat produk-produk dari vendor ternama seperti Samsung, HTC, Sony, bahkan Apple. Harga OnePlus 2 ini juga terbilang cukup miring yakni di kisaran Rp. 4.000.000,- sampai Rp. 4.500.000,- (versi 16 GB) dan Rp. 5.000.000,- sampai Rp. 5.550.000,- (versi 64 GB).

Last edited 31 August 2015