Setelah meluncurkan Samsung Galaxy S6 dan Samsung Galaxy S6 Edge pada bulan April 2015 lalu, Samsung kembali melakukan gebrakan dengan meluncurkan Samsung Galaxy S6 Edge+. Perangkat anyar ini tidak membawa banyak perubahan dari Samsung Galaxy S6 Edge. Beberapa perubahan yang cukup mencolok dari S6 Edge adalah penambahan kapasitas RAM, penambahan daya baterai, dan ukuran bodi yang lebih besar. Pengguna Samsung Galaxy S6 Edge+ nampaknya akan lebih puas menggunakan perangkat ini ketimbang versi Edge sebelumnya. Selain layar yang lebih mantap, perangkat ini memiliki performa lebih baik ketika menopang kinerja multitasking.

harga samsung galaxy s6 edge+

DESAIN SAMSUNG GALAXY S6 EDGE+

Desain Samsung Galaxy S6 Edge+ hampir sama persis dengan seri Edge sebelumnya meskipun keduanya dibedakan dari segi ukuran. Samsung Galaxy S6 Edge+ memiliki dimensi bodi berukuran 154.4 x 75.8 x 6.9 mm sedangkan Galaxy S6 Edge berdimensi 142.1 x 70.1 x 6.9 mm. Dengan ukuran yang lebih besar, S6 Edge+ memiliki bobot sedikit lebih berat yakni 153 gram. Perangkat ini menggunakan cover berbahan alumunium dan dilengkapi bingkai berlapis chrome yang mampu memancarkan kesan mewah dan elegan.

samsung galaxy s6 edge+ design

Phablet ini terasa begitu kokoh ketika digenggam dengan sudut bodi membulat yang terasa tidak kaku di telapak tangan. Selain itu, Samsung juga melapisi cover perangkat ini dengan lapisan Corning Gorilla Glass 4 sehingga akan meminimalisir terjadinya goresan pada cover. Samsung Galaxy S6 Edge+ disediakan dalam empat varian warna cover yakni Blach Sapphire, Gold Platinum, Silver Titan, dan White Pearl.

Dari segi kontrol, S6 Edge+ juga masih menduplikasi apa yang dimiliki Samsung Galaxy S6 Edge. Pengguna dapat menemukan tombol Home sekaligus sensor pemindai sidik jari di bawah layar. Tombol tersebut diapit oleh dua tombol kapasitif yakni tombol Recent App dan Back. Di atas layar, Samsung menempatkan sensor jarak dan sensor cahaya di samping kiri earpiece sedangkan kamera depan berada di samping kanan earpiece. Back Cover Edge+ dilengkapi dengan kamera utama, LED Flash, sensor denyut nadi serta logo Samsung dan identitas Galaxy S6 Edge+. Sisi kanan bodi telah dipasangi tombol power/lock sementara tombol pengatur volume berada di sisi kiri bodi. Di sisi bawah bodi pengguna dapat menemukan jack audio 3.5 mm, port microUSB, mikrofon primer, dan loudspeaker sedangkan di sisi atas body hanya terdapat port InfraRed, mikrofon sekunder, dan slot NanoSIM.

samsung galaxy s6 edge+ design

LAYAR SAMSUNG GALAXY S6 EDGE+

Samsung Galaxy S6 Edge+ memiliki bentang layar seluas 5.7 inchi, sedikit lebih besar dari layar milik S6 Edge yang berukuran 5.1 inchi. Samsung Galaxy S6 Edge+ dibekali resolusi sama seperti milik S6 Edge yakni QHD 1440 x 2560 pixels. Dengan resolusi yang sama seperti S6 Edge namun membawa layar lebih besar membuat kerapatan pixel S6 Edge+ sedikit turun menjadi 518 ppi. Phablet ini menggunakan tipe layar Super AMOLED yang notabene merupakan tipe layar terbaik untuk saat ini. Dengan demikian pengguna perangkat ini dapat menikmati tampilan layar menawan dengan perpaduan kontras tajam dan pewarnaan yang begitu natural.

harga samsung galaxy s6 - display

Istilah Edge yang dimiliki perangkat ini tidak lepas dari lekukan layar di samping kanan dan kiri S6 Edge+. Sebenarnya fungsi dari lekukan layar tersebut cukup sederhana, salah satunya adalah berfungsi untuk mengetahui jika ada panggilan masuk dan siapa penelepon yang menghubungi pengguna ketika perangkat dalam kondisi telungkup. Sayangnya hanya 5 kontak favorit yang dapat ditambahkan untuk fungsi ini. Kelima kontak tersebut akan memiliki warna yang berbeda-beda ketika menghubungi pengguna. Selain panggilan suara, notifikasi seperti email atau pesan juga akan memunculkan warna yang berbeda sesuai dengan warna kontak si pengirim.

HARDWARE DAN SOFTWARE SAMSUNG GALAXY S6 EDGE+

Kecantikan paras Samsung Galaxy S6 Edge+ diimbangi dengan jeroan yang begitu mumpuni. Chipset Exynos 7420 dengan prosessor Octa Core (Quad-Core 1.5 GHz Cortex-A53 & Quad-Core 2.1 GHz Cortex-A57) menghiasi dapur pacu S6 Edge+. Chipset dan prosessor tersebut akan bekerjasama dengan RAM sebesar 4 GB. Yap, Samsung S6 Edge+ memang masih menggunakan prosessor dan chipset yang sama seperti S6 Edge namun si vendor telah menambah 1 GB untuk perangkat anyarnya ini.

samsung galaxy s6 edge+ user interface

Dengan demikian, performa Galaxy S6 Edge+ akan semakin gahar dari versi Edge sebelumnya. Phablet ini begitu responsif ketika dioperasikan, tidak terkecuali jika dibebani banyak aplikasi yang berjalan bersamaan. Selain responsif, olahan grafis perangkat ini juga sangat menawan berkat adanya GPU Mali-T760MP8. So, pengguna yang gemar bermain game terutama game berat akan semakin puas memainkan gamenya, terlebih dengan ukuran layar yang cukup besar.

samsung galaxy s6 edge+ game

Meskipun masih tidak dilengkapi slot memori eksternal, Samsung telah memberikan 2 pilihan memori internal untuk phablet ini yakni 32 GB dan 64 GB. Sistem operasi yang digunakan pun merupakan OS terbaru dari Android yakni versi 5.1.1 Lolipop. Samsung menanamkan baterai bersifat non-removable dengan tipe Li-Ion sebesar 3000 mAh. Perangkat ini juga telah dilengkapi dengan fitur Wireless Charging (Qi/PMA) sehingga pengguna tidak perlu repot-repot menggunakan kabel untuk mencharge baterai.

s6 edge+ wireless charging

KONEKTIVITAS SAMSUNG GALAXY S6 EDGE+

Samsung Galaxy S6 Edge+ mendapat sumbangan banyak band ketimbang Galaxy S6 Edge terutama untuk jaringan 4G LTE. Perangkat ini mampu menembus kecepatan koneksi 450/50 Mbps dalam jaringan 4G LTE Cat9 serta 42.2 Mbps/5.76 Mbps dalam jaringan 3G HSPA. Fitur konektivitas S6 Edge+ semakin lengkap dengan adanya Wi-Fi 802.11 a/b/g/n/ac (dual-band, Wi-Fi Direct, Hotspot), Bluetooth v4.2 (A2DP, LE, apt-X), NFC, InfraRed, dan microUSB v2.0 (USB Host). GPS yang tertanam di dalam Galaxy S6 Edge+ telah didukung A-GPS, GLONASS, dan Beidou sehingga proses pencarian lokasi akan lebih cepat dan akurat tentunya.

KAMERA SAMSUNG GALAXY S6 EDGE+

Di sektor kamera, Samsung juga tidak melakukan perubahan apapun untuk Samsung Galaxy S6 Edge+. Kamera utama dengan sensor 16 MP 2988 x 5312 pixels disertai Optical Image Stabilization, LED Flash, dan autofocus. Fitur pendukung yang dimiliki kamera ini antara lain Geo-Tagging, Touch Focus, Face Detection, Auto HDR, dan Panorama. Kamera Edge+ mampu merekam video dengan kualitas yang cukup beragam, antara lain [email protected], [email protected], hingga [email protected] disertai dengan bantuan fitur HDR dan dual-video rec. Selain kamera utama, pengguna yang gemar berfoto selfie dapat memanfaatkan kamera 5 MP yang dimiliki phablet ini. Selain berfoto, pengguna juga dapat menggunakan kamera depan ini untuk merekam video dengan resolusi [email protected] dengan fitur dual video call, dan auto HDR.

samsung galaxy s6 edge+ camera

Sensor denyut nadi yang terletak di bawah LED Flash pada Back Cover juga dapat digunakan sebagai shutter ketika menggunakan kamera depan sehingga kegiatan berfoto selfie menjadi lebih praktis. Hasil jepretan foto dari kamera S6 Edge+ memang tidak jauh berbeda dengan seri Galaxy S6 ataupun S6 Edge. Kamera milik perangkat ini dapat menghasilkan jepretan yang begitu baik ketika digunakan di tempat dengan pencahayaan cukup. Sayangnya, LED Flash yang dimiliki kamera ini kurang begitu mengakomodasi kebutuhan cahaya ketika digunakan di tempat dengan pencahayaan minimal.

HARGA SAMSUNG GALAXY S6 EDGE+

Samsung Galaxy S6 Edge+ tidak hanya cantik dari segi tampang, melainkan juga dibekali dengan spesifikasi kelas wahid. Selain memiliki layar berkualitas, Samsung menyematkan dapur pacu gahar dengan chipset terbaru dari Exynos yang dipadukan dengan prosessor Octa Core. Performa perangkat ini juga semakin terjamin dengan luasnya kapasitas RAM yang dimiliki Edge+. Inovasi layar melengkung di sisi kanan dan kiri layar juga menjadi salah satu daya tarik tersendiri bagi sebagian kalangan.

Meskipun demikian, layar melengkung khas Galaxy Edge ini terkesan kurang memiliki fungsi bagi para penggunanya. Tidak tersedianya slot microSD juga menjadi salah satu kekurangan dari perangkat ini karena pengguna hanya akan bergantung pada kapasitas memori internal yang dimiliki. Selain itu, Samsung Galaxy S6 Edge+ dinilai overprice alias kemahalan. Jika versi Galaxy S6 Edge dibanderol dengan harga sekitar Rp. 12.000.000,-, maka untuk harga Samsung Galaxy S6 Edge+ dipatok sekitar Rp. 12.700.000,- sampai Rp. 13.000.000,-.

Last edited 30 August 2015