Harga Huawei Mediapad X1 4G. Vendor asal China yakni Huawei memperkenalkan produk terbarunya bernama Huawei MediaPad X1 pada bulan Februari 2014. Perangkat bertema tablet ini diproduksi dengan spesifikasi kelas kakap dengan maksud menyaingi produk-produk tablet dari vendor kompetitornya. Huawei MediaPad X1 akan bersaing ketat dengan Sony Xperia Z3 Tablet Compact, Asus MemoPad 7, dan Samsung Galaxy Tab 4 7.0. Beberapa keunggulan yang ditawarkan MediaPad X1 antara lain kualitas layar, performa, kamera, dan konektivitas yang sudah mendukung jaringan 4G LTE. Dengan spesifikasi tersebut, Huawei membanderol MediaPad X1 dengan harga yang terbilang miring untuk tablet di kelasnya.

harga tablet Huawei Mediapad X1 4G

Harga Tablet - Huawei Mediapad X1 4G

DESAIN HUAWEI MEDIAPAD X1 4G

MediaPad X1 membawa bodi berukuran 183.5 x 103.9 x 7.2 mm dengan bobot seberat 239 gram. Tablet ini didesain dengan ukuran bezel tipis di sisi kanan dan kiri layar sehingga ukurannya tidak oversize seperti Asus MemoPad 7 yang berukuran 200 x 114.4 x 8.3 mm dengan berat 279 gram. Perangkat ini diproduksi dengan cover berbahan alumunium sehingga membuat tampilan luar MediaPad X1 terlihat begitu cantik dan elegan. Desain yang dibawa perangkat ini mengingatkan kita pada produk-produk Apple dimana pada cover belakang yang berbahan alumunium terdapat dua bagian di atas dan bawah yang berbahan plastik. MediaPad X1 begitu nyaman ketika digenggam meskipun ukuran bodinya terbilang besar. Selain begitu tipis, perangkat ini memiliki tidak terasa licin dan memiliki sudut bodi bulat yang terasa tidak tajam sehingga sangat mendukung seluruh aktivitas penggunanya dimanapun mereka berada.

Pada bagian muka, selain terdapat layar pengguna juga akan menemukan sebuah earpiece di atas layar tersebut. Earpiece itu ditemani oleh kamera depan, sensor jarak, dan sensor cahaya di pojok kanan atas. Tidak terdapat tombol kapasitif pada bagian bezel karena si vendor memilih untuk menggunakan tiga buah tombol virtual di dalam layar yakni Back, Home, dan Recent App. Back cover perangkat ini dilengkapi dengan sebuah lensa kamera utama yang dijejeri LED Flash di sudut kiri atas. Selain itu, terdapat pula logo Huawei di tengah cover dan loudspeaker di ujung kanan bawah. Di sisi kanan bodi terlihat begitu padat karena Huawei menempatkan slot SIM Card, tombol power/lock, tombol up down volume, dan slot microSD sekaligus disana sedangkan di sisi kiri bodi nampak lengang karena tidak ditemukan port atau kontrol apapun. Port microUSB berada di sisi bawah bodi menemani mikrofon utama sebagai penerima suara ketika melakukan panggilan sedangkan di sisi atas telah dipasangi jack audio 3.5 mm dan mikrofon sekunder. Dengan konsep unibody yang diterapkan Huawei pada MediaPad X1 maka pengguna tidak dapat melepas back cover tablet ini dengan leluasa.

LAYAR HUAWEI MEDIAPAD X1 4G

Huawei MediaPad X1 hadir dengan bentang layar sebesar 7.0 inchi bertipe LTPS LCD Capacitive Touchscreen. Meskipun tipe layar ini terdengar cukup asing, namun kemampuan layar ini tidak perlu diragukan lagi. Selain dibekali resolusi Full HD 1920 x 1200 pixels, layar ini mampu melakukan rendering warna sebanyak 16 juta varian warna. Dukungan multitouch (up to 10 fingers) membuat layar ini mampu mendeteksi 10 sentuhan jari secara bersamaan. Dengan ukuran layar dan resolusi yang dimiliki, membuat layar MediaPad X1 memiliki kerapatan pixel yang cukup tinggi yakni 323 ppi. Layar ini masih sangat mudah tergores karena si vendor belum melapisi layar ini dengan proteksi apapun sehingga pengguna masih harus melapisi protektor layar sendiri agar meminimalisir terjadinya goresan. Spesifikasi layar yang dibawa tablet ini sebanding dengan layar milik Asus MemoPad 7 dan mengungguli layar milik Samsung Galaxy Tab 4 7.0.

Dengan spesifikasi yang mumpuni, hampir dapat dipastikan layar ini memiliki kualitas tampilan yang mengagumkan. Resolusi HD yang dibawa membuat layar ini memiliki tingkat kontras yang cukup tinggi dan detail yang tajam. Tipe layar yang digunakan pun masih dapat mengakomodir kebutuhan warna yang terlihat begitu cerah dan natural. Tingkat reflektifitas layar pun terbilang rendah karena isi layar masih dapat dibaca dengan sangat jelas meskipun pengguna menggunakan layar ini di bawah sinar matahari langsung. Rendering warna hitam dan putih dilakukan dengan baik meskipun tidak sepekat tipe layar IPS dan AMOLED.

HARDWARE DAN SOFTWARE HUAWEI MEDIAPAD X1 4G

Di sektor dapur pacu, Huawei memilih untuk menggunakan chipset Hisilicon Kirin 910 dengan prosesor Quad-Core Cortex-A9 berkecepatan 1.6 GHz. Meskipun terdengar begitu asing, namun chipset tersebut mampu menghasilkan performa yang begitu responsif selama pengoperasian single-tasking maupun multi-tasking. Kinerja multi-tasking yang dilakukan juga dibantu oleh adanya RAM seluas 2 GB pada jeroan MediaPad X1 sehingga kinerja tetap terasa begitu responsif ketika menjalankan beberapa aplikasi sekaligus. Bukan hanya dari segi performa, kinerja grafis perangkat ini pun terlihat begitu optimal berkat penanaman GPU Mali-450MP4 pada tablet ini. Untuk menyimpan data, Huawei telah menyediakan memori internal besar 16 GB dengan opsi menambah daya penyimpanan hingga 32 GB menggunakan memori eksternal pada slot microSD yang telah disediakan.

Dari spesifikasi tersebut, perangkat ini lagi-lagi mampu mengungguli Galaxy Tab 4 7.0 terutama dari segi performa multi-tasking karena perangkat asal Korea tersebut hanya dibekali RAM 1.5 GB. MediaPad X1 juga mampu menyamai spesifikasi dapur pacu yang dibawa Asus MemoPad 7 meskipun MemoPad 7 menggunakan chipset Intel Atom. Namun, MediaPad X1 harus mengakui keunggulan Sony Xperia Z3 Tablet Compact karena perangkat tersebut chipset keluaran Qualcomm yakni Snapdragon 800 dengan RAM 3 GB. Meskipun demikian, spesifikasi dan performa yang ditawarkan MediaPad X1 dinilai sudah sangat baik dan sangat cocok untuk pengguna yang gemar bermain game menggunakan gadgetnya bahkan game dengan kualitas HD sekalipun dapat dijalankan dengan mulus.

Tablet berplatform Android ini masih menggunakan OS v4.2.2 Jelly Bean, namun si vendor telah menyediakan upgrade ke versi yang lebih tinggi yakni OS v4.4.2 KitKat. Sistem operasi tersebut bekerjasama dengan UI bawaan Huawei yakni Emotion UI v2.0. Dari tampilan Lockscreen, seperti biasa pengguna akan disajikan dengan widget informasi waktu dan tanggal serta sebuah lingkararan dengan 4 icon. Secara default keempat icon tersebut adalah shortcut menuju panggilan, pesan, kamera, dan unlock. Tersedia empat opsi untuk membuka kunci layar yakni Face Unlock, Pattern, PIN, dan Password. Pada halaman Homescreen, masih sama seperti Emotion UI v1.5 dimana tidak terdapat icon app drawer sehingga dapat disimpulkan jika perangkat ini tidak dilengkapi dengan app drawer. Yap, seluruh aplikasi akan dimuat dalam halaman Homescreen ini dimana Huawei telah menyediakan sebanyak 5 buah halaman. Pengguna dapat menambahkan widget, folder, maupun aplikasi serta mengatur posisi dari icon-icon tersebut agar sesuai dengan keinginan. Pengguna dapat mengelompokkan beberapa aplikasi ke dalam satu buah folder agar tidak terlalu memakan banyak halaman Homescreen. Perangkat ini memiliki beragam pilihan tema dan wallpaper yang telah disediakan si vendor.

Huawei MediaPad X1 hadir dengan Galeri bawaan Android dimana seluruh koleksi foto dan video akan dimuat berdasarkan folder. Galeri ini sudah dilengkapi dengan fitur DLNA sehingga pengguna dapat berbagi konten ke perangkat lain dengan lebih mudah dan praktis. Selain itu, tersedia beragam pilihan berbagi lain seperti Bluetooth, Picasa, Google+, Hangouts, Facebook, Twitter, Email, MMS, dan Gmail. Pada menu pengaturan, terdapat pilihan untuk mengedit foto dengan menggunakan beberapa tools standar seperti Rotate, Crop, Light Adjustments, Effects, Red Eye Correction, Color Styles, Straightening, Sharpening, dan sebagainya. Selain menggunakan Galeri, pengguna dapat mengedit koleksi fotonya menggunakan aplikasi editor dengan tools lebih komplit bernama Movie Studio yang sudah disiapkan di dalam perangkat ini.

Secara default, perangkat ini tidak dilengkapi dengan aplikasi pemutar video terdedikasi sehingga untuk memutar video pengguna hanya dapat melakukannya melalui Galeri. Meskipun demikian, pemutar video milik MediaPad X1 mampu memutar hampir seluruh format video seperti DivX, XviD, MKV, MP4, dan WMV. Video dalam resolusi 1080p pun mampu dilibas dengan sangat smooth dan jernih meskipun belum memiliki dukungan untuk menampilkan subtitle. Di dalam UI pemutar video ini terdapat menu options yang memuat pengaturan kecerahan, lock button, dan Pop-Up Play. Fitur Pop-Up tersebut memungkinkan pengguna menonton video ketika sedang menjalankan aplikasi lain dengan ukuran window yang lebih kecil serta dapat disesuaikan ukuran window dan posisinya.

MediaPad X1 hadir dengan aplikasi pemutar musik buatan si vendor bernama Music+. Aplikasi ini mampu memutar beragam format audio seperti MP3, WAV, WMA, dan FLAC Player. Koleksi lagu dikelompokkan berdasarkan Songs, Artists, Albums, Folders, dan Playlists. Di dalam aplikasi ini, Huawei menanamkan fitur Online Music sehingga pengguna tidak ketinggalan berita ataupun informasi mengenai musik terbaru. Fitur Online Music tersebut dapat disetting penggunannya baik menggunakan data seluler atau Wi-Fi. Sayangnya tidak tersedia fitur Equalizer di dalam aplikasi ini namun Huawei telah menambahkan fitur Sleep Mode dan Hide Short Songs. Keluaran suara melalui loudspeaker terdengar sangat jernih meskipun dirasa kurang bertenaga meskipun dengan volume maksimum. Perangkat ini juga tidak dilengkapi dengan aplikasi Radio yang sebenarnya dapat digunakan sebagai alternatif hiburan bagi pengguna.

Huawei menempatkan beragam aplikasi pre-installed ke dalam MediaPad X1 ini seperti Kalender, Kalkulator, Weather, Clock, Manajer Aplikasi, Memo, Note, Konverter, dan sebagainya. Selain itu, si vendor juga menyematkan aplikasi untuk mengolah file dokumen seperti Word, Excel, dan Power Point sehingga selain dapat digunakan untuk refreshing perangkat ini juga cocok untuk bekerja. Google Maps tersedia secara pre-installed disertai dukungan navigasi suara di dalamnya. Dengan adanya fitur tersebut, pengguna tidak akan dibuat repot ketika menggunakan aplikasi ini dalam kondisi berkendara. Huawei membenamkan baterai dengan tipikal Non-Removable alias tertanam dengan rangka tablet ini. Baterai bertipe Li-Po tersebut memiliki daya sebesar 5000 mAh yang dinilai sudah sangat mumpuni untuk menopang kinerja perangkat ini seharian. Kapasitas daya baterai milik MediaPad X1 jauh lebih baik dibanding ketiga pesaingnya yakni Sony Xperia Z3 Tablet Z3 Tablet Compact (4500 mAH), Samsung Galaxy Tab 4 7.0 (4500 mAh), dan Asus MemoPad 7 (4800 mAh).

KONEKTIVITAS HUAWEI MEDIAPAD X1 4G

Huawei MediaPad X1 sebenarnya diproduksi dalam dua versi konektivitas yakni MediaPad X1 3G dan MediaPad X1 4G. Khusus untuk MediaPad X1 4G, pengguna dapat menikmati akses internet dengan kecepatan super kencang yakni 150 Mbps Downlink dan 50 Mbps Uplink ketika berada dalam jangkauan 4G LTE Cat4. Selain mendukung jaringan 4G, perangkat ini pun tetap dibekali dengan dukungan jaringan 3G dan 2G. Dalam jaringan 3G HSPA pengguna masih dapat menikmati kecepatan koneksi hingga 42.2 Mbps Downlink dan 5.76 Mbps.MediaPad X1 juga telah dipersenjatai dengan Wi-Fi 802.11 a/b/g/n (dual-band dan hotspot), Bluetooth v4.0 (A2DP dan EDR), dan microUSB v2.0. GPS yang dibenamkan Huawei ke dalam tablet ini memiliki dukungan dari A-GPS dan GLONASS sekaligus sehingga sangat cepat dan akurat dalam mengunci sebuah lokasi. Sayangnya, si vendor tidak membekali perangkat ini dengan fitur NFC dan infrared yang sebenarnya dapat digunakan sebagai alternatif untuk berbagi dengan perangkat lain.

KAMERA HUAWEI MEDIAPAD X1 4G

Spesifikasi kamera MediaPad X1 terbilang cukup mengejutkan dimana si vendor menanamkan lensa 16 MP di sektor kamera utama (belakang). Kamera tersebut dipersenjatai pula dengan autofokus dan LED Flash untuk membantu pengambilan gambar ditempat minim cahaya. Fitur yang dibawa terbilang sangat minim karena hanya tercantum Geo-Tagging disana. Meskipun demikian, kamera ini memiliki resolusi yang sangat besar yakni 4160 x 3120 pixels. Selain digunakan untuk berfoto, kamera ini juga dapat digunakan untuk merekam video dengan resolusi [email protected] Di sektor kamera depan, pengguna dapat menikmati kualitas hasil foto selfie yang mengaggumkan karena Huawei telah menanamkan kamera depan 5 MP pada tablet ini. Kamera depan ini juga dapat digunakan untuk video call dan merekam video.

Dibanding ketiga rivalnya, spesifikasi kamera yang dibawa Huawei MediaPad X1 jauh lebih unggul diluar minimnya fitur yang dibawa. Dari spesifikasi mumpuni tersebut ternyata kurang berdampak positif terhadap hasil jepretan foto. Meskipun detail dan pewarnaan sangat baik, masih terdapat cukup noise yang mengganggu mulusnya hasil foto. Terlebih ketika digunakan di dalam ruangan dengan pencahayaan minim membuat pewarnaan terlihat cukup jenuh untuk kelas 16 MP. Hasil rekaman video 1080p menggunakan kamera ini menampilkan rekaman video yang begitu smooth dan enak ditonton. Sama sekali tidak terlihat tersendat serta memiliki pewarnaan yang natural dan cerah.

HARGA HUAWEI MEDIAPAD X1 4G

Huawei MediaPad X1 diproduksi dengan ukuran yang cukup besar sehingga masuk dalam kategori tablet. MediaPad X1 didesain dengan menggunakan cover berbahan alumunium sehingga menampakkan kesan premium dan minimalis. Bentuknya yang tipis dan ringan membuat siapa saja akan sangat nyaman ketika menggenggam perangkat ini. Tablet ini membawa layar berukuran 7.0 inchi bertipe LTPS LCD dengan resolusi Full HD 1920 x 1200 pixels. Kualitas tampilan yang disajikan begitu menawan dengan kontras dan pewarnaan yang sangat baik meskipun si vendor belum melapisi layar ini dengan protektor layar sehingga pengguna harus berhati-hati agar layar tidak tergores. Huawei memilih menggunakan chipset Hisilicon Kirin 910 untuk perangkatnya ini. Prosesor Quad-Core Cortex-A9 berkecepatan 1.6 GHz dirasa sudah sangat mumpuni untuk memberikan kinerja responsif selama pengoperasian yang dibantu pula dengan adanya RAM 2 GB dan GPU Mali-450MP4.

Perangkat ini masih berjalan menggunakan OS Android v4.2.2 Jelly Bean namun telah dilengkapi dengan spesifikasi kamera yang begitu mumpuni. Meskipun hasil jepretannya kurang memuaskan untuk kelas 16 MP, namun kita harus mengakui jika spesifikasi kamera yang dibawa perangkat ini menjadi salah satu yang terbaik di kelas tablet high-end. Dukungan konektivitas menggunakan 4G LTE menjadi salah satu kelebihan perangkat ini karena pengguna dapat mengakses internet dengan kecepatan yang sangat tinggi. Baterai yang dibenamkan Huawei untuk perangkat ini juga dapat menopang kinerja MediaPad X1 dengan durasi yang sangat lama karena daya yang dimiliki sangat besar yakni 5000 mAh.

Huawei MediaPad X1 diproduksi dengan dua pilihan warna saja yakni Snow White dan Diamond Black. Perangkat canggih ini dibanderol dengan harga di kisaran Rp. 4.000.000,- sampai Rp. 4.500.000,- untuk versi 4G. Mengingat spesifikasi kelas kakap yang dibawa MediaPad X1, harga tersebut dirasa sangat pantas bahkan cenderung miring mengingat beberapa perangkat di kelasnya dibanderol dengan harga lebih mahal.

Last edited 11 May 2015