Salah satu pabrikan asal China yang kini tengah menjadi sorotan yakni Xiaomi kembali menggebrak dunia smartphone. Setelah meluncurkan phablet kelas kakap Xiaomi Mi Note Pro, Xiaomi dikabarkan akan segera merilis kehadiran Xiaomi Mi5 Plus pada Q3 tahun ini. Generasi penerus Xiaomi Mi4 ini dibekali dengan spesifikasi kelas premium demi menyaingi Samsung Galaxy Note 5 dan LG G4 di kelas phablet premium. Meskipun spesifikasi yang dibawa Mi5 Plus serupa dengan apa yang dimiliki Mi Note Pro, si vendor sedikit meningkatkan kelas pada sektor dapur pacu Mi5 Plus dengan menyertakan chipset paling mutakhir dari Qualcomm. Selain itu, Xiaomi Mi5 Plus telah dilengkapi dengan sensor sidik jari yang dapat digunakan sebagai alternatif keamanan bagi pengguna.

DESAIN XIAOMI MI5 PLUS

Xiaomi Mi5 Plus memiliki dimensi serupa dengan bodi milik Xiaomi Mi Note Pro yakni 155.1 x 77.6 x 7 mm. Dengan membawa konsep full metal body, perangkat ini tergolong ringan karena hanya berbobot 160 gram. Bobot tersebut 10 gram lebih ringan jika dibandingkan dengan Samsung Galaxy Note 5 yang memiliki ukuran dan bahan cover yang kurang lebih sama. Desain hasil karya desaigner Chen Li ini terlihat begitu minimalis namun memiliki kesan mewah berkat rim chrome yang melingkar di sekeliling bodi. Dengan ukurannya yang besar, ringannya bobot yang dimiliki Mi5 Plus cukup membantu pengguna ketika menggenggam perangkat ini.

Pengguna Mi5 Plus patut berbangga karena perangkat ini telah memiliki sertifikat IP67 yang artinya dapat tahan terhadap air dan debu seperti perangkat-perangkat Sony Xperia Z Series. Yap, Xiaomi melapisi seluruh permukaan Mi5 Plus dengan lapisan kaca dari Corning Gorilla Glass 4 yang membuat perangkat ini terlihat cukup mengkilat. Sayangnya, Xiaomi Mi5 Plus baru disediakan dalam 2 varian warna saja yakni hitam dan putih.

Seperti biasa, di bagian muka si vendor menempatkan 3 buah tombol kapasitif di bawah layar yakni Back, Home, dan Recent App sedangkan di atas layar dipasangi earpiece, kamera depan, sensor jarak, dan sensor cahaya. Selain itu, Xiaomi juga menambahkan logo mereka di sudut kiri atas bagian muka. Di bagian back cover, Xiaomi menempatkan kamera utama di sudut kiri atas yang didampingi oleh dual-LED Flash (dual-tone) sementara logo Xiaomi pada back cover berada sedikit lebih ke bawah.

Phablet ini dilengkapi dengan jack audio 3.5 mm, port InfraRed, dan mikrofon sekunder yang berada di sisi atas bodi sedangkan di sisi bawah bodi terdapat port microUSB, loudspeaker, dan mikrofon utama. Sisi kanan bodi dihias oleh adanya tombol power/lock dan tombol pengatur volume sedangkan slot SIM Card berada di sisi kiri bodi. Dengan bodi yang begitu slim, sangat wajar jika perangkat ini didesain dengan konsep unibody sehingga pengguna tidak dapat melepas back cover Mi5 Plus ini dengan leluasa.

LAYAR XIAOMI MI5 PLUS

Xiaomi Mi5 Plus membawa tipe layar IPS Capacitive Touchscreen berukuran 5.7 inchi dengan resolusi QHD 1440 x 2560 pixels. Dengan ukuran dan resolusi tersebut membuat layar phablet ini memiliki kerapatan pixel yang cukup tinggi yakni sebesar 515 ppi. Xiaomi melapisi layar tersebut dengan lapisan Corning Gorilla Glass 4 sehingga cukup meminimalisir terjadinya goresan pada layar ketika penggunaan. Fitur multitouch juga telah disematkan pada layar ini disertai kemampuan untuk mereproduksi warna hingga sebanyak 16 juta varian warna. Spesifikasi layar yang dibawa Xiaomi Mi5 Plus serupa dengan apa yang disematkan Samsung pada perangkat terbarunya Samsung Galaxy Note 5.

Meskipun Samsung menggunakan layar Super AMOLED, kualitas pewarnaan dan kontras yang akan didapat pengguna Mi5 Plus tidak akan jauh berbeda dengan Note 5. Layar milik Mi5 Plus juga memiliki tingkat reflektivitas terhadap sinar matahari yang cukup rendah sehingga kontras layar masih tetap terjaga meskipun pengguna mengoperasikan layar di bawah sinar matahari langsung.

HARDWARE DAN SOFTWARE XIAOMI MI5 PLUS

Sebagai produk high-end, Xiaomi memahami jika Mi5 Plus dituntut untuk memiliki kinerja responsif ketika dioperasikan. Langkah besar Xiaomi untuk mewujudkan hal tersebut ialah dengan menanamkan chipset buatan Qualcomm yakni Qualcomm Snapdragon 820 yang notabene merupakan versi terbaru dari produsen asal Amerika Serikat tersebut. Chipset tersebut dibekali dengan prosessor Octa Core dengan perincian Quad-Core 2.2 GHz Cortex-A57 dan Quad-Core 1.8 GHz Cortex-A53.

Phablet ini memiliki kapasitas RAM super luas yakni 4 GB sehingga pengguna tidak perlu khawatir mengalami lag ataupun hang ketika beberapa aplikasi berat berjalan bersamaan. Selain itu, Xiaomi mempercayakan tampilan grafis perangkat ini kepada GPU Adreno 530 yang lagi-lagi merupakan update terbaru dari Adreno. Mi5 Plus menyediakan kapasitas internal memori sebesar 64 GB yang diharapkan sudah mampu menampung seluruh data milik pengguna karena perangkat ini tidak menyertakan slot microSD untuk memori eksternal. Sistem operasi yang digunakan perangkat ini adalah Android OS v5.1 Lolipop disertai interface dari MIUI v6.0 buatan Xiaomi.

Seluruh aktivitas Xiaomi Mi5 Plus akan ditopang oleh baterai bertipe Li-Po dengan daya sebesar 3500 mAh. Baterai milik phablet ini dinilai lebih baik dari baterai Samsung Galaxy Note 5 yang hanya dibekali daya sebesar 3000 mAh.

KONEKTIVITAS XIAOMI MI5 PLUS

Sebagai perangkat premium sudah barang tentu Xiaomi Mi5 Plus mendukung jaringan 4G LTE meskipun tidak melupakan dukungan jaringan 3G dan 2G. Jika pengguna berada di dalam jangkauan jaringan 4G, penggguna Mi5 Plus dapat menikmati akses internet super cepat dengan kecepatan mencapai angka 450/50 Mbps (4G LTE Cat9). Tetapi jika pengguna tidak berada dalam jangkauan jaringan 4G, pengguna masih dapat menikmati koneksi cepat dari jaringan 3G HSPA dengan kecepatan 42.2/5.76 Mbps.

Xiaomi telah menambahkan port InfraRed pada Mi5 Plus yang sebelumnya tidak ditemukan pada Xiaomi Mi Note Pro. Hal tersebut cukup memberikan alternatif bagi pengguna dalam berinteraksi dengan perangkat lain. Selain InfraRed, perangkat ini juga dilengkapi dengan NFC, MicroUSB v2.0 (Type-C Recersible Connector), Bluetooth v4.1 (A2DP), dan Wi-Fi 802.11 a/b/g/n/ac (dual-band, Wi-Fi Direct, DLNA, Hotspot). GPS yang ditanam di dalam perangkat ini memiliki dukungan dari A-GPS, GLONASS, dan Beidou sehingga mampu mengunci lokasi perangkat dengan lebih cepat dan tepat.

KAMERA XIAOMI MI5 PLUS

Di sektor kamera, baik kamera utama maupun depan Xiaomi tidak melakukan perubahan apapun dari yang dimiliki Xiaomi Mi Note Pro. Dengan demikian, phablet ini harus sedikit mengalah dari pesaingnya Samsung Galaxy Note 5. Meskipun demikian, kamera utama 13 MP 4128 x 3096 pixels yang dimiliki perangkat ini masih cukup mumpuni untuk memenuhi kebutuhan fotografi para penggunanya. Kamera tersebut dilengkapi dengan autofocus dan dual-LED Flash (dual-tone) serta memiliki beberapa fitur pendukung seperti Geo-Tagging, Touch Focus, Face/Smile Detection, Panorama, dan HDR. Kamera tersebut dapat digunakan untuk merekam video dalam berbagai pilihan resolusi seperti [email protected], [email protected], dan [email protected] disertai fitur HDR.

Di sektor kamera depan, Xiaomi Mi5 Plus hanya dilengkapi kamera beresolusi 4 MP. Meskipun dapat digunakan untuk merekam video 1080p, kamera tersebut dinilai kurang berkelas untuk disertakan dalam perangkat sekelas Mi5 Plus karena smartphone premium pesaingnya rata-rata sudah menggunakan lensa 5 MP.

HARGA XIAOMI MI5 PLUS

Xiaomi Mi5 Plus hadir dengan desain yang minimalis namun tetap terlihat mewah berkat cover berbahan alumunium serta lapisan kaca pada permukaan cover tersebut yang mampu membuat perangkat ini terlihat begitu mengkilat. Tidak hanya cantik dari segi penampilan, perangkat ini dibekali dengan spesifikasi kelas wahid baik di sektor layar, dapur pacu, software, konektivitas, hingga kamera. Layar seluas 5.7 inchi yang dibawa perangkat ini memiliki resolusi QHD yang merupakan resolusi terbaik untuk smartphone saat ini. Dengan mengusung tema Mobile Gaming, tidak mengherankan jika Xiaomi Mi5 Plus lebih mengedepankan sektor dapur pacu dengan menanamkan chipset anyar dari Qualcomm disertai prosessor Octa Core berkecepatan tinggi.

Selain itu, kapasitas RAM 4 GB yang dimiliki perangkat ini juga akan membuat aktivitas Gaming menggunakan Mi5 Plus semakin nyaman dan menyenangkan, terlebih dengan tampilan layar yang menawan. Perangkat ini mungkin kurang cocok untuk para penggila fotografi karena spesiifkasi kamera yang dibawa perangkat ini terbilang pas-pasan untuk kategori smartphone premium. Kamera 13 MP dan 4 MP yang dimiliki memang masih mumpuni untuk memberikan kualitas gambar dan video yang baik, namun kamera tersebut tidak memiliki beberapa fitur pendukung kelas kakap seperti OIS dan laser autofocus. Meskipun demikian, perangkat ini mampu menyedot banyak perhatian karena tahan air dan debu serta sudah telah dilengkapi dengan fingerprint sensor. Xiaomi belum mengumumkan secara resmi harga Xiaomi Mi5 Plus ini, namun diperkirakan phablet canggih ini akan dipasarkan dengan harga di kisaran Rp. 7.800.000,- sampai Rp. 8.400.000,-.

Last edited 06 September 2015